TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Mantan Penggawa Sevilla yang Bermain di Super Lig Turki

Ada yang baru gabung dengan Fenerbahce

Youssef En-Nesyri (instagram.com/ennesyri15)

Super Lig Turki saat ini menjadi destinasi para pesepak bola Eropa yang sudah tidak muda lagi. Kebanyakan dari mereka datang ke Super Lig ketika tugasnya bersama klub top Eropa dirasa selesai. Salah satu klub LaLiga Spanyol, Sevilla, memiliki sejumlah mantan pemain yang saat ini merumput di Super Lig. Klub berjuluk Los Nervionenses ini juga baru menjual pemainnya kepada klub raksasa Turki. Siapakah mantan penggawa Sevilla yang bermain di Super Lig? Berikut daftarnya!

1. Lionel Carole hanya dijadikan bek kiri pelapis saat di Sevilla

Lionel Carole (instagram.com/lionelcarole23)

Lionel Carole pernah menjadi bagian dari skuad Sevilla ketika mengarungi LaLiga Spanyol 2017/2018. Saat itu, pemain asal Prancis yang berposisi sebagai bek kiri tersebut dipinjam Los Nervionenses dari Galatasaray. Biaya yang harus dikeluarkan Sevilla untuk menggunakan jasa Lionel Carole dalam semusim adalah 350 ribu euro atau setara dengan Rp6 miliar.

Bersama Sevilla, Lionel Carole jarang sekali mendapatkan kesempatan bermain. Meski 10 kali masuk dalam daftar susunan pemain, ia hanya pernah diturunkan dalam 5 pertandingan di LaLiga 2017/2018. Saat itu, ia memang hanya direkrut untuk dijadikan pelapis Sergio Escudero di posisi bek kiri.

Mantan pemain Prancis U-23 ini akhirnya kembali lagi ke Galatasaray dan sempat bermain di Ligue 1 Prancis bersama RC Strasbourg Alsace. Sejak musim panas 2021, ia menjadi pemain Kayserispor di Super Lig. Sampai 2024/2025, ia masih bertahan dan menjadi salah satu pemain kunci klub tersebut.

2. Ciro Immobile sempat dipinjam sebelum dipermanenkan Sevilla

Ciro Immobile (instagram.com/ciroimmobile17)

Ciro Immobile dikenal sebagai salah satu legenda Lazio setelah delapan musim membela klub berjuluk Biancocelesti tersebut. Sebelum bergabung dengan Lazio, Ciro Immobile terlebih dahulu membela Sevilla setelah dibeli dari Borussia Dortmund pada Januari 2016. Sempat dipinjam terlebih dahulu, Sevilla kemudian menebusnya dengan harga 11 juta euro atau sekitar Rp190 miliar dari Dortmund.

Sayangnya, setelah dipermanenkan oleh pelatih Sevilla kala itu, Unai Emery, ia gagal memenuhi ekspektasi publik Stadion Ramón Sánchez Pizjuán. Ia lebih banyak duduk di bangku cadangan dan mendapat sedikit menit bermain. Statistik itu membuat Ciro Immobile bertahan selama 1 musim saja di Sevilla.

Pada musim panas 2024, striker berusia 34 tahun tersebut mencari tantangan baru dengan bergabung bersama Besiktas. Ia meninggal Napoli dengan nilai transfer yang tidak disebutkan. Pada pekan pertama Super Lig 2024/2025, ia turut tampil selama 79 menit saat Besiktas menjamu Samsunspor pada Minggu (11/8/2024).

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya