TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Meksiko yang Menghiasi English Premier League 2024/2025

Termasuk eks Barcelona

Julián Araujo (instagram.com/julian__araujo)

Meksiko layak disebut sebagai penguasa Amerika Utara di bidang sepak bola. Hal itu dibuktikan dengan torehan trofi Gold Cup yang telah dimenangkan. Sepanjang sejarah ajang tersebut, Meksiko menjadi negara yang paling sering keluar sebagai juara dengan 12 trofi. Jumlah itu bahkan unggul cukup jauh dari Amerika Serikat yang baru mengoleksi tujuh trofi.

Capaian gemilang tersebut tak terlepas dari peran sederet pemain top yang pernah dimiliki oleh Meksiko. Kualitas di atas rata-rata yang dimiliki sejumlah pemain bahkan membuat mereka direkrut klub-klub yang berlaga di salah satu kompetisi terbaik di dunia, yaitu English Premier League (EPL).

Pada 2024/2025, terdapat tiga pemain Meksiko yang berkarier di EPL. Menariknya, para pemain tersebut mampu membuktikan kualitasnya hingga diandalkan di klubnya masing-masing. 

Berikut tiga pemain Meksiko yang menghiasi EPL 2024/2025.

1. Edson Álvarez masih menjadi pilar penting di lini tengah West Ham United

Edson Álvarez (whufc.com)

Edson Álvarez memulai perjalanannya di EPL pada musim panas 2023. Saat itu, ia direkrut oleh West Ham United setelah tampil apik di Eredivisie Belanda bersama Ajax Amsterdam. Oleh The Hammers, ia saat itu ditebus dengan dana sebesar 38 juta euro atau Rp648 miliar.

Pemain yang telah mengoleksi 80 caps untuk timnas Meksiko itu menjalani musim debutnya bersama West Ham United dengan cukup baik. Berposisi utama sebagai gelandang bertahan, ia mampu bersaing dan mendapat tempat utama di skuad asuhan David Moyes. Di berbagai ajang pada 2023/2024, ia mencatatkan 42 penampilan dengan torehan 2 gol dan 2 assist.

Meski The Hammers berganti pelatih dengan menunjuk Julen Lopetegui untuk menggantikan Moyes, Alvarez nampaknya tak akan kehilangan tempatnya sebagai pilihan utama di lini tengah. Di berbagai ajang musim ini, ia telah tampil dalam empat pertandingan. Pada musim kedua ini, pemain berusia 26 tahun itu diharapkan mampu membawa West Ham United bersaing di papan atas EPL.

2. Julián Araujo sedang menjalani musim pertamanya di EPL

Julián Araujo (instagram.com/julian__araujo)

Julián Araujo resmi menjalani petualangan baru pada 2024/2025. Dirinya memutuskan untuk meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Bournemouth. Oleh The Cherries, ia ditebus seharga 10 juta euro atau Rp170 miliar dengan kesepakatan kontrak berdurasi jangka panjang hingga 2029 mendatang.

Pemain yang telah tampil dalam 14 laga untuk timnas itu tak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Blaugrana. Bahkan, ia tak tampil sedetik pun karena langsung dipinjamkan ke Las Palmas ketika promosi ke tim senior pada musim panas 2023. Semusim di Las Palmas pada 2023/2024, ia mencatatkan 28 penampilan dengan torehan 2 gol.

Andoni Iraola yang merupakan pelatih Bournemouth nampaknya akan mengandalkan Araujo di sisi kanan pertahanan pada musim ini. Hingga pekan keempat EPL 2024/2025, ia selalu mendapat menit bermain. Selain itu, ia juga sempat tampil selama 3 menit saat The Cherries bertemu West Ham United di Carabao Cup.

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya