TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kiper asal Serbia yang Merumput di Liga Top Eropa

Beberapa di antaranya masuk skuad utama

Predrag Rajkovic saat membela Timnas Serbia. (instagram.com/rajkovicpredrag)

Penampilan tim nasional Serbia beberapa tahun belakangan ini memang tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, meski bukan termasuk unggulan, tim asal Balkan itu berhasil masuk ke Piala Dunia 2022 setelah mengungguli tim favorit, Portugal, dalam kualifikasi. 

Penampilan baik Serbia tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para penggawanya yang telah berjibaku di lapangan. Serbia memiliki pemain bintang yang berkontribusi besar terhadap timnya. 

Serbia juga memiliki sejumlah kiper yang jadi andalan tim nasional. Semuanya mampu bersaing di liga besar Eropa pada 2021/2022 ini. 

1. Vanja Milinkovic-Savic

Vanja Milinkovic Savic saat membela Torino di Serie A. (instagram.com/vanja_32)

Pertama, ada nama Vanja Milinkovic-Savic yang menjadi satu-satunya penjaga gawang Serbia yang bermain di Serie A Italia. Saat ini, Milinkovic-Savic tengah memperkuat klub FC Torino. Ia sudah bergabung dengan Torino sejak 2017 dari Manchester United, tetapi sempat dipinjamkan karena tidak mendapatkan tempat utama. 

Sejak 2020/2021, kiper berusia 25 tahun itu menjadi andalan untuk menjaga gawang Torino. Pada musim ini, penjaga gawang kelahiran Spanyol itu sudah diturunkan dalam 26 laga untuk membela Torino dan mencatatkan 5 kali clean sheet.

2. Predrag Rajkovic

Predrag Rajkovic saat membela Stade Reims di Ligue 1. (instagram.com/rajkovicpredrag)

Predrag Rajkovic adalah penjaga gawang utama di timnas Serbia saat ini. Kiper berusia 26 tahun itu melakoni debutnya bersama tim nasional pada 2013 dan sudah memiliki 27 caps

Rajkovic kini membela klub Prancis, Stade Reims, dan dijadikan pilihan utama untuk menjaga gawang klub berjuluk Les Rouge et Blanc itu. Ia sudah diturunkan dalam 32 pertandingan Stade Reims dan mencatatkan 11 kali clean sheet musim ini. 

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2021/2022

3. Mile Svilar

Mile Svilar saat memperkuat Benfica di Liga Portugal. (instagram.com/svilar_mile)

Mile Svilar adalah kiper muda asal Serbia yang sedang membela klub Portugal, Benfica. Penjaga gawang berusia 22 tahun ini memang belum menjadi andalan dalam skuad utama klub asal Lisbon itu, tetapi ia sebelumnya menjadi pilihan utama di skuad junior Benfica.

Svilar yang memiliki kewarganegaraan kedua Belgia sempat memperkuat Anderlecht sebelum hengkang ke Benfica pada 2017. Ia sudah melakoni debut bersama timnas Serbia pada pertandingan persahabatan melawan Qatar.

4. Djordje Nikolic

Djordje Nikolic saat membela FC Basel di Liga Swiss. (twitter.com/FC_Basel_en)

Kemudian, ada nama Djordje Nikolic yang saat ini memperkuat klub asal Swiss, FC Basel. Sayangnya, ia belum mendapatkan tempat utama di skuad klub asal Basel tersebut. Nikolic hanya diturunkan dalam dua pertandingan musim ini. 

Kiper berusia 25 tahun ini bergabung ke St Jakob-Park sejak musim panas 2019 usai diboyong dari FC Aarau. Nikolic juga sudah mencatatkan debutnya di timnas Serbia pada laga persahabatan melawan Jamaika pada Juni 2021 lalu.

5. Marko Ilic

Marko Ilic saat memperkuat KV Kortrijk di Liga Belgia. (twitter.com/kvkofficieel)

Marko Ilic menjadi salah satu kiper yang pernah melakoni debut bersama timnas Serbia pada 2021. Bersama dengan Djordje Nikolic, penjaga gawang berusia 24 tahun itu diturunkan pada laga persahabatan menghadapi Jamaika. 

Sementara, di level klub, Ilic saat ini tengah memperkuat klub Liga Belgia, KV Kortrijk. Ia menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang timnya. Nikolic berlabuh ke Belgia usai didatangkan dari klub Liga Serbia, Vozdovac, pada 2020. 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Gambia yang Merumput di Liga Top Eropa

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya