TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pertandingan Chelsea vs Liverpool yang Berakhir Adu Penalti

Chelsea selalu kalah

Liverpool juara Piala FA 2021/2022 usai menang adu penalti atas Chelsea. (liverpoolfc.com)

Rivalitas Chelsea dan Liverpool terbilang cukup unik. Kedua tim sama-sama Big Six English Premier League dan kerap berada di papan atas. Namun, Chelsea dan Liverpool jarang bersaing ketat dalam perebutan gelar juara EPL. Chelsea juga tidak seperti Manchester United atau Manchester City yang memiliki sejarah rivalitas yang besar dengan Liverpool di kasta tertinggi Liga Inggris.

Chelsea dan Liverpool justru punya persaingan yang cukup panas di kompetisi antarklub Eropa dan piala domestik, seperti Piala FA dan Piala Liga Inggris. Pertandingan Chelsea dan Liverpool bahkan berjalan dramatis sampai ke babak adu penalti. Berikut empat pertandingan Chelsea vs Liverpool yang berakhir adu penalti.

1. Liverpool melaju ke final UCL setelah menang adu penalti kontra Chelsea pada 2006/2007

Steven Gerrard (kiri) berhadapan dengan Michael Ballack (kanan). (uefa.com)

Pertandingan Chelsea vs Liverpool di semifinal Liga Champions Eropa (UCL) berakhir dengan kontroversi pada 2004/2005. Liverpool melaju ke babak final setelah menang dengan agregat 1-0 lewat gol kontroversial Luis Garcia. Kedua tim bertemu kembali di ajang dan babak yang sama pada 2006/2007.

Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu pada leg pertama menang 1-0 atas Liverpool lewat gol Joe Cole. The Reds gantian menang 1-0 pada leg kedua melalui gol Daniel Agger. Situasi agregat 1-1 memaksa pertandingan berjalan sampai ke babak tambahan. Skor yang tidak berubah akhirnya membuat pertandingan harus diselesaikan dengan adu penalti.

Liverpool berhasil unggul atas Chelsea dalam drama adu penalti ini dengan skor 5-1. Arjen Robben dan Njitap Geremi gagal menuntaskan tugasnya sebagai penendang penalti. The Reds melaju ke babak final UCL pada 2006/2007. Sayangnya, mereka kalah atas AC Milan 1-2 setelah Filippo Inzaghi mencetak dua gol pada babak final.

2. Liverpool juara Piala Super Eropa 2019 setelah menang adu penalti versus Chelsea

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Chelsea. (uefa.com)

Liverpool yang berstatus sebagai juara Liga Champions Eropa 2018/2019 bertemu dengan Chelsea sang juara Liga Europa 2018/2019 di Piala Super Eropa 2019. Pertandingan tersebut berlangsung di Tupras Stadyumu, Turki, pada 14 Agustus 2019. Pertandingan berjalan cukup sengit dan seimbang antara kedua klub tersebut.

Chelsea unggul terlebih dahulu melalui Olivier Giroud pada babak pertama menit ke-36. Liverpool kemudian berbalik unggul setelah Sadio Mane mencetak gol pada babak kedua menit ke-48 dan babak tambahan pertama pada menit ke-95. The Blues lalu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Jorgniho pada menit ke-101. Skor 2-2 bertahan sampai babak tambahan kedua selesai. Pertandingan pun harus diselesaikan lewat adu penalti.

Para pemain Chelsea dan Liverpool berhasil mengeksekusi penalti dengan sempurna, kecuali Tammy Abraham. Sepakannya berhasil ditepis kiper Liverpool, Adrian. The Reds akhirnya memenangkan adu penalti dengan skor 7-6 dan menjuarai Piala Super Eropa 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Sudah Mencetak 10 Gol pada 2023/2024

3. Liverpool menaklukan Chelsea melalui adu penalti dan menjadi juara Piala Liga 2021/2022

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan Piala Liga 2021/2022. (liverpoolfc.com)

Chelsea dan Liverpool bertemu pada babak final Piala Liga 2021/2022. Keduanya diprediksi akan tampi ketat sampai akhir pertandingan. Prediksi itu terbukti tepat setelah Chelsea dan Liverpool harus melalui adu penalti.

Adu penalti berjalan sangat sengit sampai semua pemain sukses mengeksekusi tendangan penalti. Saat penjaga gawang bergiliran mengambil tugas sebagai penendang penalti, kiper muda Liverpool, Caoimhin Kelleher, berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Sedangkan, tendangan Kepa Arrizabalaga malah melengkung ke atas pagar laut itu. Kemenangan 7-6 berhasil meloloskan para pemain Liverpool ke podium juara.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya