TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Samuel Mbangula, Bintang Muda Belgia yang Jadi Sensasi di Juventus

Menciptakan sejarah di Serie A Italia

Samuel Mbangula (juventus.com)

Juventus meraih kemenangan 3-0 atas Como 1907 pada pekan pertama Serie A Italia 2024/2025. Samuel Mbangula menjadi pemain muda yang berhasil mencuri perhatian dalam pertandingan ini. Ia mencetak satu gol dan assist sehingga dinobatkan sebagai Man of the Match.

Tidak banyak yang mengenal Mbangula. Sebab, ia baru debutnya di tim senior Juventus dalam pertandingan kontra Como 1907. Mbangula memperkenalkan dirinya kepada publik sepak bola Italia dengan cara yang fantastis lewat torehan gol dan assist. Media dan fans langsung menyebutnya sebagai bintang masa depan Juventus. Ia saat ini baru berusia 20 tahun.

Lantas, pemain seperti apa Samuel Mbangula itu? Berikut profil lengkapnya.

1. Menimba ilmu di Club Brugge dan Anderlecht, tetapi tidak pernah tampil di Jupiler Pro League

Samuel Mbangula (legaseriea.it)

Samuel Mbangula merupakan pemain keturunan Kongo berpaspor Belgia yang lahir pada 16 Januari 2004. Ia menimba ilmu di akademi Club Brugge selama 5 tahun. Mbangula kemudian pindah ke rival Club Brugge di Jupiler Pro League Belgia, RSC Anderlecht, pada 2019.

Meski begitu, Mbangula tidak sempat bermain di kasta tertinggi Liga Belgia. Sebab, ia langsung memutuskan merantau ke Italia untuk bergabung dengan Juventus setahun kemudian. Mbangula mulai mengasah kemampuannya sebagai winger kiri sejak membela Juventus U-17 dan U-19. Ia mendapat perhatian dari manajer baru Juventus, Thiago Motta, setelah bermain cukup impresif dengan catatan 2 gol dan 4 assist dari 25 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 3 Pemain Senior yang Dilepas Juventus pada Musim Panas 2024

2. Pernah bermain di empat posisi berbeda sebagai penyerang

Samuel Mbangula (x.com/juventusfc)

Samuel Mbangula memiliki keunggulan dalam kecepatan lari serta ketangkasan dribel. Ia tidak ragu berduel fisik dengan pemain lawan, terutama dalam situasi 1 lawan 1. Mbangula lebih dominan menggunakan kaki kanannya saat melepas tembakan atau umpan. Ia cukup diandalkan sebagai penyerang sayap kiri.

Samuel Mbangula tampil di posisi winger kiri dalam 19 pertandingan dan mencetak 6 gol serta 2 assist di semua kompetisi. Ia juga pernah tampil sebagai winger kanan dengan menorehkan 3 gol dan 1 assist dari 12 pertandingan. Mbangula bahkan pernah memerankan second striker dalam 11 laga dengan catatan 1 gol dan 4 assist.

Penampilannya sebagai centre forward juga tidak kalah impresif lewat koleksi 3 gol dan 2 assist dalam 7 pertandingan. Fleksibilitas Mbangula di lini depan akan sangat berguna bagi Juventus, terutama ketika ada pemain lain yang cedera. Ia juga berguna kala tim mengubah skema permainan di tengah pertandingan.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya