TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Berusia 18 Tahun yang Cetak Hattrick di Premier League

Ada yang bermain sebagai gelandang

Michael Owen (premierleague.com)

Dalam sejarah English Premier League (EPL), sudah banyak pemain yang mampu menorehkan hattrick atau bikin 3 gol dalam 1 pertandingan. Bahkan, tidak sedikit yang melakukannya lebih dari sekali. Sergio Aguero membuat 12 hattrick sepanjang kariernya di Premier League, diikuti Alan Shearer dengan 11 hattrick, dan Robbie Fowler dengan 9 hattrick.

Meski begitu, cuma sedikit pesepak bola yang bisa menjebol gawang lawan 3 kali dalam 1 laga saat usianya baru menginjak 18 tahun. Tentu saja dibutuhkan bukan cuma kemampuan dan ketajaman, melainkan juga kerja sama tim dan sedikit faktor keberuntungan. Lalu, siapa saja pemain yang masuk daftar spesial ini?

1. Michael Owen masih memegang rekor hattrick termuda di Premier League

Michael Owen (liverpoolfc.com)

Michael Owen masih memegang rekor sebagai pencetak hattrick termuda dalam sejarah Premier League. Mantan penyerang timnas Inggris ini membuat tiga gol saat memperkuat Liverpool menghadapi Sheffield Wednesday pada 14 Februari 1998 silam. Ia baru berusia 18 tahun 62 hari ketika mencetak tiga angka dalam laga yang berkesudahan 3-3.

Hebatnya, Owen tidak cuma sekali mencetak hattrick dalam usia 18 tahun. Ia melakukannya lagi ke gawang Newcastle United pada Agustus 1998. Setelah itu, giliran gawang Nottingham Forest yang merasakan kedahsyatan Owen dalam laga yang berlangsung pada 24 Oktober 1998 dan berkesudahan 5-1 untuk The Reds.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke EPL pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

2. Robbie Fowler sudah tajam pada usia belia

Robbie Fowler (liverpoolfc.com)

Sebelum dipecahkan Michael Owen, Robbie Fowler adalah pemegang rekor sebagai pencetak hattrick termuda di pentas Premier League. Ia membuat tiga angka ketika membawa Liverpool mengandaskan Southampton dengan skor 4-2 pada 30 Oktober 1993. Saat itu, usia Fowler terpaut 142 hari lebih tua dari rekor Owen.

Nama Fowler memang identik dengan Liverpool. Ia adalah jebolan akademi The Reds yang menembus tim utama pada 1993. Sejak saat itu, mantan penyerang Timnas Inggris ini menjadi salah satu penyerang tajam yang pernah dimiliki Liverpool. Ia membawa klub Anfield merebut FA Cup, Football League Cup, UEFA Cup, dan UEFA Super Cup 2001.

3. Chris-Bart Williams adalah gelandang yang masuk daftar ini

Chris-Bart Williams (twitter.com/NFFC)

Meski namanya kurang familar, Chris-Bart Williams sukses menorehkan tinta emas dalam sejarah Premier League. Ia adalah satu dari sedikit pemain yang mampu membuat tiga gol saat usianya baru 18 tahun. Catatan ini ditorehkan dalam laga Sheffield Wednesday kontra Southampton pada April 1993 silam. Hebatnya, ia bukan seorang striker, melainkan gelandang bertahan.

Christopher Gerald Bart-Williams, demikian nama lengkapnya, adalah pesepak bola kelahiran 16 Juni 1974. Sheffield Wednesday merupakan klub pertamanya saat menjajal sepak bola Inggris sebelum berkelana ke Nottingham Forest, Charlton Athletic, dan Ipswich Town. Sayangnya, pada Juli 2023 lalu, ia meninggal dunia dalam usia 49 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Merapat ke Galatasaray Musim panas 2023

Verified Writer

Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya