TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Rekor Penampilan Manuel Neuer di Timnas Jerman

Penampilannya terbukti konsisten

Manuel Neuer (uefa.com)

Intinya Sih...

  • Manuel Neuer mundur sebagai kiper Timnas Jerman pada usia 38 tahun setelah 15 tahun bermain untuk Der Panzer.
  • Neuer mencatat 124 penampilan dan berhasil menjaga gawang dengan baik, meskipun sempat absen akibat cedera.
  • Neuer menorehkan prestasi apik di Piala Dunia dan Euro, serta menjadi kiper Jerman dengan penampilan terbanyak di kedua turnamen tersebut.

Manuel Neuer secara resmi mundur sebagai kiper Timnas Jerman pada 21 Agustus 2024. Melalui unggahan di media sosialnya, pemain berusia 38 tahun itu mengatakan bangga telah mengabdi untuk Der Panzer selama 15 tahun dan melewati berbagai fase naik-turun. Neuer mengatakan momen terbaiknya ketika menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Neuer telah membuktikan konsistensi penampilannya sejak debutnya dalam laga uji coba melawan Uni Emirat Arab pada Juni 2009. Posisinya sebagai kiper nomor satu tidak tergantikan selama kondisi fisiknya dalam keadaan bugar. Neuer berhasil menciptakan berbagai macam rekor selama membela Timnas Jerman. Salah satunya catatan apik soal jumlah penampilannya.

Setidaknya, Manuel Neuer berhasil mengukir tiga rekor penampilan selama 15 tahun bermain untuk Timnas Jerman.

1. Kiper Jerman dengan koleksi penampilan terbanyak

Manuel Neuer (dfb.de)

Manuel Neuer berhasil mengoleksi 124 penampilan sejak debut pada Juni 2009. Ia berhasil menorehkan 51 nirbobol dan kebobolan 118 gol. Penampilan Neuer mulai mendapat sorotan ketika tampil apik pada Piala Dunia 2010. Ia tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol dari fase grup sampai semifinal.

Neuer sempat beberapa kali absen lama dari Timnas Jerman setelah mengalami cedera. Ia pernah melewatkan 19 pertandingan akibat menderita cedera metatarsal pada periode November 2016--Maret 2018. Neuer juga diragukan untuk tampil di Euro 2024 setelah menjalani perawatan usai kecelakaan saat bermain ski pada awal 2023.

Baca Juga: 5 Kiper yang Pensiun Membela Negaranya pada 2024, Manuel Neuer Terbaru

2. Pemain Jerman yang paling sering tampil di Euro

Manuel Neuer (dfb.de)

Neuer pertama kali tampil di Euro pada edisi 2012. Ia menorehkan clean sheet ketika Jerman menang 1-0 atas Portugal dalam laga pertama pada fase grup. Namun, pertandingan tersebut menjadi satu-satunya momen Neuer mencatat nirbobol pada Euro 2012. Sebab, ia selalu kebobolan dari laga menghadapi Belanda di laga kedua fase grup sampai melawan Italia pada semifinal.

Sayangnya, Neuer belum pernah merasakan laga final Euro sepanjang kariernya. Pencapaian terbaik hanya membawa Der Panzer sampai semifinal pada edisi 2012 dan 2016. Ia terakhir bermain di Euro pada edisi 2024. Neuer menampilkan performa solid di bawah mistar Jerman selama turnamen berlangsung. Ia mencatat 2 nirbobol dan 5 kebobolan dalam 5 pertandingan. Langkah Jerman terhenti ketika kalah 1-2 dari Spanyol pada perempat final.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya