TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Wonderkid yang Membela Newcastle United pada 2024/2025

Masa depan cerah The Magpies

Lewis Miley (instagram.com/lewis_mileyy)

Sejak dibeli Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, Newcastle United seperti mendapatkan angin segar. Klub berjuluk The Magpies tersebut perlahan mulai bangkit dan mampu bersaing di papan atas English Premier League. Pada 2023/2024, mereka juga berhasil finis di urutan ke-7 klasemen Premier League dengan sejumlah pemain muda di skuadnya.

Newcastle United memang memiliki cukup banyak pemain muda. Selain mengorbitkan pemain dari akademinya, The Magpies juga mendatangkan pemain dari klub lain. Beberapa di antaranya bahkan berstatus wonderkid mengingat usianya yang masih di bawah 21 tahun. Berikut empat wonderkid yang membela Newcastle United pada 2024/2025.

1. Lewis Hall (19 tahun) ditebus Newcastle United dari Chelsea

Lewis Hall (instagram.com/lewishall_10)

Lewis Hall memulai kariernya bersama akademi Chelsea. Catatannya yang apik bersama Chelsea U-21 membuat ia berhasil masuk ke skuad senior The Blues. Bek kiri berusia 19 tahun tersebut bahkan sudah tampil sebanyak sembilan laga bersama Chelsea pada Premier League 2022/2023.

Namun, pada 2023/2024, ia memutuskan bergabung dengan Newcastle United sebagai pemain pinjaman. Kepindahannya itu tentu saja bertujuan untuk memperoleh kesempatan bermain yang lebih besar. Setelah performanya bersama The Magpies dirasa cukup memuaskan, Lewis Hall justru dipermanenkan Newcastle United. Ia ditebus dengan harga 33 juta euro atau sekitar Rp562 miliar dari Chelsea pada musim panas 2024.

2. Alex Murphy (18 tahun) dipromosikan setelah tampil apik di tim U-21

Alex Murphy (instagram.com/nufc)

Alex Murphy adalah pemain jebolan akademi Newcastle United. Ia bergabung dengan akademi Newcastle United pada 2022 saat usianya masih 18 tahun. Sebelum hijrah ke Newcastle United, ia sempat bermain bersama tim lokal Irlandia, Galway United FC.

Setelah satu musim bermain untuk Newcastle United U-21 di Premier League 2, ia mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2024/2025. Sejatinya, bek kiri berusia 20 tahun ini pernah bermain dua kali untuk tim senior Newcastle United di Premier League 2023/2024. Saat itu, ia dipanggil langsung dari tim U-21 untuk menambah kedalam skuad The Magpies dalam beberapa pertandingan saja.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025

3. Lewis Miley (18 tahun) jebolan akademi Newcastle United

Lewis Miley (instagram.com/lewis_mileyy)

Lewis Miley juga pemain yang menimba ilmu di akademi Newcastle United. Gelandang berusia 18 tahun tersebut memang punya catatan yang mentereng di level junior. Ia bahkan sukses mencatatkan debutnya di tim senior Newcastle United saat masih berusia 16 tahun.

Pada 2023/2024, ia dimasukkan Manajer Eddie Howe ke dalam skuad utama The Magpies. Lewis Miley langsung tancap gas dengan mencatatkan 30 pertandingan, 2 gol, dan 4 assist di berbagai kompetisi bagi Newcastle United. Performanya tersebut kemungkinan besar akan membuat Miley menjadi tumpuan di lini tengah Newcastle United pada 2024/2025.

4. Garang Kuol (19 tahun) kembali dari masa peminjaman

Garang Kuol (instagram.com/garangkuoll)

Garang Kuol telah direkrut Newcastle United pada Januari 2023. Ia didatangkan dari Central Coast Mariners dengan harga 350 ribu euro atau setara Rp5 miliar saja. The Magpies tampaknya cukup yakin dengan potensi winger berusia 19 tahun tersebut.

Meski sudah cukup lama direkrut, Penggawa Australia U-23 itu belum mencatatkan satu laga pun bersama Newcastle United. The Magpies lebih memilih meminjamkannya kepada Heart of Midlothian (Skotlandia) dan FC Volendam (Belanda). Setelah kembali dari masa peminjamannya, ia tampaknya bakal masuk skuad utama Newcastle United pada 2024) 2025.

Keempat wonderkid di atas akan menjadi proyek jangka panjang Newcastle United. Tampaknya, The Magpies cukup serius dalam membangun skuad. Bukan tak mungkin dalam beberapa tahun kedepan mereka akan menjadi kekuatan baru di Premier League dan Eropa.

Baca Juga: Nestory Irankunda, Wonderkid Bayern Muenchen dan Permata Australia

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya