TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Remaja yang Tampil dalam 10 Laga UCL kala Dilatih Pep Guardiola

Salah satunya wonderkid gagal Barcelona

Rico Lewis (mancity.com)

Intinya Sih...

  • Bojan Krkic, wonderkid Barcelona, bermain di 14 pertandingan UCL saat usia remaja di bawah asuhan Guardiola.
  • Phil Foden, pemain akademi Manchester City, tampil sebelas kali di UCL sebagai remaja ketika dilatih oleh Guardiola.
  • Rico Lewis, bakat muda dari akademi Manchester City, mencapai pertandingan kesepuluh di UCL pada usia 19 tahun.

Sumber:

https://www.transfermarkt.com/bojan-krkic/leistungsdatendetails/spieler/44675/plus/0?saison=&verein=&liga=&wettbewerb=CL&pos=&trainer_id=

https://www.transfermarkt.com/bojan-krkic/profil/spieler/44675

https://www.transfermarkt.com/phil-foden/leistungsdatendetails/spieler/406635/plus/0?saison=&verein=&liga=&wettbewerb=CL&pos=&trainer_id=

https://www.transfermarkt.com/rico-lewis/leistungsdatendetails/spieler/701057/plus/0?saison=&verein=&liga=&wettbewerb=CL&pos=&trainer_id=

https://theanalyst.com/eu/2024/09/manchester-city-vs-inter-milan-stats-opta-champions-league-live

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih yang cukup memperhatikan perkembangan talenta muda dari akademi di tiap klub yang pernah ditanganinya. Ia pernah mengorbitkan Sergio Busquets dan Pedro Rodriguez kala menukangi Barcelona. Beberapa produk akademi klub-klub yang pernah dilatih Guardiola mendapat kesempatan tampil di Liga Champions Eropa (UCL).

Mereka bahkan mampu mengoleksi sepuluh penampilan di UCL kala masih berusia remaja. Pengalaman tersebut tentu berharga bagi perkembangan permainan para pesepak bola muda tersebut. Inilah tiga remaja yang bermain dalam sepuluh laga UCL di bawah asuhan Guardiola.

1. Bojan Krkic mengoleksi 14 pertandingan UCL selama dilatih Guardiola

Bojan Krkic (uefa.com)

Bojan Krkic dan Pep Guardiola bekerja sama di Barcelona selama 3 tahun pada 2008--2011. Ia sebelumnya disebut-sebut sebagai wonderkid menjanjikan kala debut di tim utama Barcelona saat era kepelatihan Frank Rijkard. Bojan bahkan dibanding-bandingkan dengan rekan setimnya, Lionel Messi, karena memiliki postur tubuh pendek, rambut gondrong, dan sama-sama menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Guardiola menurunkannya di laga Liga Champions Eropa kala Barcelona menang 2-1 atas Shakhtar Donetsk pada 1 Oktober 2008.

Bojan kala itu masih berusia 18 tahun. Ia mencetak satu assist untuk gol Messi. Ia kemudian mencetak brace saat Barcelona membantai FC Basel dengan skor 5-0 pada 22 Oktober 2008. Bojan terakhir kali bermain di UCL saat usia remaja ketika Barcelona tersingkir dari Inter Milan pada leg kedua semifinal 2009/2010. Bojan saat itu masuk sebagai pemain pengganti dan tampil selama 27 menit. Ia secara keseluruhan bermain dalam 14 pertandingan UCL selama dilatih Guardiola di Barcelona selama usianya belum mencapai 20 tahun.

Baca Juga: Ironi Format Baru UCL, Malah Tiru Super League yang Mereka Tolak

2. Phil Foden mengoleksi sebelas penampilan di UCL kala usianya masih remaja

Phil Foden (premierleague.com)

Phil Foden menjadi salah satu pemain akademi Manchester City terbaik yang pernah diorbitkan Pep Guardiola. Ia bermain di UCL untuk pertama kalinya ketika menjadi pemain pengganti kala Manchester City menang 1-0 atas Feyenoord pada babak grup 2017/2018. Foden baru tampil penuh selama 90 menit kala The Citizens kalah 1-2 dari Shakhtar Donetsk pada laga keenam babak grup UCL 2017/2018. Usia Foden saat itu masih berusia 17 tahun.

Foden terakhir kali tampil di UCL dengan status remaja ketika Manchester Cyty menang 4-1 atas Dinamo Zagreb pada fase grup UCL 2019/2020. Ia menorehkan masing-masing satu gol dan assist dalam pertandingan tersebut. Foden mengoleksi total sebelas penampilan UCL di usia remaja selama dilatih Guaridola.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya