TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Blunder Fatal Kiper di Piala Dunia 2022, Ada Wayne Hennessey

Hampir buat satu tim kelabakan

Wayne Hennessey (instagram.com/fawales)

Kiper merupakan sosok krusial dalam suatu kesebelasan. Perannya tidak dapat tergantikan oleh pemain di posisi apa pun. Bayangkan, tanpa kiper mungkin jumlah gol yang tercipta dalam pertandingan bisa melebihi normal.

Meski begitu, kiper juga manusia. Terkadang, mereka membuat kesalahan-kesalahan yang bisa saja berakibat pada kekalahan tim. Mengingat posisinya berada paling belakang dan mudah untuk diingat karena seragamnya yang berbeda, kiper pula yang rentan dicibir.  

Kesalahan fatal alias blunder bisa kamu temukan dalam laga-laga besar macam Piala Dunia 2022 Qatar. Kompilasi blunder fatal kiper di Piala Dunia 2022 ini contohnya.

1. Wayne Hennessey (Wales vs Iran)

Wayne Hennessey (twitter.com/Cymru)

Wayne Hennessey melakukan kesalahan ketika timnya, Wales, berjumpa Iran pada babak penyisihan Grup B. Hennessey yang awalnya tampil impresif dengan menghalau serangan bertubi-tubi Iran, justru bertindak gegabah dengan berusaha menendang bola di luar kotak penalti. Inginnya menghalau, ia justru mengenai striker Iran Mehdi Taremi.

Kiper Nottingham Forest itu diganjar kartu merah dan mengharuskan timnya mengubah formasi. Hanya bermain dengan 10 pemain, Wales akhirnya menyerah dari Iran setelah Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian menjebol gawang Wales pada waktu tambahan.

Baca Juga: 9 Kiper Terbaik Piala Dunia 2022, Ada Jagoanmu?

2. Suichi Gonda (Jepang vs Jerman)

Shuichi Gonda (instagram.com/shuichi33g)

Blunder juga dilakukan kiper Jepang, Suichi Gonda, ketika timnya bersua Jerman pada laga perdana fase grup. Ia bertindak ceroboh dengan menjegal Joshua Kimmich di kotak penalti. Jerman pun mendapat hadiah penalti yang dieksekusi dengan mudah oleh Ilkay Guendogan. 

Beruntung, kesalahan yang dilakukan kiper Shimizu S Pulse itu akhirnya terbayarkan dengan kemenangan negaranya. Jepang mampu membalikkan keadaan dan keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

3. Diogo Costa (Portugal vs Ghana)

Diogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Diogo Costa pernah melakukan blunder fatal, tepatnya pada laga perdana Grup H antara Portugal dan Ghana. Kala itu, Costa tidak menyadari adanya pemain Ghana yang berjaga di belakangnya. Ia sempat berebut bola dengan Kudus yang akhirnya berhasil digagalkan Pepe. 

Kesalahan fatal ini sempat membuat seluruh pemain Portugal panik, tak terkecuali Cristiano Ronaldo. Beruntung skor tidak berubah hingga peluit dibunyikan dan Selecao das Quinas tetap keluar sebagai pemenang.

4. Matthew Ryan (Australia vs Argentina)

Matthew Ryan (instagram.com/matyryan)

Matthew Ryan membuat kesalahan fatal saat timnya, Australia, menghadapi Argentina pada babak 16 besar. Petaka terjadi saat ia dan para pemain belakang Australia memainkan bola di area pertahanan sendiri. Saat itu, Rodrigo De Paul dan Julian Alvarez berhasil merebut bola tersebut dan melancarkan aksi dengan lebih mudah. Hasilnya, Argentina mampu menggandakan keunggulan. 

Australia akhirnya mampu mengurangi defisit angka lewat sepakan jauh dari Craig Goodwin, yang kemudian disundul Enzo Fernandez, penggawa Argentina. Sundulan Fernandez justru mengarah ke gawang Emiliano Martinez, rekan setimnya. Meski begitu, Argentina tetap dinyatakan sebagai pemenang dan berhak melaju ke perempat final.

Baca Juga: Jordan Pickford Terbukti Pantas Jadi Kiper Utama Timnas Inggris

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya