TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Pernah Membela Klub EPL

Beberapa di antaranya sudah kenyang pengalaman

Emre Can (bvb.de)

Borussia Dortmund memiliki komposisi tim yang mumpuni tiap musimnya. Selain mengandalkan pemain-pemain potensial, Die Borussen juga bergantung kepada pemain berpengalaman.

Di skuad Dortmund pada musim 2023/2024, setidaknya ada lima pemain yang memiliki pengalaman mentereng sebab mereka pernah membela klub yang berlaga di English Premier League (EPL). Siapa saja mereka?

1. Jadon Sancho dipinjam dari Manchester United setelah gagal bersinar

Jadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Jadon Sancho kembali berseragam Borussia Dortmund pada musim dingin 2024. Namun, statusnya hanya sebagai pemain pinjaman dari Manchester United. Sancho gagal bersinar di Manchester United sehingga Die Borussen berinisiatif meminjamnya.

Keputusan yang diambil Dortmund terbukti tepat. Winger 24 tahun itu kembali menemukan sentuhan terbaiknya. Sancho berhasil mencetak 2 gol dan 2 assist hanya dari 11 pertandingan di semua kompetisi per 31 Maret 2024. Performa apik tersebut sulit ditemukan ketika Sancho berseragam Manchester United.

2. Ian Maatsen dipinjamkan Chelsea guna menambah jam terbang

Ian Maatsen (bvb.de)

Ian Maatsen masih berstatus sebagai pemain Chelsea. Maatsen hanya dipinjamkan kepada Borussia Dortmund pada musim dingin 2024. Peminjaman itu dinilai mengguntungkan kedua klub. Borussia Dortmund mendapat tambahan amunisi penting, sementara Chelsea berharap kemampuan Maatsen bisa terus berkembang.

Maatsen sendiri langsung dipercaya menjadi andalan di posisi bek kiri Die Borussen. Pemain berusia 22 tahun itu sudah melakoni 13 laga di semua kompetisi per 31 Maret 2024. Torehan 1 gol dan 2 assist menjadi sumbangsihnya untuk Dortmund sejauh ini.

Baca Juga: 5 Tim Non-Bundesliga Terakhir yang Tampil di Final DFB Pokal

3. Felix Nmecha kesulitan menembus tim utama Manchester City karena ketatnya persaingan

Felix Nmecha (bvb.de)

Felix Nmecha merupakan pemain jebolan akademi Manchester City. Ia juga sempat tiga kali bermain bersama tim utama. Namun, karena ketatnya persaingan, Nmecha memutuskan hijrah ke Bundesliga Jerman pada musim panas 2021 untuk merapat ke VfL Wolfsburg.

Nmecha dengan cepat berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di Bundesliga. Ia pun berhasil menarik minat Borussia Dortmund hingga akhirnya direkrut pada musim panas 2023 seharga 30 juta euro (sekitar Rp514 miliar). Per 31 Maret 2024, pemain 23 tahun itu sudah melakoni 19 laga di semua kompetisi serta mencetak 1 gol dan 2 assist.

4. Marcel Sabitzer pernah memperkuat Manchester United sebagai pemain pinjaman

Marcel Sabitzer (bvb.de)

Marcel Sabitzer menghabiskan sebagian besar kariernya di Bundesliga Jerman. Namun, sang pemain sempat menjajal ketatnya persaingan English Premier League bersama Manchester United. Kala itu, ia dipinjamkan Bayern Munich pada musim dingin 2023 selama setengah musim.

Setelah masa peminjamannya habis, Sabitzer tidak lagi berseragam Bayern Munich. Ia justru direkrut oleh Borussia Dortmund pada musim panas 2023 dengan mahar 19 juta euro (sekitar Rp325 miliar). Sabitzer pun langsung diplot sebagai pemain inti. Ia sudah melakoni 30 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 6 assist di semua kompetisi per 31 Maret 2024. Kehadiran gelandang 30 tahun itu makin mempersolid lini tengah Die Borussen.

5. Sebastien Haller gagal tampil impresif bersama West Ham United

Sebastien Haller (kiri) (instagram.com/sebastien.haller)

Nama Sebastien Haller mulai melambung kala berseragam West Ham United pada musim panas 2019. Akan tetapi, Haller gagal tampil impresif sehingga hanya bertahan selama 1,5 musim di sana. Ia kemudian bergabung dengan Ajax Amsterdam pada musim dingin 2021 dan sukses tampil tajam. Dari sana, Borussia Dortmund rela merogoh kocek sebesar 31 juta euro (sekitar Rp531 miliar) untuk memboyongnya pada musim panas 2022.

Namun sayang, musim perdananya bersama Die Borussen tak berjalan mulus. Ia sempat absen lama karena menderita penyakit kanker testis. Diharapkan bisa berkontribusi besar pada musim 2023/2024 ini, performa Haller justru jauh dari ekspektasi. Striker 29 tahun itu baru melakoni 15 laga dan hanya mencetak 2 gol serta 1 assist di semua kompetisi per 31 Maret 2024.

Verified Writer

Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya