TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Hungaria yang Pindah pada Musim Panas 2023

Mayoritas hengkang ke liga papan atas Eropa

Dominik Szoboszlai (10) saat memperkuat Timnas Hungaria. (instagram.com/szoboszlaidominik)

Hungaria sebenarnya negara dengan kualitas sepak bola yang tak bisa dianggap enteng. Buktinya, tim asal Eropa Timur ini berhasil menembus final kompetisi akbar sepak bola dunia, Piala Dunia 1938 dan 1954.

Meski sempat meredup selama beberapa dekade dan gagal menembus turnamen internasional, sedikit demi sedikit Hungaria mulai kembali ke jalur yang benar. Performa baik Ini berkat munculnya bakat-bakat muda yang merintis generasi emas Hungaria pada 2020-an.

Seiring munculnya pemain bintang, tentu banyak klub besar yang melirik pemain Hungaria untuk mengisi skuadnya. Pada musim panas 2023, terhitung ada lima pemain Hungaria yang direkrut. Mayoritas di antaranya dilirik tim liga papan atas Eropa.

1. Bendegúz Bolla dipinjamkan ke Klub Swiss, Servette

Bendegúz Bolla saat resmi berseragam FC Servette. (instagram.com/bolla_bendi)

Bendeguz Bolla memutuskan bergabung dengan FC Servette pada musim panas 2023 sebagai pemain pinjaman. Ia memilih membela tim asal Swiss itu lantaran tidak mendapat tempat utama di skuad Wolverhampton Wanderers. Sesuai kontraknya, Bolla akan dipermanenkan apabila tampil apik di tim barunya.

Sejak didatangkan The Wolves pada 2021, Bolla gagal masuk sebagai pemain inti dan langsung pinjaman ke Swiss, Grasshopper selama 2 musim. Setelah bergabung dengan Servette, ia pun baru diturunkan dalam satu laga sebagai starter. Ini menjadi awal baik baginya untuk menunjukkan bakatnya.

Baca Juga: 7 Pemain Liverpool Bernomor Punggung 8, Terbaru Szoboszlai

2. Loic Nego memilih membela Le Havre

Loic Nego saat memperkuat Le Havre. (instagram.com/loic.nego)

Loic Nego memutuskan bergabung bersama tim promosi Prancis, Le Havre setelah kontraknya bersama Fehervar habis. Ia mendapatkan kesempatan emas bermain di salah satu liga elite setelah lama berkecimpung 5 tahun di Liga Hungaria. Dalam kontraknya, ia akan membela tim barunya sampai 2025. 

Nego dikenal memiliki segudang pengalaman bermain di berbagai liga elite Eropa, ia tercatat pernah memperkuat AS Roma, FC Nantes, Standard Liege, dan Charlton. Bersama Le Havre, ia sudah diturunkan dalam 3 dari 4 laga. Ia bahkan mampu mempersembahkan 2 assist bagi Les Ciel et Marine. 

3. Milos Kerkez hengkang ke Bournemouth

Milos Kerkez saat membela AFC Bournemouth. (instagram.com/afcb)

Milos Kerkez merupakan pemain Hungaria termuda yang pindah pada musim panas 2023 ini. Setelah dikaitkan dengan sejumlah klub Eropa, ia akhirnya berlabuh di AFC Bournemouth. Tim asal Inggris itu harus menebusnya dengan banderol sebesar 17,87 juta euro (Rp292,68 miliar) dari AZ Alkmaar.

Meski tergolong sangat muda, Kerkez ternyata sudah memiliki pengalaman bermain di berbagai liga. Tercatat ia pernah membela Rapid Wien Youth, ETO FC Győr, AC Milan, dan AZ Alkmaar. Sejak awal 2023/2024, ia pun sudah didapuk sebagai bek kiri andalan The Cherries. 

4. Attila Szalai memilih tawaran dari TSG Hoffenheim

Attila Szalai saat membela TSG Hoffenheim. (instagram.com/szancso41)

Attila Szalai dibeli TSG 1899 Hoffenheim dari Fenerbahce dengan tebusan sebesar 12,3 juta euro (Rp201,4 miliar). Ia pun sudah menyetujui kontrak sampai 2027 bersama tim asal Baden-Wuerttemberg tersebut. Sebelum membela Fenerbahce, ia pernah memperkuat beberapa klub, seperti Apoel Limassol, Mezokovesd, dan Rapid Wien. 

Kedatangan Szalai di Die Kraichgauer ini sebagai bagian perombakan dari pelatih kepala, Pellegrino Matarazzo. Ia diketahui telah mendatangkan pemain bintang untuk memperkuat berbagai lini di Hoffenheim. Szalai sudah diturunkan dalam 2 dari 3 laga dan menjadi pilihan utama mengisi pos bek tengah selain Ozan Kabak.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Didapat Liverpool dari Seorang Dominik Szoboszlai

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya