TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perjalanan Cristiano Ronaldo Mencetak 900 Gol di Laga Kompetitif

Messi belum mampu melampauinya

Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Cristiano Ronaldo kembali menorehkan rekor mentereng terkait capaian golnya. Ia berhasil mencetak gol yang ke-900 dalam kariernya sebagai pesepak bola di laga kompetitif. Ronaldo melakukannya ketika mencetak gol pembuka dalam kemenangan Portugal 2-1 atas Kroasia di laga pertama Nations League pada 6 September 2024.

Ia bahkan menambah jumlah golnya menjadi 901 kala menjadi pahlawan kemenangan Portugal 2-1 atas Skotlandia di laga kedua Nations League 2024/2025 pada 8 September 2024. Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu menorehkan 900 gol sebagai pesepak bola dalam pertandingan resmi. Rekor ini bahkan belum bisa ditorehkan pemain manapun termasuk Lionel Messi.

Bagaimana perjalanan Cristiano Ronaldo mencetak 900 gol di laga kompetitif sebagai pesepak bola? Berikut perjalanan luar biasa CR7.

1. Koleksinya di Sporting Lisbon hanya lima gol

Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Cristiano Ronaldo mengawali kiprahnya sebagai pesepak bola dari Sporting Lisbon. Ia merintis kariernya dari level Sporting Lisbon U-15, U-17, dan U-19. Ronaldo baru dipromosikan ke tim utama pada 2002/2003.

Ia kala itu masih berusia 17 tahun. Ronaldo mampu menunjukkan penampilan impresif dengan menorehkan 5 gol dalam 31 pertandingan. Performanya melawan Manchester United di pra musim membuat Sir Alex Ferguson terkesan. Ia akhirnya hengkang ke Manchester United pada musim panas 2003.

2. Mencetak 145 gol selama membela MU dalam dua periode

Cristiano Ronaldo (x.com/premierleague)

Cristiano Ronaldo mulai dikenal publik sepak bola dunia ketika membela Manchester United pada periode pertamanya 2003--2009. Ia kerap kali menunjukkan kemampuan dribel dan melewati lawan dengan kecepatannya sebagai penyerang sayap kanan. Ronaldo perlahan mengembangkan insting mencetak golnya selama berseragam Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Ia turut membawa MU meraih gelar juara English Premier League dalam 3 musim beruntun pada 2006/2007--2008/2009 plus memenangkan Liga Champions Eropa 2007/2008. Ronaldo juga meraih penghargaan Ballon d'Or pertamanya saat masih berstatus pemain Manchester United pada 2008. Ia kemudian kembali membela MU pada periode keduanya Juli 2021--Desember 2022. Ronaldo mencetak total 145 gol dalam 346 penampilan untuk Manchester United.

3. Memegang rekor top skor sepanjang masa Real Madrid dengan total 450 gol

Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Karier Ronaldo makin bersinar selama membela Real Madrid pada periode 2009--2018. Ia memenangkan berbagai gelar juara bergengsi serta memecahkan segudang rekor selama berseragam Los Blancos. Ronaldo menorehkan total 450 gol dalam 438 pertandingan di semua kompetisi.

Ia masih memegang rekor sebagai top skor sepanjang masa Real Madrid. Ronaldo menjuarai Liga Champions Eropa 4 kali, LaLiga Spanyol 2 kali, dan Piala Dunia Antarklub 4 kali. Ia juga mendapat penghargaan Ballon d'Or sebanyak 4 kali selama membela Real Madrid.

Baca Juga: Ketika Messi dan Ronaldo Gak Masuk Nominasi Ballon d'Or

4. Menorehkan 101 gol untuk Juventus

Cristiano Ronaldo (juventus.com)

Cristiano Ronaldo membuat kejutan ketika memutuskan meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2018. Ia memilih bermain di Serie A Italia setelah bergabung dengan Juventus. Ronaldo kala itu disebut-sebut telah mengalami kemunduran dalam kariernya.

Namun, ia membuktikan anggapan itu salah. CR7 mampu menciptakan total 101 gol dalam 134 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga mempersembahkan 2 gelar juara Serie A Italia dan 1 Coppa Italia selama membela Juventus pada 2018--2021.

5. Masih tampil tajam dengan sejauh ini mengoleksi 62 gol untuk Al-Nassr

Cristiano Ronaldo (spl.com.sa)

Cristiano Ronaldo kembali menghebohkan publik sepak bola dunia. Ia dan Manchester United memutuskan menghentikan kerja sama pada Desember 2022. Ronaldo kemudian menerima tawaran untuk bergabung dengan Al-Nassr pada Januari 2023.

Keputusan tersebut terbilang mengejutkan mengingat nama besarnya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Karier Ronaldo kali ini benar-benar dianggap telah habis. Namun, ketajaman CR7 masih tetap apik dengan sejauh ini mencetak 62 gol untuk Al-Nassr di semua kompetisi.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya