TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Skandinavia dengan Gol Terbanyak di Premier League

Erling Haaland terdepan!

Erling Haaland (instagram.com/mancity)

Erling Haaland baru saja mencetak hattrick keduanya di English Premier League (EPL) 2024/2025 saat mengalahkan West Ham United dengan skor 1-3, Sabtu (31/8/2024). Dengan tambahan gol itu, Haaland menjadi pemain Skandinavia dengan gol terbanyak di Premier League. Ia sukses menyalip mantan pemain Everton, Gylfi Sigurdsson, yang pernah cukup produktif saat bermain di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Tak hanya kedua pemain tersebut, ada sederet pemain asal Skandinavia lain yang gemar mencetak gol di Premier League. Bahkan, salah satunya juga masih bermain di Premier League. Siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Joshua King (Norwegia) salah satu winger terproduktif di Premier League

Joshua King (premierleague.com)

Joshua King merupakan pemain Norwegia yang memulai karier sepakbolanya di akademi lokal, Vålerenga. Penampilan apiknya menarik minat Manchester United untuk mengangkutnya pada Januari 2008. Dari situlah perjalanan winger berusia 32 tahun tersebut di Liga Inggris dimulai.

Bersama Manchester United, ia kesulitan menembus tim utama yang kemudian membuatnya mencari klub lain. Beberapa klub Premier League yang pernah ia bela di antaranya Watford, AFC Bournemouth, dan Everton. Dengan memperkuat klub-klub tersebut, pemain yang kini bermain untuk FC Toulouse itu berhasil mengumpulkan total 53 gol sepanjang kariernya di Premier League.

2. Christian Eriksen (Denmark) masih bermain di EPL bersama Manchester United

Christian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Christian Eriksen mengawali petualangannya di Premier League dengan memperkuat Tottenham Hotspur. Ia didatangkan Spurs dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2013. Gelandang Timnas Denmark ini menghabiskan 7 musim bersama klub berjuluk The Lilywhites tersebut.

Sempat pindah ke Serie A Italia untuk bergabung dengan Inter Milan, ia kemudian kembali ke Premier League pada pertengahan 2021/2022 dan memperkuat Brentford. Saat ini, ia masih bertahan di Premier League bersama Manchester United. Bersama tiga tim tersebut, ia telah mencatatkan 54 gol dan 79 assist dari 287 Pertandingan Premier League.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Impresif pada Pekan Ketiga Premier League 2024/2025

3. Eidur Gudjohnsen (Islandia) tampil cukup sukses bersama Chelsea

Eidur Gudjohnsen (chelseafc.com)

Eidur Gudjohnsen adalah legenda Chelsea asal Islandia. Ia bermain di Chelsea selama 6 musim sebelum hijrah ke Barcelona pada awal musim panas 2006. Selain Chelsea, ia juga pernah memperkuat klub Premier League lain seperti Tottenham Hotspur, Stoke City, hingga Fulham.

Sebagai seorang striker yang cukup tajam pada masanya, Eidur Gudjohnsen secara total mampu mengemas 55 gol dari 211 pertandingan di Premier League. Ia juga cukup sukses setelah membawa Chelsea meraih gelar juara Premier League dua kali beruntun pada 2004/2005 dan 2005/2006. Gudjohnsen sendiri pensiun pada September 2017 setelah bermain untuk Pune City di India Super League.

4. Gylfi Sigurdsson (Islandia) cukup produktif meskipun bukan striker

Gylfi Sigurdsson (instagram.com/gylfisig23)

Gylfi Sigurdsson sempat menghilangkan selama 2 tahun dari dunia sepak bola akibat kasus yang menjeratnya. Gelandang berusia 34 tahun tersebut saat ini bermain untuk tim lokal Islandia, Valur. Padahal, pengoleksi 80 caps bersama Timnas Islandia ini tampil cukup apik saat masih bermain di Premier League.

Swansea City menjadi klub pertamanya di Premier League. Setelah tampil apik, ia direkrut Tottenham dan bermain selama 2 musim sebelum kembali ke Swansea City. Namun, Gylfi Sigurdsson baru terlihat cukup produktif saat berkostum Everton. Selama bermain di Premier League, ia mampu mengemas 67 gol dan 52 assist dari 318 penampilan.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya