TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Non-Arab Saudi yang Jadi Kapten di Saudi Pro League 2024/2025

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Klub-klub Saudi Pro League masih banyak mendatangkan pemain dari liga Eropa pada bursa transfer musim panas 2024. Ditambah pemain bintang yang hadir pada musim sebelumnya menjadikan Saudi Pro League 2024/2025 menjadi semakin menarik untuk disaksikan meski kedatangan pemain besar hanya didominasi oleh klub besar, seperti Al Ittihad, Al Hilal, Al Ahli, dan Al Nassr.

Walau banyak dihuni oleh pemain asing, nyatanya mayoritas klub-klub Saudi Pro League lebih memercayakan kapten tim kepada pemain lokal. Hanya enam klub yang dikapteni oleh pemain asing. Lantas, siapa saja enam pemain Non-Arab Saudi yang jadi kapten di Saudi Pro League 2024/2025?

1. Cristiano Ronaldo memiliki pengalaman sebagai kapten Portugal

Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al Nasr bisa dibilang sebagai magnet bagi pemain top dari liga Eropa hijrah ke Saudi Pro League dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, klub-klub Arab Saudi mulai banyak mendatangkan pemain yang memiliki nama besar di liga Eropa sejak Cristiano Ronaldo direkrut Al Nasr pada Januari 2022. Ronaldo bahkan langsung didapuk sebagai kapten baru sejak kedatangannya.

Kapasitas Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dunia tidak perlu diragukan lagi. Ia langsung masuk jajaran pencetak gol terbanyak dengan mencetak 14 gol dari 16 pertandingan meski bergabung dari paruh musim. Cristiano Ronaldo bahkan langsung menjadi top-scorer Saudi Pro League 2023/2024 dengan torehan 35 gol dari 31 pertandingan yang dijalani dengan Al Nasr. 

2. Roberto Firmino langsung didapuk sebagai kapten baru sejak kedatangannya

Roberto Firmino (instagram.com/alahliclub.sa)

Roberto Firmino juga langsung didapuk sebagai kapten baru Al Ahli sejak kedatangannya pada bursa transfer musim panas 2023. Mantan punggawa Timnas Brasil tersebut lebih memilih melanjutkan kariernya bermain di Arab Saudi setelah kontraknya berakhir dengan Liverpool. Pengalaman serta prestasi yang mentereng selama berada di Anfield membuatnya langsung menjadi andalan bagi klub barunya tersebut. 

Roberto Firmino dikenal sebagai pemain serbaguna di lini depan karena bisa bermain di banyak posisi. Ia mampu membuktikan keterampilannya dengan membawa Al Ahli lolos ke lolos ke AFC Champions League Elite. Statistik musim perdananya bersama Al Ahli cukup baik, ia tampil dalam 32 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 6 assist.

3. Fabio Martins sudah dua musim menjabat sebagai kapten Al Khaleej

Fabio Martins (instagram.com/fabio11martins)

Nama Fabio Martins mungkin tidak sementereng pemain yang didatangkan Al Nasr, Al Ittihad, Al Hilal, dan Al Ahli. Ia merupakan kapten dari Al Khaleej yang bergabung pada Januari 2023. Setengah musim menunjukkan performa gemilang bersama klubnya, Fabio Martins langsung didaulat menjadi kapten Al Khaleej pada musim 2023/2024 hingga kini.

Karier Fabio Martins sebelum bermain di Arab Saudi hanya berkutat di Liga Portugal saja. Ia memulai debutnya di Arab Saudi pada September 2020 bersama Al Shabab sebagai pemain pinjaman dari SC Braga. Fabio Martins lalu mencari peruntungan di Uni Emirat Arab dengan bergabung dengan Al Wahda selama semusim. Ia sempat menganggur setengah musim sebelum akhirnya bergabung dengan Al Khaleej pada musim dingin 2023.

Baca Juga: 4 Transfer dari Spanyol ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

4. Karim Benzema menjadi kapten Al Ittihad sejak pekan ke-3 Saudi Pro League 2023/2024

Karim Benzema (instagram.com/karimbenzema)

Karim Benzema bergabung dengan Al Ittihad dengan status sebagai peraih penghargaan Ballon d'Or 2022. Ia direkrut dari Real Madrid dengan status bebas transfer pada bursa transfer musim panas 2023. Benzema langsung didapuk sebagai kapten baru sejak pekan ke-3 Saudi Pro League 2023/2024.

Statistik musim perdana Karim Benzema di Arab Saudi cukup baik, dengan mencatatkan 13 gol dan 8 assist dari 29 pertandingan yang dijalani. Ia sempat absen hingga cukup lama akibat cedera otot yang dideritanya. Memasuki musim baru, Karim Benzema sudah mencetak 6 gol dari 5 pertandingan awal Saudi Pro League 2024/2025.

5. Aschraf El Mahdioui memasuki musim kedua sebagai kapten Al Taawoun

Aschraf El Mahdioui (instagram.com/altaawounfc)

Aschraf El Mahdioui merupakan kapten Al Taawoun kelahiran Amsterdam yang bermain di posisi gelandang bertahan. Ia bergabung dengan klubnya pada Januari 2022 dari klub asal Polandia, Wisla Krakow. Ia mulai menjabat sebagai kapten Al Taawoun sejak pekan ke-5 Saudi Pro League 2023/2024 hingga kini.

Karier Aschraf El Mahdioui saat masih di Eropa tidak terlalu mentereng. Ia pernah bermain di Ajax Amsterdam U-21, namun tidak pernah dipromosikan ke tim utama. Pemain keturunan Maroko itu lalu melanjutkan kariernya di ADO Den Haag pada musim panas 2016, bermain di Slovakia bersama AS Trencin pada musim berikutnya, lalu ke Polandia bersama dengan Wisla Krakow pada musim panas 2021.

6. Farouk Chafai menjadi satu-satunya pemain dari Afrika yang menjabat sebagai kapten di Saudi Pro League

Farouk Chafai (instagram.com/damac_club)

Farouk Chafai menjadi satu-satunya kapten klub Saudi Pro League yang berasal dari benua Afrika. Ia mulai bergabung dengan Damac FC pada musim dingin 2020 dari klub Aljazair, MC Algiers. Pemain berusia 34 tahun itu mulai didapuk sebagai kapten Damac FC pada musim 2022/2023.

Farouk Chafai merupakan pemain asal Aljazair yang bermain di posisi bek tengah. Sejak bergabung dengan Damac FC, ia selalu menjadi pilihan utama sebagai bek tengah. Selama berkarier dengan Damac FC, ia sudah mencatatkan 133 pertandingan dengan mencetak 18 gol serta 5 assist.

Keenam kapten di atas mengemban tugas untuk membawa klubnya berprestasi pada musim 2024/2025. Ditambah persaingan antara pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Roberto Firmino yang memiliki nama besar di kancah internasional. Siapa di antara mereka yang mampu mengangkat trofi pada musim ini?

Baca Juga: 3 Eks Benfica yang Memperkuat Klub Saudi Pro League 2024/2025

Verified Writer

Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya