TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Mantan Pemain Juventus yang Jadi Pelatih Chelsea

Enzo Maresca menjadi nama terbaru

Enzo Maresca resmi dikontrak Chelsea sebagai pelatih pada awal musim 2024/2025. (chelseafc.com)

Chelsea cukup bersahabat dengan pelatih asal Italia. Sejak era English Premier League atau EPL, setidaknya sudah ada tujuh pelatih Negeri Pizza yang menukangi The Blues. Terbaru, Enzo Maresca ditunjuk menjadi juru taktik Chelsea pada awal musim 2024/2025.

Yang menarik, dari tujuh pelatih tersebut, tiga di antaranya merupakan pemain Juventus, dan Maresca adalah salah satunya. Lantas, siapakah dua nama lainnya? Bagaimana prestasi mereka selama melatih di Stamford Bridge, kandang The Blues?

1. Gianluca Vialli menjadi pelatih Italia pertama untuk Chelsea

Gianluca Vialli saat membela Juventus di era 1990-an. (juventus.com)

Gianluca Vialli adalah pelatih Italia pertama yang menukangi Chelsea. Ia ditunjuk menjadi player-manager The Blues untuk menggantikan Ruud Gullit yang dipecat pada Februari 1998. Ketika itu, usia Vialli baru menginjak 33 tahun.

Di tangan Vialli, prestasi Chelsea bisa dikatakan cukup oke. Ia mengantarkan The Blues meraih League Cup dan UEFA Cup Winners' Cup pada musim 1997/1998. Selain itu, juga merebut UEFA Super Cup 1998, FA Cup 1999/2000, dan FA Charity Shield 2000.

Sebelum berkarier sebagai pelatih, Vialli dikenal sebagai salah satu striker top Serie A. Ia sempat membela Sampdoria sebelum pindah ke Juventus. Bersama tim Zebra, Vialli merasakan titel Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italiana, UEFA Cup, dan UEFA Champions League.

2. Antonio Conte langsung memberikan trofi EPL untuk Chelsea di musim perdana

Antonio Conte pernah menjadi pemain dan juga pelatih Juventus. (juventus.com)

Bagi fans Serie A era 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan Antonio Conte. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu pemain legendaris Juventus. Memperkuat klub Nyonya Tua pada 1991 hingga 2004, Conte lima kali menjuarai Serie A dan sempat meraih UEFA Champions League 1995/1996.

Setelah gantung sepatu, ia beralih menjadi pelatih. Arezzo menjadi klub pertama yang dilatihnya, lantas pindah ke Bari, Atalanta, Siena, dan Juventus. Sempat juga membesut timnas Italia, Conte kemudian dipinang Chelsea pada awal musim 2016/2017.

Di musim perdananya bersama klub London Biru, Conte langsung merasakan gelar EPL. Trofi itu kemudian disandingkan dengan FA Cup di musim kedua. Sayangnya, gelar tersebut menjadi yang terakhir Conte bersama Chelsea karena ia didepak pada Juli 2018.

Verified Writer

Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya