TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pembelian Termahal Klub Super League 1 Yunani pada Musim Panas 2024

Didominasi pembelian Panathinaikos

Facundo Pellistri saat berlatih bersama Panathinaikos. (instagram.com/facupellistri)

Super League 1 atau kasta tertinggi Liga Yunani mulai menunjukkan kembali eksistensinya sebagai salah satu kompetisi yang diperhitungkan di Eropa. Ini terjadi setelah Olympiakos menjuarai UEFA Conference League 2023/2024 usai mengalahkan wakil Italia, Fiorentina (1-0), di partai puncak.

Untuk bersaing di kompetisi domestik dan antarklub Eropa, klub Yunani juga ikut meramaikan bursa transfer musim panas 2024. Meski finansialnya terbatas, klub Super League 1 terbukti mampu mendatangkan enam pemain dengan harga yang cukup mahal pada jeda musim panas ini. Berikut daftarnya.

1. Sverrir Ingi Ingason jadi bek tengah baru di skuad Panathinaikos

Sverrir Ingi Ingason saat masih berseragam PAOK. (instagram.com/ingason15)

Sverrir Ingi Ingason didatangkan Panathinaikos dari klub Denmark, FC Midtjylland untuk memperkuat lini belakangnya. Pemain berkebangsaan Islandia itu didatangkan dengan banderol sebesar 3,08 juta euro (Rp52,5 miliar) dan menyetujui kontrak hingga 4 tahun ke depan. Dengan pengalamannya bermain bersama Granada, Rostov, PAOK, dan FC Midtjylland, Ingason diharapkan dapat membantu memperkokoh lini belakang Trifylli di bawah binaan Pelatih Diego Alonso. 

2. Frantzdy Pierrot menjadi stiker baru di skuad AEK Athens

Frantzdy Pierrot saat resmi bergabung dengan AEK Athens. (instagram.com/frantzdy_9)

Frantzdy Pierrot resmi bergabung dalam skuad AEK Athens untuk menambah pilihan penyerang. Eks pemain Maccabi Haifa ini didatangkan dengan nilai transfer sebesar 3,5 juta euro (Rp59,7 miliar) dan menyetujui kontrak hingga 2027. Striker asal Haiti ini berperan menggantikan Ezequiel Ponce yang memutuskan pindah ke Houston Dynamo. Terbukti, Pierrot sudah menampilkan kejatamannya dengan mencetak 1 gol dan 2 assist dalam 2 laga Super League 1 2024/2025. 

3. Aboubakary Koita berfungsi menambah penyerang di skuad AEK Athens

Aboubakary Koita saat resmi bergabung dengan AEK Athens. (instagram.com/aboubakary.koita)

AEK Athens rupanya sedang merombak lini serangnya pada musim panas 2024. Selain mendatangkan Pierrot, klub asal ibu kota Yunani itu juga merekrut penyerang lainnya, Aboubakary Koita. Pemain berkebangsaan Mauritania itu dibeli dari klub Belgia, Sint-Truiden dengan tebusan sebesar 3,6 juta euro (Rp61,4 miliar). Meski baru, Koita sudah masuk jajaran pemain inti dan mampu menyumbangkan 1 gol dari 3 laga Super League 1 2024/2025. 

Baca Juga: 6 Jebolan Piala Dunia U-17 2023 yang Direkrut Klub Liga Top Eropa

4. Kristoffer Velde sudah masuk jajaran penyerang Olympiakos

Kristoffer Velde saat memperkuat Olympiakos. (instagram.com/veldinh0)

Setelah merengkuh gelar juara UEFA Conference League 2023/2024, Olympiakos rupanya masih belum puas dengan skuadnya dan berniat mempertajam lini serangnya. Klub asal Athena itu merekrut Kristoffer Velde dari klub Polandia, Lech Poznan. Pemain sayap asal Norwegia itu dibeli dengan nilai transfer sebesar 4 juta euro (Rp68,2 miliar). Meski baru, Velde sudah masuk jajaran pemain inti dan berhasil mencetak 1 gol dari 4 pertandingan Super League 1 2024/2025. 

5. Facundo Pellistri berfungsi mempertajam lini serang Panathinaikos

Facundo Pellistri ketika memperkuat Panathinaikos. (instagram.com/facupellistri)

Facundo Pellistri menjadi salah satu pembelian termahal Panathinaikos pada bursa transfer musim panas 2024. Pemain asal Uruguay itu didatangkan ke Apostolos Nikolaidis Stadium dengan banderol sebesar 6 juta euro (Rp102,3 miliar) dari Manchester United.

Kedatangannya itu juga sebagai terobosan besar Pelatih Diego Alonso untuk merombak lini serang Trifylli pada 2024/2025. Terbukti, Pellistri sudah membuktikan kemampuannya dengan masuk skuad inti dan menyumbang 1 assist dari 3 pertandingan Super League 1 2024/2025 terakhir.

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya