TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Transfer Terbaik Musim Panas 2024 Versi Fabrizio Romano

Transfer paling underrated menurut Fabrizio Romano

Fabricio Romano (instagram.com/fabriziorom)

Sebagian besar pecinta sepak bola dunia mungkin sudah tidak asing dengan nama Fabrizio Romano. Jurnalis berkebangsaan Italia yang sangat terkenal dengan slogan "Here We Go" ini merupakan jurnalis yang sering memberitakan kabar transfer pemain top dunia. Sebagai seorang jurnalis, pengalaman, dan prestasi yang dimiliki Fabrizio tentu menjadikannya salah satu jurnalis terbaik dunia saat ini.

Untuk bursa transfer musim panas tahun 2024 lalu, Fabrizio Romano memberikan pendapat mengenai deretan transfer terbaik atau paling underrated versinya. Ia menilai beberapa dalam daftar transfer ini adalah pemain muda potensial, pemain berkualitas dengan harga murah, hingga memberikan dampak luas baik ke klub maupun ke pemain itu sendiri.

1. Transfer Desire Doue dari Rennes ke PSG

potret Desire Doue saat berseragam PSG. (instagram.com/desire.doue)

Saat PSG mengeluarkan dana mencapai 50 juta euro atau Rp854 miliar untuk pemain berusia 19 tahun, banyak pihak yang terkejut dengan hal ini. Akan tetapi, melihat bahwa pemuda berusia 19 tahun itu adalah Desire Doue, tentu anggapan bahwa transfer ini terlalu mahal akan lenyap. Menurut Fabrizio, Desire Doue adalah pemain muda yang sedang bersinar.

"Meski membutuhkan waktu untuk mencapai potensi terbaiknya, bergabung dengan PSG merupakan langkah yang tepat mengingat di PSG banyak pemain hebat untuk membantunya berkembang. Keberadaan Luis Enrique yang merupakan pelatih kelas dunia akan membuat Doue menjadi pemain luar biasa", kata Fabrizio Romano dilansir footballtransfers.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang Termahal yang Bakal Bermain di UCL pada 2024/2025

2. Transfer Yaser Asprilla dari Watford ke Girona

potret Yaser Asprilla saat diperkenalkan sebagai pemain baru Girona. (instagram.com/yaser_asprilla_10)

Yaser Asprilla pindah dari Watford ke Girona dengan nilai transfer mencapai 18 juta euro atau Rp307 miliar. Fabrizio Romano yakin bahwa Yaser Asprilla akan menjadi salah satu pemain besar berikutnya dari Amerika Selatan di LaLiga Spanyol. Menurut Fabrizio, dibawah pelatih hebat seperti Michel yang merupakan pelatih Girona, Asprilla bisa naik ke level berikutnya dan punya peluang untuk menunjukkan kualitasnya bermain di level lebih tinggi.

3. Transfer Noussair Mazraoui dari Bayern Munich ke Manchester United

potret Noussair Mazraoui (baju merah) melakukan selebrasi saat masih membela Bayern Munich. (instagram.com/nousmaz97)

Menurut Fabrizio, kepindahan Noussair Mazraoui dari Bayern Munich ke Manchester United senilai 15 juta euro atau Rp256 miliar tentu akan memberikan efek yang luar biasa bagi Setan Merah. Awalnya kepindahan Noussair Mazraoui banyak diremehkan karena nilai transfernya yang kecil. Akan tetapi, kemampuan Mazraoui dalam bermain beragam posisi, mulai bek kiri, bek kanan, dan pemain sayap merupakan hal yang spesial. Fabrizio menilaih kesepakatan ini salah satu bisnis hebat yang dilakukan Manchester United pada musim panas 2024.

4. Transfer Nico Paz dari Real Madrid ke Como

potret Nico Paz saat diperkenalkan sebagai pemain baru Como FC. (instagram.com/comofootball dan nicopaz1o)

Meski hanya mengeluarkan dana sebesar 6 juta euro atau Rp102 miliar, kepindahan Nico Paz dari Real Madrid ke Como merupakan salah satu transfer terbaik musim panas 2024. Menurut Fabrizio, Nico Paz adalah talenta yang menarik dan pengaruhnya bagi Como pada debutnya sungguh luar biasa. Di bawah manajer asal Spanyol, Cesc Fabregas, tentu Como akan mendapat perpaduan yang sempurna dari kolaborasi Fabregas dan Paz menurut Fabrizio.

5. Transfer Yan Couto dari Manchester City ke Borussia Dortmund

potret Yan Couto (tengah) saat diperkenalkan sebagai pemain baru Borrusia Dortmund. (instagram.com/ caastellarbrazil's profile picture caastellarbrazil and yan.couto)

Peminjaman Yan Couto dari Manchester City ke Borussia Dortmund menarik perhatian. Yan Couto adalah tambahan yang bagus untuk skuad Borussia Dortmund. Menurut Fabrizio, Yan Couto merupakan bek kanan dengan kualitas baik yang mampu memberikan umpan dan gol, seperti yang dilakukannya saat dipinjamkan ke Girona musim lalu. Ini adalah langkah yang sangat cerdas dari Borussia Dortmund.

6. Transfer Ian Maatsen dari Chelsea ke Aston Villa

potret Ian Maatsen saat diperkenalkan sebagai pemain Aston Villa. (instagram.com/ maatsen_)

Kepindahan Ian Maatsen dari Chelsea ke Aston Villa dengan nilai transfer mencapai 44,5 juta euro atau Rp760 miliar sebenarnya bukan harga yang mahal. Keberadaan Unay Emery sebagai pelatih Aston Villa akan membuat Ian Maatsen menjadi pemain yang luar biasa. Dari sudut pandang Chelsea, ini adalah kesepakatan yang sempurna dari sudut pandang finacial fairplay.

"Saya pikir Maatsen adalah bek kiri yang fantastis dan dia menunjukkannya di paruh kedua musim ini di Dortmund musim lalu lewat kontribusi gila yang membantu klubnya mencapai final Liga Champions. Dia bisa mencetak gol, memberikan assist, dan dia bekerja sangat keras untuk timnya. Saya suka kualitasnya. Saya pikir Ian Maatsen akan menjadi pemain fantastis untuk Aston Villa musim ini dan potensi peningkatannya sangat besar," kata Fabrizio dilansir footballtransfers.

7. Transfer Savinho dari Troyes ke Manchester City

potret Savinho saat diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester City. (instagram.com/mancity and savinho)

Manchester City harus mengeluarkan dana mencapai 25 juta euro atau Rp427 miliar untuk merekrut Savinho dari Troyes. Melihat penampilan perdana Savinho di Manchester City yang luar biasa, tentu bukan hal yang mengejutkan. Hal inilah yang membuat Fabrizio yakin bahwa Savinho akan menjadi bintang Liga Primer Inggris selanjutnya

"Ini adalah penandatanganan yang telah diselesaikan Manchester City sejak lama dan telah luput dari perhatian dalam banyak hal. Savinho menjalani musim yang cemerlang saat dipinjamkan ke Girona dan menunjukkan keterampilan brilian saat membantu klubnya lolos ke Liga Champions. Dia mempunyai kemampuan menggiring bola yang luar biasa dan sangat cepat. Saya pikir dia ditakdirkan untuk menjadi salah satu bintang besar di Liga Premier di masa depan," kata Fabrizio dilansir footballtransfers.

8. Transfer Giorgi Mamardashvili dari Valencia ke Liverpool

Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Transfer Giorgi Mamardashvili dari Valencia ke Liverpool senilai 30 juta euro atau Rp512 miliar dan akan bergabung pada tahun 2025 mengejutkan banyak pihak. Keberadaan Allison yang masih prima tentu membuat publik beranggapan transfer Mamardashvili ini cuma buang-buang uang. Akan tetapi menurut Fabrizio, Liverpool telah merekrut pemain super.

"Saya pikir ini adalah transfer yang diremehkan karena dia akan menjadi pemain yang sangat penting bagi klub di masa depan. Tentu saja, Liverpool memiliki Alisson, yang telah menjadi penjaga gawang brilian untuk klub, dan ini adalah rekrutan dari Liverpool dengan pandangan ke masa depan. Giorgi Mamardashvili akan menjadi pengganti yang fantastis jika waktunya tepat. Menurut pendapat saya, Giorgi Mamardashvili bernilai lebih dari apa yang dibayarkan Liverpool untuk pemain tersebut," kata Fabrizio dilansir footballtransfers.

9. Transfer Willian Estevao dari Palmeiras ke Chelsea

Willian Estevao (instagram.com/estevaowilian_)

Kepindahan Willian Estevao dari Palmeiras ke Chelsea dengan nilai transfer mencapai 34 juta euro atau Rp580 miliar bukanlah harga yang mahal jika melihat potensi yang akan dihasilkan olehnya kepada Chelsea. Hal ini pula yang diyakini oleh Fabrizio Romano. Fabrizio menuturkan orang-orang di Brasil mengatakan bahwa Willian Estevao bisa menjadi pemain besar berikutnya yang muncul dari negara tersebut. Mereka begitu antusias terhadapnya dan yakin dia punya potensi menjadi Neymar jika bisa terus berkembang dengan cara yang tepat.

Verified Writer

Johanes Bastanta Ginting

Masih Belajar Menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya