TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain yang Sukses Cetak Quattrick di Piala Dunia U-17

Sayangnya ada yang pensiun dini

Kelechi Iheanacho (instagram.com/kelechi72)

Piala Dunia U-17 memang mempertandingkan pemain-pemain junior setara usia SMP dan SMA. Namun, tidak kalah dengan Piala Dunia di level senior, turnamen dua tahunan tersebut juga menyuguhkan banyak hal menarik. Salah satunya adalah pemain yang sukses membuat 4 gol alias quattrick dalam sebuah pertandingan.

Sebagian besar pencetak quattrick akhirnya memang sukses menjadi top skor kompetisi. Ada juga yang tidak menempati urutan teratas pencetak gol terbanyak, tetapi tergantikan dengan gelar juara dan pemain terbaik. Lalu, siapa saja talenta yang sukses membuat quattrick pada Piala Dunia U-17?

1. David Rodriguez-Fraile ternyata harus pensiun di usia belia

David Rodriguez-Fraile (fifa.com)

Meskipun gagal menjadi juara, Spanyol melahirkan sejumlah pemain top saat mengikuti Piala Dunia U-17 1997 yang berlangsung di Mesir. Dua nama yang populer adalah Iker Casillas dan Xavi Hernandez. Selain itu, jangan lupakan juga David Rodriguez-Fraile yang kala itu menjadi juru gedor utama La Furia Roja.

Yup, David keluar sebagai top skor turnamen setelah mencetak 7 gol, unggul 2 gol dari Hashim Saleh asal Oman. Nah, dari jumlah tersebut, 4 gol di antaranya ia buat saat Spanyol mengandaskan Selandia Baru 13-0 di fase grup. David sekaligus menjadi pencetak quattrick pertama di ajang Piala Dunia U-17.

Nahas, karier gemilangnya di level junior tidak berlanjut. Sakit punggung kronis mengubur mimpi David untuk menjadi pemain profesional. Pada 2001, ia terpaksa pensiun dini di usia yang masih 20 tahun. Berbekal gelar MBA di Harvard Business School, David sekarang menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Baca Juga: 7 Pemain yang Paling Sering Tampil Bersama Cesc Fabregas

2. Carlos Hidalgo gagal di level senior

Carlos Hidalgo (facebook.com/deportivopasto)

Cesc Fabregas memang menjadi bintang dalam gelaran Piala Dunia U-17 2003 yang diadakan di Finlandia. Walau Spanyol cuna menjadi runner-up, eks pemain Arsenal dan Barcelona itu keluar sebagai top skor sekaligus pemain terbaik turnamen. Namun, masih ada satu nama yang juga mencuri perhatian, yakni Carlos Daniel Hidalgo.

Penyerang asal Kolombia itu bersanding dengan Fabregas dan Manuel Curto di daftar top skor kompetisi dengan 5 gol. Namun, yang spesial adalah Hidalgo mampu membuat 4 gol alias quattrick. Momen itu terjadi saat Kolombia menggulung tuan rumah Finlandia di fase grup dengan skor 9-1.

Sayangnya, Hidalgo gagal mempertahankan performanya di level senior. Ia sempat membela klub lokal Deportivo Pasto, tetapi tidak cukup gemilang. Saat dipinjamkan ke tim Spanyol, Sporting Gijon, Hidalgo juga tidak mampu memenuhi ekspektasi. Alhasil, panggilan timnas senior Kolombia pun tidak kunjung datang.

3. Souleymane Coulibaly jadi top skor turnamen

Souleymane Coulibaly (twitter.com/Sol_Coulibaly)

Langkah Pantai Gading di Piala Dunia U-17 2011 memang harus terhenti di 16 besar. Namun, ada satu nama yang menjadi sorotan. Ia adalah Souleymane Coulibaly yang keluar sebagai top skor turnamen setelah membuat 9 gol. Itu menjadi catatan gol terbanyak sebelum dipecahkan Victor Osimhen pada 2015.

Dari total 9 gol yang dicetak Coulibaly, 4 gol di antaranya tercipta saat bersua Denmark. Jebolan akademi Tottenham Hotspur itu memborong semua gol kemenangan Pantai Gading atas Denmark dengan skor 4-2. Pada laga selanjutnya kontra Brasil, Coulibaly membuat hattrick dan mengantarkan Pantai Gading lolos dari fase grup.

Sempat dipanggil tim senior Tottenham Hotspur, sayangnya Coulibaly gagal menembus skuad utama. Dia dipinjamkan ke Grosseto sebelum akhirnya dilepas ke Bari. Setelah itu, kariernya berkutat di klub-klub medioker, seperti Peterborough United dan Kilmarnock. Coulibaly juga sempat memperkuat tim Afrika, seperti Al Ahly dan Etoile Sportive du Sahel.

Baca Juga: Melihat 10 Rekor di Piala Dunia U-17, Akankah Pecah di Indonesia?

Verified Writer

Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya