TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bek Kiri Terbaik di Liga Top Eropa Saat Ini, Paket Lengkap!

Nilai transfer mereka melejit pesat

Alphonso Davies (twitter.com/AlphonsoDavies)

Dunia sepak bola terus berkembang setiap musimnya, begitu juga peran seorang pemain. Dengan munculnya taktik modern, beberapa posisi di lapangan terus berubah. Saat ini seorang bek sayap memainkan peran penting dalam permainan. Mereka dituntut membantu serangan dengan efektif diiringi kemampuan bertahan yang sama baiknya.

Peran ini membutuhkan tingkat kebugaran dan fokus yang sangat tinggi. Musim ini, beberapa bek kiri tampil sangat impresif dan menarik perhatian pencinta sepak bola. Mereka tidak hanya kokoh dalam bertahan, tetapi juga pencetak gol dan assist yang luar biasa. Berikut ini lima bek kiri terbaik di liga top Eropa saat ini.

1. Andrew Robertson (Liverpool)  

Andy Robertson (twitter.com/andrewrobertso5)

Andrew Robertson adalah bagian utama dari kesuksesan Liverpool beberapa musim terakhir. Duetnya bersama Trent Alexander-Arnold di posisi bek sayap adalah kunci sepak bola menyerang gegenpressing Jurgen Klopp. Dia telah memainkan 193 pertandingan untuk The Reds dan telah mencetak lima gol dan mengoleksi 42 assist. Dia memiliki expected Assist sebesar 0,21 atau yang terbaik di antara semua bek kiri di lima liga top Eropa.

Pemain asal Skotlandia itu rata-rata melakukan 3,12 tembakan dan menciptakan 7,12 serangan per laga. Robertson saat ini memiliki nilai transfer 65 juta euro atau sekitar Rp1,05 triliun, tertinggi kedua untuk bek kiri. Sepanjang berseragam Liverpool, Robertson telah memenangkan Liga Premier, Liga Champions , Piala Dunia Klub, dan Piala Super UEFA.

Baca Juga: 9 Fakta Alphonso Davies, Fullback Bayern yang Gemilang di Usia Muda

2. Alphonso Davies (Bayern Munich)  

Alphonso Davies (twitter.com/AlphonsoDavies)

Nama Alphonso Davies meledak di sepak bola Eropa lewat penampilan luar biasanya untuk Bayern Munchen saat meraih treble winner pada musim 2020/21. Bek asal Kanada ini dinilai sebagai sosok yang komplet. Ia memiliki kecepatan, olah bola luar biasa, serta seimbang dalam bertahan dan menyerang. Pemain berusia 21 tahun itu telah memainkan 104 pertandingan bagi Bayern dengan mencetak lima gol dan membuat 18 assist.

Davies rata-rata melakukan 5,49 operan progresif, 3,26 dribel sukses per game, dan 2,34 tekel per game, lebih banyak dari bek kiri mana pun di lima liga top Eropa. Saat ini ia memiliki nilai transfer tertinggi di antara bek kiri lainnya dengan nilai 70 juta euro atau sekitar Rp113 triliun.

3. Theo Hernandez (AC Milan)  

Theo Hernandez (acmilan.com)

Theo Hernandez bergabung dengan AC Milan dari Real Madrid pada 2019 dan menjadi pemain penting dalam kebangkitan Rossoneri di Serie A. Dia telah memainkan 99 pertandingan untuk AC Milan dengan mencetak 16 gol dan 18 assist. Hernandez rata-rata melakukan 8,15 tembakan progresif. Di antara bek kiri lainnya di daftar ini, ia menjadi pemain yang paling tajam dalam urusan mencetak gol.

Kecepatan, olah bola, dan kemampuan apiknya dalam membantu serangan menjadi ciri khas pemain asal Prancis itu. Lewat performa apiknya, ia pun dipanggil masuk ke Timnas Prancis dan berhasil mempersembahkan gelar UEFA Nations League dan membawa Prancis lolos ke Piala Dunia 2022. Saat ini nilai transfer sang pemain menyentuh angka 50 juta euro atau sekitar Rp810 miliar.

4. Luke Shaw (Manchester United)  

Luka Shaw (twitter.com/LukeShaw23)

Luke Shaw menjadi salah satu bek kiri terbaik di Liga Premier sejak berkostum Manchester United dan memainkan peran penting dalam membantu Inggris mencapai final Piala Eropa 2020. Shaw mencetak dua gol dan sembilan assist musim lalu dan sudah memberikan tiga assist dalam 16 di musim ini.

Dia memiliki nilai rata-rata 3,76 tembakan per game. Shaw total telah tampil dalam 202 laga untuk Setan Merah di semua ajang dengan torehan tiga gol dan 20 assist. Sejak bergabung pada 2014 silam, ia sudah mempersembahkan 1 trofi Liga Europa, 1 Piala Liga, dan 1 Community Shield. Saat ini nilai transfernya berad di angka 42 juta euro atau sekitar Rp680 miliar.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Mempunyai Nama Mendy, Siapa Favoritmu?

Verified Writer

Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya