TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Direkrut Klub Serie A

Teun Koopmeiners masuk daftar

Teun Koopmeiners (kanan) (juventus.com)

Intinya Sih...

  • Matthijs de Ligt pemain Belanda termahal di Serie A, direkrut Juventus dari Ajax seharga 85,5 juta euro.
  • Teun Koopmeiners masuk daftar sebagai pemain Belanda termahal kedua di Serie A setelah diboyong Juventus dari Atalanta dengan harga 54,7 juta euro.
  • Joshua Zirkzee direkrut Bologna dari Bayern Munich seharga 27,5 juta euro dan kemudian dibeli Manchester United pada musim panas 2024.

Serie A Italia dikenal sebagai salah satu liga terbaik di Eropa dan dunia. Hal itu tentu tak terlepas dari kehadiran para pemain top yang mampu menghadirkan permainan indah dan persaingan sengit tiap pekannya. Tak hanya pemain lokal asal Italia, klub-klub Serie A juga banyak memakai jasa pemain asing asal berbagai negara untuk mampu tampil kompetitif, salah satunya Belanda.

Pemain-pemain asal Belanda telah meramaikan Serie A sejak dahulu kala. Bahkan, kualitas di atas rata-rata yang dimiliki membuat beberapa klub rela mengeluarkan dana besar untuk merekrut mereka. Pertanyannya, siapa saja pemain Belanda termahal yang pernah direkrut klub Serie A? Berikut lima pemain yang berada di urutan teratas daftar tersebut.

1. Matthijs de Ligt (Rp1,46 triliun) menjadi pemain Belanda termahal yang direkrut klub Serie A

Matthijs de Ligt (fcbayern.com)

Matthijs de Ligt menjadi pemain Belanda termahal yang pernah direkrut klub Serie A. Pada musim panas 2019, ia direkrut oleh Juventus dari Ajax Amsterdam. Untuk mendapatkan tanda tangan De Ligt yang saat itu masih berusia 19 tahun, Si Nyonya Tua mengeluarkan dana sebesar 85,5 juta euro atau Rp1,46 triliun.

Pemilik 45 caps untuk tim nasional Belanda itu menjadi bagian dari Juventus selama 3 musim dan mencatatkan 117 penampilan dengan torehan 8 gol dan 3 assist. Selain itu, ia juga berhasil memenangi tiga trofi, termasuk trofi Serie A 2019/2020. Setelah sempat bermain untuk Bayern Munich selama 2 musim pada 2022—2024, ia memutuskan untuk bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2024 ini.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pindah dari Atalanta ke Juventus dalam 20 Tahun Terakhir

2. Teun Koopmeiners direkrut oleh Juventus seharga Rp946 miliar

Teun Koopmeiners (x.com/OnsOranje)

Teun Koopmeiners menjadi nama terbaru yang masuk dalam daftar ini. Pada bursa transfer musim panas 2024, ia diboyong oleh Juventus dari Atalanta seharga 54,7 juta euro atau Rp946 miliar. Kehadirannya diharapkan mampu membawa Si Nyonya Tua kembali meraih scudetto.

Ketertarikan Juventus dengan Koopmeiners tak terlepas dari performanya selama 3 musim terakhir di Atalanta. Sejak direkrut dari AZ Alkmaar pada 2021, pemain yang mampu bermain di beberapa posisi berbeda di lini tengah itu tampil moncer dengen mengemas 29 gol dan 15 assist dari 129 laga. Selain itu, pemain yang mengoleksi dua gol untuk timnas itu juga berperan penting membawa Atalanta juara Liga Europa musim lalu.

3. Joshua Zirkzee direkrut Bologna seharga Rp470 miliar usai kesulitan bersaing di Bayern Munich

Joshua Zirkzee (instagram.com/zirkzee)

Joshua Zirkzee bergabung dengan Bologna pada 2022. Saat itu, ia ditebus dari Bayern Munich seharga 27,5 juta euro atau Rp470 miliar. Zirkzee saat itu memutuskan untuk bergabung dengan Bologna setelah kesulitan bersaing di skuad Die Roten.

Meski sempat mengalami kesulitan pada musim pertama di Bologna, pemilik dua caps untuk Timnas Belanda itu mampu menunjukkan perkembangan signifikan pada musim kedua. Pada 2023/2024, ia berhasil mengemas 12 gol dan 7 assist dari 37 laga di berbagai ajang. Torehan itu akhirnya membuat Manchester United berani untuk menebusnya dari Bologna dengan harga mahal pada musim panas 2024 ini.

4. Jaap Stam direkrut oleh Lazio dari Manchester United pada 2001 seharga Rp441 miliar

Jaap Stam (instagram.com/jaapstam_official)

Jaap Stam telah pensiun dari dunia sepak bola pada 2007. Meski begitu, ia masih berada dalam daftar ini berkat kepindahannya ke Lazio pada musim panas 2001. Saat itu, Biancoceleste menebusnya dari Manchester United seharga 25,7 juta euro atau Rp441 miliar.

Berposisi utama sebagai bek tengah, pemain terbaik Timnas Belanda pada 1997 itu menjadi andalan Lazio selama 2 musim. Dirinya berhasil mencatatkan 94 laga dengan torehan 4 gol dan 1 assist. Sayangnya, ia hanya mampu memenangi satu trofi bersama Lazio, yaitu Piala Italia 2003/2004.

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya