TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sergi Dominguez, Bek Muda Barcelona dengan Prospek Cerah

Calon penerus Gerard Pique

Sergi Dominguez (fcbarcelona.com)

Kedatangan Hansi Flick sebagai manajer baru Barcelona membawa nilai positif kepada perkembangan para pemain muda Barcelona. Ia telah mengorbitkan beberapa talenta dari akademi Barcelona, La Masia. Salah satunya Sergi Dominguez.

Bek berusia 19 tahun itu melakoni debutnya di tim utama Barcelona dalam kemenangan 7-0 atas Real Valladolid pada pekan keempat LaLiga Spanyol 2024/2025. Ia menjadi solusi bagi kedalaman lini belakang Barcelona, baik secara jangka pendek maupun panjang.

Dominguez mendapat kesempatan tampil di tim utama setelah dua bek Barcelona, Ronald Araujo dan Andrea Christensen, mengalami cedera. Ia bahkan mendapat kesempatan bermain sebagai starter dalam kemenangan 5-1 atas Villarreal pada pekan keenam LaLiga.

Lantas, sebesar apa potensi yang dimiliki Sergi Dominguez? Inilah profil lengkapnya.

1. Bergabung dengan Barcelona dari Sant Gabriel pada 2017

Sergi Dominguez (instagram.com/sergidominguez_)

Sergi Dominguez merupakan pria asli kelahiran Barcelona pada 1 April 2005. Ia menimba ilmu sepak bola bersama Sant Gabriel sebelum pindah ke akademi Barcelona, La Masia, pada 2017. Dominguez masuk dalam tim Barcelona U-14 dan terus mengembangkan permainannya saat naik ke jenjang selanjutnya.

Ia dinilai punya jiwa kepemimponan sehingga kerap kali dipercaya mengemban tanggung jawab sebagai kapten di tim muda Barcelona. Dominguez pertama kali bermain di UEFA Youth League ketika Barcelona seri 1-1 dengan Viktoria Plzen pada November 2022. Ia kemudian melakoni debutnya bersama Barca Atletic kala imbang 1-1 menghadapi SD Amorebieta pada Februari 2023.

Baca Juga: 8 Pelatih Barcelona dengan Kemenangan Terbanyak pada Awal Musim LaLiga

2. Punya postur tubuh tinggi dan gaya permainan seperti Gerard Pique

Sergi Dominguez (fcbarcelona.com)

Sergi Dominguez kerap kali dibanding-bandingkan dengan legenda Barcelona, Gerard Pique. Sebab, postur tubuhnya sama-sama di atas 190 cm. Bedanya, Pique lebih tinggi dengan tinggi 193 cm sementara Dominguez 191 cm.

Selain itu, Dominguez dan Pique sama-sama bek jebolan akademi Barcelona. Menurut Transfermarkt, Dominguez telah mencatat 22 pertandingan sebagai bek tengah. Meski tubuhnya tinggi, ia cukup nyaman dalam menguasai bola dan beberapa kali terlimbat dalam proses membangun serangan.

3. Melakoni debutnya di tim utama saat dilatih Hansi Flick

Sergi Dominguez (instagram.com/sergidominguez_)

Permainan Sergi Dominguez bersama Barca Atletic dan pramusim 2024 cukup membuat Hansi Flick terkesan. Ia masuk dalam daftar pemain cadangan Barcelona dalam tiga pekan pertama di LaLiga pada 2024/2025. Dominguez baru mendapat kesempatan debutnya saat Barcelona menang 7-0 atas Real Valladolid. Ia masuk menggantikan sesama jebolan La Masia, Pau Cubarsi, pada menit ke-61.

Dominguez kemudian terpilih bermain sebagai starter kala Barcelona mengalahkan Villarreal dengan skor 5-1. Ia bermain selama 59 menit. Uniknya, Dominguez kali ini yang ditarik keluar dan digantikan Pau Cubarsi. Menurut Fotmob, Dominguez mencatat 97 sentuhan dengan bola dan memberikan 84 operan sukses. Ia juga 1 kali masing-masing memenangkan tekel dan duel fisik.

Kehadiran Dominguez tentu menjadi angin segar bagi Barcelona yang tengah berhemat seiring masalah keuangan yang belum teratasi sepenuhnya. Ia memiliki kontrak berdurasi 3 tahun dan punya kans untuk diperpanjang jika mampu mengembangkan permainannya dan tampil secara reguler. Dominguez sendiri bertekad untuk lebih sering lagi bermain sebagai starter di Barcelona. Mampukah ia bersinar seperti pendahulunya Gerard Pique?

Baca Juga: 5 Alasan Hansi Flick Bisa Membuat Barcelona Impresif pada 2024/2025

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya