TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Spezia Calcio yang Hengkang ke Klub Liga Besar Eropa

Mayoritas berlabuh ke sesama klub Serie A

Emil Holm saat masih membela Spezia Calcio. (instagram.com/holm_emil)

Spezia Calcio dipastikan turun kasta ke Serie B setelah hanya mampu duduk di posisi 18 klasemen akhir Serie A 2022/2023. Mereka sebenarnya nyaris lolos apabila memiliki margin gol di atas Verona yang akhirnya bertahan di kasta tertinggi Liga Italia.

Seperti pada umumnya, tim relegasi akan merasakan eksodus massal pemainnya yang ingin bermain di divisi utama. Hal ini pun terjadi pada Spezia Calcio pada bursa transfer musim panas 2023 yang ditinggal pergi sekitar 20 pemainnya.

Tercatat ada enam pemain berjuluk Aquilotti yang memutuskan bergabung dengan klub yang berlaga di liga papan atas Eropa. Menariknya, sebagian besar dari mereka memilih berlabuh di klub yang bertanding di Serie A Italia. 

1. Mehdi Bourabia dipinjamkan ke Frosinone

Mehdi Bourabia saat membela Spezia Calcio. (instagram.com/mehdibourabia)

Mehdi Bourabia dipinjamkan ke Frosinone lantaran tidak mendapat tempat utama di skuad Spezia pada 2023/2024. Padahal, ia merupakan gelandang tengah andalan Aquilotti pada musim lalu. Dalam kontraknya, ia akan dipinjam selama semusim dan terdapat opsi untuk diperpanjang.

Pemain berkebangsaan Maroko ini sudah memiliki pengalaman bermain di berbagai liga di Eropa. Ia tercatat pernah membela Sassuolo, Konyaspor, Levski Sofia, Cherno More, Loko Plovdiv, LOSC Lille, Grenoble, dan Dijon. Sayangnya, ia belum mendapatkan kesempatan bermain di Frosinone sampai giornata ke-4 ini.

2. Simone Bastoni hengkang ke Empoli sebagai pemain pinjaman

Simone Bastoni (kanan) ketika membela Spezia Calcio. (instagram.com/simonebastoni96)

Simone Bastoni memutuskan pergi ke Empoli dengan status pinjaman. Keputusan itu karena ia tidak mendapat tempat utama akibat terdampak cedera panjang saat membela Spezia pada 2022/2023. Sesuai kontraknya, ia akan dipinjam selama semusim dengan opsi pembelian mengikuti performanya di Empoli.

Bergabung jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023, Bastoni pun baru diturunkan pada laga terakhir sebagai pemain pengganti. Dalam laga itu, Empoli harus merasakan kekalahan pahit ketika dihajar habis-habisan AS Roma 0-7. Melihat performanya, sepertinya ia masih akan dipilih sebagai cadangan.

Baca Juga: 7 Pemain Andalan yang Dilepas Atalanta pada Musim Panas 2023

3. Emil Holm dipinjamkan ke Atalanta

Emil Holm saat membela Timnas Swedia. (instagram.com/holm_emil)

Emil Holm mendapat kesempatan untuk membela tim yang tengah naik daun pada beberapa tahun terakhir, Atalanta. Ia tiba dengan status pinjaman selama semusim dan akan dipermanenkan apabila tampil apik bersama La Dea. Keputusan ini karena ia tidak mendapat kesempatan bermain di tim utama Spezia sejak 2021.

Atalanta mendatangkan pemain muda Swedia ini untuk menjadi pelapis Zappacosta sebagai bek kanan andalan. Karena datang menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2023, ia baru diturunkan pada laga melawan AC Monza. Mengingat usianya yang masih muda, Holm punya kans besar jadi andalan La Dea.

4. Leandro Sanca merapat ke klub Portugal, Chaves

Leandro Sanca (kanan) saat memperkuat Spezia Calcio. (instagram.com/leandrosanca10)

Leandro Sanca memilih tawaran bermain dari klub Portugal, Chaves. Namun, biaya transfernya tidak diumumkan ke publik. Keputusan Sanca untuk hengkang disebabkan ia tidak mendapat tempat utama di Spezia dan harus menjalani peminjaman ke beberapa klub Portugal, seperti Famalicao dan Casa Pia.

Sejak tiba di skuad Chaves, Sanca sudah didapuk sebagai sayap kanan andalan tim barunya. Sayangnya, ia belum berhasil membawa perubahan signifikan untuk mendongkrak performa klub barunya. Alhasil, Chaves hanya duduk di dasar klasemen Liga Portugal 2023/2024 hingga jogo ke-4.

5. Emmanuel Gyasi memilih tawaran dari FC Empoli

Emmanuel Gyasi saat membela Empoli. (instagram.com/empoli_fc_official)

Emmanuel Gyasi memilih pergi setelah mendapat tawaran dari FC Empoli pada musim panas 2023. Ia dibeli dengan banderol sebesar 2 juta euro (Rp32,7 miliar) dengan kontrak 2 musim ke depan. Sebelum membela Empoli dan Spezia, ia sempat membela sejumlah klub di Italia, meliputi Südtirol, Pistoiese, Torino, Mantova, AC Pisa, dan ProVercelli U-19.

Pada 2023/2024, Gyasi telah diturunkan sebagai starting line-up Empoli pada laga perdana melawan Hellas Verona. Pada laga kedua dan ketiga, ia hanya diturunkan sebagai pemain cadangan. Sayangnya, ia belum memberikan kontribusi besar bagi timnya yang saat ini duduk di dasar klasemen Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan Atas

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya