TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Performa 4 Pemain Jebolan Akademi Ajax Amsterdam pada 2023/2024

Salah satunya sudah menjadi starter

Kristian Hlynsson saat membela Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/kristianhlynsson)

Ajax Amsterdam dikenal sebagai salah satu klub dengan akademi sepak bola terbaik di Eropa. Tercatat, sudah ada berbagai pemain jebolan akademi Ajax yang merumput di liga top Eropa, meliputi Frenkie de Jong (Barcelona), Matthijs de Ligt (Bayern Muenchen), Daley Blind (Girona), dan masih banyak lainnya. 

Sayangnya, tim kebanggaan ibu kota Belanda ini belum pernah memenangi kompetisi UEFA Youth League seperti klub senegaranya, AZ Alkmaar. Pada 2022/2023, tim De Godenzonen hanya mampu melangkah hingga babak 16 besar turnamen junior antarklub Eropa tersebut. 

Meski begitu, pada 2023/2024, terdapat empat pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam yang dipromosikan ke tim senior. Mereka dipilih karena punya potensi dan layak menambal kekosongan lini tertentu.

Lantas, seperti apa performa empat pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam pada awal 2023/2024 ini?

1. Silvano Vos baru dipasang sebagai pemain pengganti

Silvano Vos (kiri) saat membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/silvanovos)

Silvano Vos merupakan gelandang bertahan utama di skuad junior Ajax Amsterdam saat bertanding di UEFA Youth League 2022/2023. Tak hanya bermain di tim junior, ia sempat dua kali diturunkan untuk membela tim senior. Vos juga diturunkan membela Timnas Belanda U-18 pada musim lalu. 

Pada 2023/2024, pemain asal Belanda keturunan Suriname ini masuk salah satu yang dipromosikan ke tim senior. Ia belum dipasang sebagai cadangan dan hanya dimainkan sebagai starter dalam satu laga Eredivisie Belanda. Mengingat usianya yang baru 18 tahun, ia punya banyak kesempatan untuk unjuk gigi.

Baca Juga: Menyelisik Lebih Dalam Penyebab Terpuruknya Ajax Amsterdam

2. Anass Salah-Eddine belum dipercaya jadi bek kiri utama

Anass Salah-Eddine ketika memperkuat Ajax Amsterdam. (instagram.com/asedi_)

Anass Salah-Eddine sudah dimasukkan dalam daftar bek kiri di tim senior Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Meski termasuk baru, ia sudah diberi kesempatan bermain dalam 14 pertandingan Eredivisie musim lalu. Saat itu, ia masih menjadi pemain cadangan pada laga tertentu.

Pada awal 2023/2024, pemain keturunan Maroko ini sudah diturunkan dalam 5 laga Eredivisie, di mana 1 di antaranya diturunkan sebagai starter. Selain membela tim senior, Salah-Eddine masih berkontribusi di tim Ajax Amsterdam U-21. Ia bahkan sudah mencetak 1 gol dan 1 assist untuk tim U-21.

3. Amourricho van Axel Dongen masih jadi winger cadangan Ajax

Amourricho van Axel Dongen saat membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/amojahv)

Amourricho van Axel Dongen dipromosikan ke tim senior Ajax Amsterdam pada musim ini. Sebelumnya, ia hanya punya pengalaman untuk mengisi skuad Ajax Amsterdam U-21. Ia pun tidak banyak tampil karena mengalami cedera dan hanya mendapatkan kesempatan bermain dalam 14 laga. 

Winger kiri berkebangsaan Belanda ini belum sepenuhnya pulih dari cedera. Alhasil, ia pun baru dimainkan dalam 2 pertandingan dalam 11 pertemuan Eredivisie 2023/2024. Melihat kondisinya, Axel Dongen sepertinya masih akan absen pada beberapa laga ke depan.

Baca Juga: 5 Klub Eredivisie Paling Sering Menang saat Bersua Ajax Amsterdam

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya