TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Championship yang Merapat ke Ligue 1 pada 2024/2025

Dua di antaranya dari Leeds United

Ismaël Koné (instagram.com/olympiquedemarseille | instagram.com/hollywood.ik)

Intinya Sih...

  • Cédric Kipré, bek Pantai Gading, bergabung dengan Stade Reims setelah tampil tangguh di West Bromwich Albion.
  • Gabriel Osho pindah dari Luton Town ke AJ Auxerre, menunjukkan kualitasnya sebagai bek tengah yang mumpuni di Ligue 1 Prancis.
  • Charlie Cresswell dan Glen Kamara juga pindah dari EFL Championship ke Ligue 1 Prancis untuk klub Toulouse dan Rennais.

Ligue 1 Prancis 2024/2025 bakal digelar pada 16 Agustus 2024. Banyak klub yang sudah mempersiapkan skuad mereka untuk mengarungi musim baru. Salah satunya dengan mendatangkan beberapa pemain anyar.

Beberapa pemain tersebut berasal dari liga lain di luar Prancis. Itu termasuk pemain-pemain dari EFL Championship yang merupakan kasta kedua Liga Inggris. Siapa saja mereka? Berikut pemain Championship yang merapat ke Ligue 1 pada 2024/2025!

1. Cédric Kipré akan berseragam Stade Reims musim depan

Cédric Kipré (instagram.com/cedrickipre_225)

Cédric Kipré merupakan pemain asal Pantai Gading yang sudah malang melintang di beberapa klub medioker Inggris. Beberapa klub seperti Wigan Athletic, Cardiff City, hingga West Bromwich Albion pernah dibela bek tengah berusia 27 tahun ini. Ia juga sempat bermain untuk klub Skotlandia, Motherwell FC, dan klub Belgia, R Charleroi SC.

Pada EFL Championship 2023/2024, ia tampil cukup tangguh di lini belakang West Bromwich Albion. Cédric Kipré tampil dalam 46 pertandingan termasuk babak play-off dengan berhasil mengemas 3 gol dan 1 assist. Pada musim panas 2024, Stade Reims berhasil memboyongnya secara gratis dari West Bromwich Albion setelah kontrak mantan pemain akademi PSG ini habis.

2. Gabriel Osho pindah dari Luton Town ke AJ Auxerre

Gabriel Osho (instagram.com/gabriel.osho)

Gabriel Osho juga pindah dari EFL Championship ke klub Ligue 1 Prancis, AJ Auxerre. Ia memilih pergi dari Luton Town yang telah ia bela selama 3 musim dengan status bebas transfer setelah gagal membawa klub tersebut bertahan di English Premier League. Padahal, bek tengah asal Nigeria tersebut selalu menjadi andalan klub yang bermarkas di Kenilworth Road ini.

Keputusannya pindah ke AJ Auxerre dan bermain di Ligue 1 dinilai cukup tepat. Pasalnya, kapasitasnya sebagai pemain belakang masih cukup mumpuni untuk tampil di kasta tertinggi sepak bola Eropa. AJ Auxerre sendiri bakal menjadi klub luar Inggris pertama yang dibela pemain berusia 25 tahun ini.

Baca Juga: 4 Pemain Terakhir yang Direkrut Crystal Palace dari Ligue 1

3. Minim menit bermain membuat Charlie Cresswell hijrah ke FC Toulouse

Charlie Cresswell (instagram.com/charliecresswell)

Charlie Cresswell adalah pemain muda Inggris yang sebelumnya tampil untuk Leeds United di EFL Championship 2023/2024. Bersama Leeds United, bek tengah berusia 21 tahun ini sangat sulit mendapatkan menit bermain. Sepanjang EFL Championship 2023/2024, ia hanya bermain sebanyak lima kali dan lebih banyak turun dari bangku cadangan.

Pemain yang sukses membawa Inggris juara Euro U-21 2023 ini akhirnya dijual kepada FC Toulouse pada musim panas 2024. Nilai transfernya sendiri mencapai 4,5 juta euro atau setara dengan Rp79 miliar. Charlie Cresswell diharapkan bisa mendapatkan kepercayaan lebih bersama klub yang musim lalu finis di peringkat sebelas Ligue 1.

4. Glen Kamara bakal jadi pengganti Enzo Le Fée di Stade Rennais

Glen Kamara (instagram.com/gk_4)

Tak hanya Charlie Cresswell, Glen Kamara juga turut dijual Leeds United kepada klub Ligue 1 Prancis. Kali ini, Stade Rennais menjadi tujuan pemain Timnas Finlandia berusia 28 tahun tersebut. Kegagalan Leeds United menembus Premier League 2024/2025 menjadi alasan mengapa klub tersebut banyak menjual pemain kuncinya.

Glen Kamara sendiri direkrut Stade Rennais dengan harga 10 juta euro atau setara dengan Rp176 miliar. Ia didatangkan untuk menggantikan Enzo Le Fée yang hijrah ke AS Roma. Namun, Glen Kamara harus bersaing terlebih dahulu untuk memperebutkan posisi gelandang tengah dengan Albert Grønbaek, pemain baru Stade Rennais dari Bodø/Glimt.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya