TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kiprah 5 Pemain Italia yang Pernah Memperkuat Newcastle United

The Magpies telah mencapai kesepakatan transfer Tonali

Antonio Barreca (nufc.co.uk)

Newcastle United kabarnya telah mencapai kesepakatan dengan AC Milan perihal transfer Sandro Tonali. Menurut Fabrizio Romano, biaya sebesar 70 juta euro atau Rp1,1 triliun disepakati oleh kedua belah pihak. The Magpies mengontrak sang gelandang hingga 2029 dengan gaji sebesar 7 juta euro atau Rp115 miliar per musimnya.

Merapatnya Tonali menambah panjang daftar pemain Italia yang berseragam Newcastle United. Sebelumnya sudah ada lima pemain Italia yang merumput di St. James Park. Siapa saja mereka?

1. Alessandro Pistone 

Alessandro Pistone (twitter.com/Everton)

Pemain Italia pertama yang memperkuat Newcastle United adalah Alessandro Pistone. The Magpies merekrut sang pemain dari Inter Milan pada 1997. Ia tampil cukup solid sebagai bek sayap kiri. Tidak hanya apik dalam bertahan, Pistone juga bermain bagus dalam membantu penyerangan. Buktinya, ia berhasil mencatatkan 1 gol dan 6 assist dari 63 pertandingan.

Sempat dipinjamkan ke AC Venezia 1907, Pistone hijrah ke Everton pada 2000. Ia bermain selama 7 tahun di Goodison Park. Bersama The Toffees, Pistone membukukan 116 penampilan di semua kompetisi. Klub Belgia, RAEC Mons, menjadi tim terakhir yang dibela Pistone sebelum gantung sepatu pada 2008.

Baca Juga: 5 Gelandang Top yang Diincar Newcastle United pada Musim Panas 2023

2. Giuseppe Rossi 

Giuseppe Rossi (nufc.co.uk)

Giuseppe Rossi merupakan pesepak bola yang kerap bergonta-ganti klub. Tim-tim seperti Manchester United, Newcastle United, AC Parma, Villarreal, Fiorentina, Levante, Celta Vigo, Genoa, hingga SPAL pernah merasakan jasanya. Rossi menjadi bagian dari Newcastle pada 2006. Ia kala itu bergabung dengan status pinjaman dari Manchester United selama 4 bulan.

Dengan waktu yang sangat singkat, Rossi tentu tidak bisa memberikan kontribusi besar. Sang striker hanya menciptakan 4 gol dan 1 assist dari 14 laga. Karier Rossi cukup melejit saat dirinya berseragam Villarreal. Bersama klub Spanyol itu, ia tampil tajam dengan mengemas 82 gol dan 25 assist dari 192 pertandingan.

3. Fabio Zamblera 

Fabio Zamblera (nufc.co.uk)

Fabio Zamblera adalah produk asli akademi Atalanta. Ia pindah ke Newcastle United pada Januari 2008 saat usianya masih 18 tahun. Diharapkan menjadi pemain muda yang menjanjikan, Zamblera justru gagal bersaing di tim utama. Lebih tragisnya lagi, sang pemain tidak pernah tampil satu kali pun bersama Newcastle di kompetisi resmi.

Karena performanya jauh dari harapan, Zamblera sempat dipinjamkan ke Sampdoria dan AS Roma. Newcastle pada akhirnya melepas Zamblera secara gratis pada 2011. Sejak saat itu, namanya tidak pernah terdengar lagi.

4. Davide Santon 

Davide Santon (nufc.co.uk)

Newcastle United mengontrak Davide Santon dari Inter Milan pada 2011. Usia sang pemain saat itu masih 20 tahun. Ia berhasil tumbuh menjadi bek kiri yang baik di Liga Inggris. Selama 4 tahun masa baktinya di St. James Park, ia berhasil menciptakan 94 pertandingan di semua kompetisi.

Santon empat bolak-balik dari Newcastle ke Inter Milan pada penghujung kariernya. Ia kemudian berlabuh ke AS Roma pada 2018. Santon memilih gantung sepatu pada 2022 lalu ketika umurnya masih 31 tahun.

Baca Juga: Fans AC Milan Kecewa Sandro Tonali Dijual ke Newcastle 

Verified Writer

Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya