TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Striker Belanda yang Membela Ajax Amsterdam pada 2024/2025

Tak hanya Wout Weghorst

Wout Weghorst (instagram.com/wout.weghorst | instagram.com/afcajax)

Ajax Amsterdam adalah klub besar dengan torehan 36 gelar juara Eredivisie atau kasta tertinggi Liga Belanda. Sebagai salah satu klub top Eropa, Ajax Amsterdam dihuni sejumlah pemain bintang di skuadnya. Meski memiliki 14 pemain asing, klub berjuluk De Godenzonen ini masih mengandalkan sederet pemain lokal, terutama di posisi striker.

Siapa saja striker Belanda di skuad Ajax Amsterdam? Berikut tiga striker Belanda yang membela Ajax Amsterdam pada 2024/2025.

1. Julian Rijkhoff berpotensi menjadi striker masa depan Ajax Amsterdam

Julian Rijkhoff (instagram.com/julianrijkhoff)

Julian Rijkhoff adalah penyerang kelahiran Purmerend, Belanda, berusia 19 tahun. Ia mulai bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam sejak usianya masih 7 tahun. Namun, saat berusia 16 tahun, Julian Rijkhoff memutuskan pindah ke akademi Borussia Dortmund.

Pada Januari 2024, ia direktur kembali Ajax Amsterdam dari Borussia Dortmund U-19. Namun, ia terlebih dahulu bermain untuk Jong Ajax yang berlaga di Keuken Kampioen Divisie atau divisi kedua Liga Belanda. Ia sukses menorehkan 6 gol dari 13 laga bersama Jong Ajax di Keuken Kampioen Divisie. Catatan itu membuatnya sempat beberapa kali dipanggil ke tim senior Ajax Amsterdam.

Selama bermain untuk tim senior Ajax Amsterdam, Julian Rijkhoff mencatatkan total sebelas penampilan di berbagai kompetisi. Ia juga sekali tampil di UEFA Europa League saat menghadapi wakil Serbia, FK Vojvodina, pada 25 Juli 2024. Meski belum mencetak gol, ia dianggap punya potensi yang bagus sehingga dimasukkan ke skuad senior Ajax Amsterdam untuk Eredivisie 2024/2025.

Baca Juga: 3 Rekrutan Ajax Amsterdam pada Musim Panas 2024, Hemat Biaya!

2. Brian Brobbey baru tampil dua kali di Eredivisie 2024/2025

Brian Brobbey (instagram.com/brianbrobbeyy)

Brian Brobbey adalah pemain asli Amsterdam yang juga menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Penyerang keturunan Ghana ini punya catatan bagus saat bermain untuk Jong Ajax. Catatan tersebut membuat ia berhasil menembus tim utama Ajax Amsterdam ketika usianya masih 18 tahun.

Sempat pindah secara gratis ke RB Leipzig pada Juli 2021, ia kemudian kembali ke Ajax Amsterdam pada Januari 2022. Sejak saat itu, penampilan Brian Brobbey di lini depan cukup diperhitungkan. Ia bahkan berhasil mencetak 50 gol dari 125 pertandingan di berbagai kompetisi selama berseragam De Godenzonen.

Namun, pada 2024/2025, ia baru mencatatkan dua pertandingan di Eredivisie. Kondisi kebugarannya yang tidak stabil menjadi salah satu alasannya. Jika lama tidak bermain, bukan tak mungkin posisi regulernya di lini depan akan digantikan Chuba Akpom atau Wout Weghorst.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya