TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Andalan Tinggalkan Manchester United pada Musim Panas 2024

Termasuk Raphael Varane

Raphael Varane (premierleague.com)

Intinya Sih...

  • Manchester United finis di posisi kedelapan English Premier League dengan 60 poin.
  • Amrabat merumput di Super Lig Turki dengan bermain untuk Fenerbahce, Varane bergabung dengan Como 1907, dan Wan-Bissaka menerima tawaran West Ham United.
  • McTominay menerima tawaran Napoli pada musim panas 2024, dan Manchester United merekrut sejumlah pemain baru untuk mengisi pos yang ditinggalkan.

Performa Manchester United pada 2023/2024 menyita perhatian banyak pihak. Meski mampu meraih trofi Piala FA pada akhir musim, mereka tampil buruk di English Premier League. Dengan torehan 60 poin, Setan Merah mencatatkan capaian terburuk sejak 1990 dengan finis di posisi kedelapan.

Hasil negatif tersebut membuat pihak klub melakukan evaluasi dengan merombak skuad pada bursa transfer musim panas 2024. Tak tanggung-tanggung, klub dengan koleksi 20 trofi liga tersebut melepas 13 pemain. Itu termasuk empat pemain berikut yang menjadi andalan di berbagai ajang pada 2023/2024.

Berikut empat pemain andalan yang meninggalkan Manchester United pada musim panas 2024.

1. Sofyan Amrabat tak dipermanenkan oleh Manchester United

Sofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Sofyan Amrabat menunjukkan performa yang cukup meyakinkan sebagai pemain pinjaman. Meski sempat kesulitan beradaptasi pada awal musim, ia mampu tampil impresif dalam beberapa laga terakhir. Di berbagai ajang pada 2023/2024, pemain asal Maroko tersebut tampil dalam 30 laga.

Meski begitu, Setan Merah memilih untuk tak menebus permanen Amrabat dari Fiorentina. Pihak klub memilih untuk membidik pemain lain yang juga berposisi sebagai gelandang bertahan. Pada 2024/2025, Amrabat merumput di Super Lig Turki dengan bermain untuk Fenerbahce.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terbesar Manchester United Sedekade Terakhir

2. Kiprah Raphaël Varane di Como harus berakhir lebih cepat

Raphaël Varane (x.com/Como_1907)

Raphaël Varane merupakan pilihan utama di lini pertahanan Manchester United pada 2023/2024. Sayangnya, ia tak tampil maksimal karena beberapa kali menderita cedera. Di berbagai ajang, ia tampil dalam 32 laga dengan torehan 1 gol. Satu-satunya gol tersebut merupakan gol penentu kemenangan atas Wolverhampton Wanderers pada pekan pertama EPL.

Setelah 3 musim berseragam Setan Merah, juara Piala Dunia 2018 tersebut memutuskan untuk bergabung dengan tim promosi Serie A Italia, Como 1907. Sayangnya, kiprahnya bersama klub milik orang Indonesia itu tak berjalan mulus. Ia menderita cedera lutut pada laga debutnya saat Como bertemu Sampdoria di Coppa Italia, Minggu (11/8/2024). Setelah namanya tak masuk dalam daftar pemain Como untuk berlaga di Serie A 2024/2025, mantan pemain Real Madrid itu secara mengejutkan mengumumkan gantung sepatu lewat akun Instagram pribadinya pada Rabu (25/9/2024).

3. Aaron Wan-Bissaka diboyong oleh West Ham United

Aaron Wan-Bissaka (manutd.com)

Aaron Wan-Bissaka menjalani musim terakhirnya di Manchester United pada 2023/2024 dengan performa kurang maksimal. Meski menjadi pilihan utama di lini pertahanan, dirinya beberapa kali harus absen karena cedera. Di berbagai ajang, pemain kelahiran London tersebut tampil dalam 30 laga dengan torehan 3 assist.

Setan Merah yang menginginkan perubahan di lini pertahanan memutuskan untuk melepas Wan-Bissaka pada musim panas 2024. Setelah sempat dikaitkan dengan Galatasaray, pemain berusia 26 tahun tersebut menerima tawaran West Ham United. Oleh The Hammer, ia ditebus seharga 17,6 juta euro atau Rp297 miliar.

4. Scott McTominay menyeberang ke Serie A Italia

Scott McTominay (premierleague.com)

Scott McTominay menjadi salah satu sosok paling krusial di skuad Manchester United pada 2023/2024. Meski berposisi utama sebagai gelandang, ia memiliki insting mencetak gol yang mumpuni. Dari 43 penampilan, pemain asal Skotlandia tersebut mengemas 10 gol dan 3 assist.

Pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut memutuskan untuk mencoba tantangan baru dengan menerima tawaran Napoli pada musim panas 2024. Ia ditebus dengan dana sebesar 30,5 juta euro atau Rp515 miliar dengan durasi kontrak hingga 2028 mendatang. Kehadiran McTominay diharapkan mampu mendongkrak performa I Ciucciarelli yang sempat anjlok pada musim lalu.

Manchester United kemudain merekrut sejumlah pemain untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh empat pemain di atas. Dua bek tengah direkrut untuk menggantikan Varane, yaitu Matthijs de Ligt dan Leny Yoro. Noussair Mazraoui juga diboyong dari Bayern Munich untuk mengisi pos yang ditinggalkan oleh Wan-Bissaka. Selain itu, ada Manuel Ugarte yang diboyong dari Paris Saint-Germain untuk membuat lini tengah semakin solid.

Baca Juga: Menilik Rekor Manchester United Melawan Tim Eredivisie di Kancah Eropa

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya