TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Kiper Denmark yang Tampil Mengesankan di Premier League

Filip Jorgensen bisa jadi yang berikutnya

Peter Schmeichel (manutd.com)

Chelsea baru saja mendatangkan Filip Jorgensen dari Villarreal pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Denmark tersebut menjadi pilihan utama Villarreal sepanjang 2023/2024. Jorgensen akan diikat selama 7 tahun oleh The Blues.

Sebelum Jorgensen, para kiper asal Denmark memang cukup sering menghiasi English Premier League (EPL). Bahkan, ada pula yang terbilang sukses dengan mencatatkan banyak pertandingan dan meraih berbagai trofi. Berikut tiga kiper asal Denmark yang tampil mengesankan di English Premier League.

1. Thomas Sorensen menjadi kiper Denmark dengan penampilan terbanyak di Premier League

Thomas Sorensen (stokecityfc.com)

Thomas Sorensen merupakan kiper Denmark dengan penampilan terbanyak di EPL. Selama 17 musim bermain di kasta teratas sepak bola Inggris tersebut, Sorensen mencatatkan 363 pertandingan dengan 107 clean sheet. Ia memainkan semua pertandingan tersebut bersama tiga tim berbeda, yakni Sunderland, Aston Villa, dan Stoke City.

Sorensen pertama kali menginjakkan kaki di Inggris pada 1998 dengan membela Sunderland yang saat itu tampil di Championship. Pada musim pertamanya, Sorensen mampu membawa The Black Cats promosi ke EPL. Kebersamaan Sorensen bersama Sunderland bertahan hingga 2003.

Sorensen kemudian memilih bergabung dengan Aston Villa. Pada 3 musim pertamanya, Sorensen hanya absen sebanyak 4 pertandingan. Pada awal 2006/2007, Sorensen yang mengalami cedera membuat Aston Villa meminjam Scott Carson dari Liverpool. Sejak saat itu, Sorensen lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Sorensen yang tak lagi menjadi pilihan utama The Villans memutuskan bergabung dengan Stoke City pada 2008. Namun, usianya yang kian menua membuatnya tak mendapat banyak menit bermain. Sorensen yang kalah bersaing dengan Asmir Begovic hanya diturunkan di piala domestik dan Liga Europa. Ia meninggalkan Stoke pada 2015 sekaligus mengakhiri petualangannya di EPL.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Denmark yang Membela Chelsea sebelum Filip Jorgensen

2. Kasper Schmeichel membawa Leicester City menjadi juara Premier League

Kasper Schmeichel (lcfc.com)

Kasper Schmeichel sempat menimba ilmu sepak bola bersama Manchester City. Namun, sejak debut ke tim senior pada 2006, Schmeichel tak pernah benar-benar menjadi pilihan utama. Ia lebih sering dipinjamkan ke berbagai tim hingga akhirnya dijual secara permanen ke Notts County pada 2009.

Karier Schmeichel mulai melejit ketika memutuskan untuk menerima tawaran Leicester City pada 2011 yang saat itu masih berkutat di Championship. Schmeichel mampu membawa The Foxes promosi pada 2014/2015 sebelum akhirnya meraih gelar juara EPL semusim berselang. Schmeichel juga mempersembahkan masing-masing satu trofi Piala FA dan Community Shield.

Setelah 11 musim berkostum Leicester City, Schmeichel akhirnya hengkang pada 2022. Schmeichel mencatatkan total 284 pertandingan dengan 82 clean sheet. Schmeichel kemudian melanjutkan kariernya bersama Nice dan Anderlecht sebelum bergabung dengan Celtic untuk 2024/2025.

Verified Writer

Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya