TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jamie Bynoe-Gittens, Wonderkid Dortmund yang Siap Lampaui Jadon Sancho

Pemain muda Dortmund yang memiliki prospek cerah

Jamie Bynoe-Gittens (bvb.de)

Borussia Dortmund dan Timnas Inggris memiliki wonderkid baru yang siap membuat gebrakan di sepak bola Eropa. Ia adalah Jamie Bynoe-Gittens yang sukses mencetak gol pertamanya di Liga Champions Eropa ketika Borussia Dortmund mengalahkan AC Milan 3-1 pada 28 November 2023. Penampilan impresif Bynoe-Gittens dalam laga tersebut mampu menyita perhatian media dan fans.

Pasalnya, belum banyak yang mengenal sosok Bynoe-Gittens. Ia tidak terlalu disorot selama membela Borussia Dortmund, baik di Bundesliga maupun Liga Champions Eropa. Berikut tiga fakta seputar Bynoe-Gittens.

1. Mengawali langkahnya bersama akademi Reading dan Manchester City

Jamie Bynoe-Gittens (mancity.com)

Jamie Bynoe-Gittens lahir di London pada 8 Agustus 2004. Ia memulai perjalanannya di dunia sepak bola bersama akademi Reading sejak usianya 7 tahun pada 2011. Bynoe-Gittens menimba ilmu sepak bola di Reading sampai level U-14. Ia lalu memutuskan pindah kepada akademi Manchester City pada Juli 2018.

Bynoe-Gittens memiliki potensi sebagai salah satu gelandang serang yang cukup menjanjikan. Ia punya kecepatan lari kencang, ketenangan dalam mengontrol bola, dan memanfaatkan ruang sempit untuk membuat peluang mencetak gol. Bynoe-Gittens memiliki kaki yang sama bagusnya, baik kanan maupun kiri sehingga cukup fleksibel bermain di beberapa posisi lini tengah.

2. Mengikuti jejak Jadon Sancho yang pindah ke Borussia Dortmund

Jamie Bynoe-Gittens (bundesliga.com)

Bynoe-Gittens mengambil langkah yang sama dengan Jadon Sancho. Ia memutuskan pindah dari akademi Manchester City ke Borussia Dortmund saat usianya 18 tahun pada September 2020. Sayangnya, Bynoe-Gittens bergabung dengan Dortmund saat pandemi covid-19. Ia harus absen dalam beberapa pertandingan ketika angka penularan Covid-19 sedang tinggi di Jerman.

Bynoe-Gittens sempat masuk ke dalam skuad utama Dortmund ketika pramusim 2021/2022. Akan tetapi, ia mengalami cedera dan harus absen sampai November 2021. Bynoe-Gittens lalu bermain untuk Borussia Dortmund U-18 setelah pulih.

Bynoe-Gittens menampilkan performa luar biasa ketika mencetak 6 gol dalam 5 pertandingan UEFA Youth League U-19 pada 2021/2022. Manajer Dortmund saat itu, Marco Rose, terkesan dengan performa sang pemain sehingga memanggilnya untuk bermain di tim utama. Bynoe-Gittens akhirnya menjalani debut di Bundesliga saat Dortmund menang 6-1 atas VFL Wolfsburg.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya