TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Andalan yang Dilepas Aston Villa pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya dijual mahal

Douglas Luiz (avfc.co.uk)

English Premier League (EPL) 2023/2024 menjadi musim terbaik Aston Villa selama lebih dari 20 musim terakhir. Dengan raihan 68 poin dari hasil 20 kemenangan, 8 seri, dan 10 kekalahan, mereka finis di posisi keempat. Capaian itu juga membuat The Claret & Blue Army tampil di UEFA Champions League untuk pertama kalinya pada 2024/2025.

Unai Emery sebagai juru taktik tentu ingin membawa Aston Villa meraih capaian yang lebih baik pada musim ini. Meski begitu, itu tak akan mudah. Pasalnya, selain menghadapi jadwal yang padat, pelatih berusia 52 tahun itu kehilangan beberapa pemain andalan yang hengkang pada musim panas 2024.

Tiga pemain berikut dilepas oleh Aston Villa meski memegang peran penting pada musim lalu. Dua di antaranya dijual dengan harga mahal setelah mampu tampil impresif.

Berikut tiga pemain andalan yang dilepas Aston Villa pada musim panas 2024.

1. Álex Moreno dipinjamkan kepada Nottingham Forest

Álex Moreno (instagram.com/alexmoreno)

Álex Moreno merupakan pilihan utama di sisi kiri pertahanan Aston Villa pada 2023/2024. Meski beberapa kali harus menepi karena cedera, ia mampu tampil maksimal setiap kali diberi menit bermain. Di berbagai ajang pada musim lalu, ia tampil dalam 29 laga dengan torehan 3 gol. 

Kedatangan Ian Maatsen menjadi salah satu alasan Aston Villa memilih untuk melepas Moreno pada musim panas 2024. Pemain berusia 31 tahun itu dipinjamkan kepada Nottingham Forest selama semusim penuh. Kehadirannya diharapkan mampu membawa The Tricky Trees meraih hasil yang lebih baik setelah hanya finis di papan bawah selama 2 musim terakhir.

Moreno telah mencatatkan debutnya bersama Nottingham Forest di EPL. Ia tampil selama 80 menit saat tandang ke markas Liverpool pada pekan keempat. Meski tak mencetak gol dan assist, ia turut berkontribusi membawa timnya meraih tiga poin di Anfield setelah mengakhiri laga dengan skor 1-0.

2. Moussa Diaby langsung tampil bersama Al-Ittihad

Moussa Diaby (instagram.com/moussadiabyofficial)

Moussa Diaby tak butuh waktu lama untuk beradaptasi di EPL. Meski baru diboyong pada awal musim, ia tampil impresif bersama Aston Villa pada 2023/2024. Dari 54 laga di berbagai ajang, dirinya mampu mengemas 10 gol dan 9 assist.

Aston Villa memilih untuk melepas Diaby pada musim panas 2024 setelah mendapat tawaran menggiurkan dari Al-Ittihad. Oleh sang juara Saudi Pro League 2022/2023 itu, ia ditebus dengan dana sebesar 60 juta euro atau Rp1 triliun. Sang pemain dan pihak klub juga sepakat menandatangani kontrak berdurasi 5 musim.

Pengalaman berlaga di liga top Eropa membuat Diaby langsung menjadi andalan di lini serang Al-Ittihad. Dirinya selalu tampil penuh di setiap laga hingga pekan ketiga Saudi Pro League 2024/2025. Bahkan, pada pekan ketiga, ia mencatatkan empat assist dan membawa timnya menang 7-1 atas Al-Wehda.

Verified Writer

Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya