TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Muda Cetak Gol pada Matchday 1 Babak Grup Euro 2024

Bellingham menjadi pahlawan Inggris #EURO2024

Jude Bellingham (uefa.com)

Intinya Sih...

  • Florian Wirtz membawa Jerman menang 5-1 atas Skotlandia dengan gol pertama pada menit ke-10.
  • Jamal Musiala menggandakan keunggulan Jerman dengan gol ketiganya saat melawan Skotlandia.
  • Jude Bellingham menjadi pahlawan kemenangan Inggris dengan mencetak satu-satunya gol pada laga melawan Serbia.

Sebagai kompetisi terbesar antarnegara Eropa, Euro sering kali menjadi ajang bagi para pemain muda untuk unjuk gigi. Selain ingin membawa negaranya meraih hasil maksimal, mereka juga ingin membuktikan diri mampu bersaing dengan para pemain senior yang memiliki lebih banyak pengalaman.

Pada matchday pertama Euro 2024, beberapa pemain muda langsung mampu menunjukkan performa yang mengesankan dengan mencetak gol. Sayangnya, tak semua gol mampu membawa negaranya meraih hasil maksimal.

Berikut enam pemain muda yang mencetak gol pada matchday pertama Euro 2024.

1. Florian Wirtz (21 tahun) membuka keran gol Jerman saat menang 5-1 atas Skotlandia

Florian Wirtz (uefa.com)

Setelah mampu tampil impresif bersama Bayer Leverkusen, Florian Wirtz kembali mampu tampil mengesankan bersama tim nasional. Tampil selama 63 menit di sisi kiri lini serang, ia membawa Jerman menang meyakinkan atas Skotlandia dengan skor 5-1. Lebih spesial lagi, pemain berusia 21 tahun itu merupakan pencetak gol pertama pada laga tersebut. 

Dengan gol tersebut, kini Wirtz telah mengoleksi 2 gol dari 19 penampilan bersama Der Panzer. Gol pertamanya tercipta ke gawang Prancis dalam laga persahabatan, Sabtu (23/3/2024). Berkat gol tersebut, Jerman menang 2-0.

2. Tendangan keras Jamal Musiala (21 tahun) pada menit 19 berhasil merobek gawang Skotlandia

Jamal Musiala (nomor 10) (dfb.de)

Setelah Wirtz mencetak gol pembuka Jerman atas Skotlandia pada menit 10, Jamal Musiala menggandakan keunggulan pada menit 19. Memanfaatkan umpan dari Kai Havertz yang kehilangan momen untuk lansung mencetak gol, Musiala yang melakukan sedikit pergerakan langsung melepaskan tendangan ke gawang Skotlandia. Beberapa pemain bertahan Skotlandia tak mampu menghalau tendangan keras tersebut meski sempat menutup ruang tembak.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol ketiganya selama membela timnas senior Jerman. Dua gol sebelumnya tercipta ke gawang Makedonia Utara dan Amerika Serikat. Menariknya, Jerman selalu meraih kemenangan tiap kali Musiala mencetak gol.

3. Jude Bellingham (20 tahun) menjadi pahlawan kemenangan Inggris atas Serbia

Jude Bellingham merayakan golnya ke gawang Serbia bersama Trent Alexander-Arnold. (uefa.com)

Timnas Inggris memulai Euro 2024 dengan tidak mudah. Mereka susah payah mencuri tiga poin dari Serbia. Jude Bellingham yang sepanjang musim ini tampil memukau bersama Real Madrid menjadi pahlawan kemenangan dengan mencetak satu-satunya gol yang bersarang di gawang Serbia yang dijaga oleh kiper milik RCD Mallorca, Predrag Rajkovic.

Meski berhasil menang, The Tree Lions harus segera melakukan evaluasi untuk menghadapi lawan selanjutnya. Pasalnya, tim yang akan mereka hadapi selanjutnya adalah Denmark. Christian Eriksen dan kolega yang hanya meraih hasil seri pada matchday pertama tentu mengincar kemenangan pada matchday kedua.

Baca Juga: 8 Rekor yang Tercipta pada Matchday Pertama Euro 2024

4. Satu gol Georges Mikautadze (23 tahun) belum mampu membawa Georgia meraih tiga poin

Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georgia yang berstatus sebagai tim debutan sempat membuat kejutan pada matchday pertama melawan Turki. Sempat tertinggal 0-1 oleh Mert Müldür pada menit 25, Georges Mikautadze membuat skor imbang menjadi 1-1 lewat gol yang dicetak pada menit 32. Sayangnya, Georgia yang sempat menahan imbang Turki pada babak pertama harus menelan kekalahan lantaran laga berakhir dengan skor 1-3 untuk Turki.

Selain menjadi gol pertama Georgia di Euro, gol tersebut juga menjadi gol kesebelas Mikautadze bersama timnas senior Georgia. Sepanjang kariernya, pemain yang berkarier di Ligue 1 bersama FC Metz itu telah mengoleksi 11 gol dari 26 caps. Pemain berusia 23 tahun itu bahkan sempat mencetak quattrick saat Georgia menang 8-0 atas Thailand dalam laga persahabatan.

5. Arda Guler (19 tahun) mencetak gol fantastis ke gawang Georgia

Arda Guler (uefa.com)

Arda Guler menjadi salah satu pemain paling bersinar saat Turki menang atas Georgia. Setelah babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1, dirinya membawa Turki bangkit dengan gol yang dicetak pada menit 65. Gol tersebut membawa Turki kembali unggul 2-1 sebelum akhirnya Kerem Aktürkoğlu mencetak gol terakhir pada menit 90+7 dan membawa Turki menang 3-1.

Gol pemain Real Madrid ke gawang Georgia pada laga itu menyita perhatian para pencinta sepak bola. Setelah menerima umpan dari Kaan Ayhan, Guler yang berjarak cukup jauh dari gawang Georgia tiba-tiba melakukan tendagan ke arah gawang. Giorgi Mamardashvili yang sempat mencoba menghalau bola yang datang pun harus rela gawangnya dirobek oleh pemain berusia 19 tahun tersebut.

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya