TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Kunci yang Dilepas Marseille pada Musim Panas 2024

Salah satunya ke Saudi Pro League

Pierre-Emerick Aubameyang (ligue1.com)

Intinya Sih...

  • Olympique Marseille finis di posisi kedelapan Ligue 1 Prancis 2023/2024
  • Beberapa pemain kunci, seperti Ismaïla Sarr, Jonathan Clauss, dan Jordan Veretout meninggalkan klub
  • Pierre-Emerick Aubameyang pindah ke Al-Qadsiah di Saudi Pro League setelah mencetak 17 gol untuk Marseille

Ligue 1 Prancis 2023/2024 menjadi musim terburuk bagi Olympique Marseille selama 8 musim terakhir. Di bawah asuhan Jean-Louis Gasset yang menggantikan Gennaro Gattuso pada pertengahan musim, mereka hanya finis di posisi kedelapan. Torehan negatif itu juga membuat Les Minots absen tampil di kompetisi Eropa pada 2024/2025.

Pihak klub kemudian melakukan evaluasi dengan merombak komposisi skuad pada musim panas 2024. Mereka bahkan tak ragu melepas beberapa pemain pentingnya. Setidaknya, ada enam pemain kunci yang angkat kaki dari Orange Vélodrome pada musim panas 2024. Berikut daftarnya.

1. Ismaïla Sarr mengemas 3 gol dan 4 assist dari 23 penampilan

Ismaïla Sarr (instagram.com/ismaila_sarr_18)

Ismaïla Sarr memutuskan untuk kembali ke Inggris setelah hanya tampil selama semusim di Prancis bersama Marseille. Pemain berusia 26 tahun itu sepakat bergabung dengan Crystal Palace setelah ditebus dengan dana sebesar 15 juta euro atau Rp255 miliar. The Eagles juga mengikatnya kontrak berdurasi 5 musim.

Pemain asal Senegal itu menjadi sosok penting di lini serang Marseille di Ligue 1 2023/2024. Kemampuan bermain di beberapa posisi berbeda juga membuatnya cukup diandalkan. Dari 23 penampilan selama semusim di kasta teratas Prancis, ia mengemas 3 gol dan 4 assist.

2. Jonathan Clauss direkrut OGC Nice usai tampil tajam sebagai pemain bertahan

Jonathan Clauss (instagram.com/djoninho25)

Jonathan Clauss mampu tampil tajam sebagai pemain bertahan. Berposisi utama sebagai bek kanan, ia berhasil mengemas 3 gol dan 4 assist dari 27 penampilan di Ligue 1 2024/2025. Salah satu golnya berhasil menyelamatkan Marseille dari kekalahan atas OGC Nice pada pekan ke-29.

Setelah 2 musim bersama Les Minots, Clauss memutuskan untuk hengkang pada musim panas 2024. Dirinya sepakat menerima tawaran OGC Nice. Oleh klub berjuluk Les Aiglons tersebut, ia ditebus seharga 5 juta euro atau Rp85 miliar dan diikat kontrak berdurasi 2 musim dengan opsi perpanjangan selama 1 tahun.

3. Pau López dipinjamkan kepada Girona

Pau López (instagram.com/paulopez_13)

Pau López merupakan kiper utama Marseille di Ligue 1 2023/2024. Bahkan, statistik menunjukkan bahwa ia hanya melewatkan 1 laga dari total 34 laga selama semusim. Saat laga melawan Stade Brestois pada pekan ke-22, Gennaro Gattuso memasang Rubén Blanco sebagai kiper karena Lopez sedang cedera.

Marseille tak melepas Lopez secara permanen pada musim panas. Namun, Les Minots meminjamkannya ke Girona selama semusim. Hingga pekan keempat LaLiga 2024/2025, pemain berusia 29 tahun itu belum sekali pun tampil dan hanya duduk di bangku cadangan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dibawa Marseille dari Tim Inggris pada Musim Panas 2024

4. Jordan Veretout berlabuh ke klub Prancis lainnya

Jordan Veretout (instagram.com/jordanveretout)

Jordan Veretout menjadi pilar penting di lini tengah Marseille pada musim lalu. Berposisi utama sebagai gelandang, ia tampil dalam 29 laga dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Selain itu, ia tampil moncer di Liga Europa dengan torehan 3 gol dan 2 assist dari 13 laga.

Pada musim panas 2024, pemain berusia 31 tahun itu memilih berlabuh ke klub Prancis lain. Ia sepakat bergabung dengan Olympique Lyon. Dirinya diikat kontrak berdurasi 2 musim hingga 2026 mendatang.

5. Iliman Ndiaye menjadi pemain termahal yang dijual Marseille pada musim panas 2024

Iliman Ndiaye (instagram.com/ilimanndiaye10)

Iliman Ndiaye merupakan pemain termahal yang dijual Marseille pada musim panas 2024. Dirinya ditebus oleh Everton seharga 18 juta euro atau Rp307 miliar. Kehadirannya diharapkan mampu mengangkat prestasi The Toffees yang selalu finis di papan bawah English Premier League selama 3 musim terakhir. 

Meski bukan pilihan utama, Ndiaye hanya melewatkan empat laga Marseille di Ligue 2023/2024. Dari 30 penampilan, ia mampu mengemas 3 gol dan 5 assist. Salah satu laga terbaiknya ialah saat mengemas 1 gol dan 1 assist dan membawa Les Minots menang telak 4-1 atas Montpellier pada pekan ke-23.

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya