TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penjualan Termahal Bayern Munich per 2024, Termasuk Matthijs de Ligt

De Ligt bergabung dengan MU

Matthijs de Ligt bergabung dengan Manchester United. (manutd.com)

Intinya Sih...

  • Bayern Munich menjual Matthijs de Ligt ke Manchester United dengan harga 45 juta euro atau Rp777 miliar.
  • Douglas Costa dibeli oleh Juventus seharga 40 juta euro setelah dipinjamkan dari Bayern Munich.
  • Ryan Gravenberch dijual oleh Bayern Munich ke Liverpool dengan harga 40 juta euro setelah mendapat tawaran menggiurkan.

Bayern Munich menjadikan bursa transfer musim panas 2024 sebagai momen untuk meningkatkan kualitas tim agar bisa kembali bersaing. Die Roten telah mendatangkan beberapa pemain hebat dengan harga mahal, seperti Michael Olise dan Joao Palhinha.

Agar finansial stabil, Bayern Munich juga menjual pemain yang tidak lagi dibutuhkan. Salah satunya Matthijs de Ligt. Dia dijual kepada klub ternama English Premier League, Manchester United. De Ligt bahkan menjadi salah satu penjualan termahal yang pernah dilakukan Die Roten. Dia bergabung dengan penjualan termahal Bayern Munich per 2024.

1. Douglas Costa pindah ke Juventus dengan harga Rp692 miliar

Douglas Costa bergabung dengan Juventus. (juventus.com)

Douglas Costa merupakan winger asal Brasil. Dia mulai membela Bayern Munich usai direkrut dari Shakhtar Donetsk pada musim panas 2015 dengan harga 30 juta euro atau Rp520 miliar. Namun, baru 2 musim berjalan, Costra justru dipinjamkam kepada Juventus selama semusim.

Selama masa peminjaman tersebut, Costa tampil cukup apik. Juventus tak ragu memermanenkannya pada musim panas 2018 dengan biaya senilai 40 juta euro atau sekitar Rp692 miliar. Setelah 2 musim, Costa tidak lagi masuk proyeksi Juventus. Dia pun lebih sering dipinjamkan. Menariknya, Bayern Munich menjadi salah satu tim yang pernah meminjam jasa Costa pada 2020/2021.

2. Ryan Gravenberch diboyong Liverpool seharga Rp692 miliar

Ryan Gravenberch menandatangani kontrak bersama Liverpool. (liverpoolfc.com)

Ryan Gravenberch merupakan pemain dengan potensi besar saat berseragam Ajax Amsterdam. Hal itu membuat Bayern Munich terpincut hingga merekrutnya pada musim panas 2022. Biaya transfer sang pemain mencapai 18,5 juta euro atau Rp320 miliar. Gravenbech kemudian tampil mengisi lini tengah Die Roten sebanyak 34 laga dengan torehan 1 gol dan assist.

Akan tetapi, kiprahnya bersama Bayern Munich tidak berlangsung lama. Pada musim panas 2023, Bayern Munich justru menjual Gravenbrech ke klub papan atas Premier League, Liverpool. Die Roten tergiur dengan tawaran sebesar 40 juta euro atau Rp692 miliar yang dilontarkan Liverpool. Penjualan Gravenberch pun mendatangkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat bagi Bayern Munich.

Baca Juga: 7 Pemain Bayern Munich yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2024

3. Robert Lewandowski digaet Barcelona dengan biaya Rp777 miliar

Robert Lewandowski saat diperkenalkan Barcelona. (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski bergabung dengan Bayern Munich secara gratis pada musim panas 2014. Kedatangan Lewandowski memberikan banyak kebahagian bagi Die Roten. Sebab, penyerang Polandia ini mampu menjadi mesin gol mematikan. Sebanyak 344 gol dan 73 assist dari 375 pertandingan berhasil diciptakan selama 8 musim membela klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut.

Setelah melalui kesuksesan besar bersama Bayern Munich, Lewandowski memulai petualangan baru. Dia ditebus klub raksasa Spanyol, Barcelona, pada musim panas 2022. Blaugrana rela membayar 45 juta euro atau Rp777 miliar meski usia Lewandowski sudah cukup tua, 33 tahun. Lewandowski pun masih menjadi andalan Barcelona hingga saat ini. Dia sudah mengemas 59 gol dan 17 assist dari 95 pertandingan.

4. Lucas Hernandez bergabung dengan Paris Saint-Germain seharga Rp777 miliar

Lucas Hernandez bergabung dengan Paris Saint-Germain. (instagram.com/lucashernandez21)

Lucas Hernandez direkrut Bayern Munich dengan harga fantastis. Die Roten rela merogoh kocek sebesar 80 juta euro atau Rp1,3 triliun untuk membajaknya dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Untungnya, hal itu sebanding dengan kontribusi Hernandez. Dia menjelma menjadi pilar penting di lini belakang hingga mencatat 107 penampilan dengan koleksi 2 gol dan 8 assist.

Meski begitu, kiprahnya bersama Die Roten harus berakhir pada musim panas 2023. Bayern Munich memilih menjualnya setelah ada tawaran sebesar 45 juta euro atau Rp777 miliar dari Paris Saint-Germain. Meski jumlah itu jauh lebih kecil ketimbang herga beli, Bayern Munich mengambil keputusan tepat. Sebab, performa Hernandez kian menurun dan kondisi fisiknya tidak lagi prima sehingga rentan dilanda cedera.

Verified Writer

Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya