TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Timnas Brasil, Ada Endrick!

Rata-rata sukses menjadi pemain bintang

Endrick (instagram.com/endrick)

Brasil menjadi salah satu negara yang paling konsisten melahirkan pesepak bola hebat dari masa ke masa. Mereka dikenal sebagai negara penghasil pemain bola terbesar di dunia sampai 2024. Beberapa di antaranya berhasil menjadi bintang dunia, seperti Ronaldinho, Kaka, Neymar, sampai Vinicius Jr.

Salah satu keunggulan sepak bola Brasil adalah mampu menghasilkan penyerang papan atas di setiap generasinya. Sebagian dari mereka mampu mengukir rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Timnas Brasil. Berikut empat penyerang yang sukses menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Timnas Brasil.

1. Pele mencetak gol dalam laga debutnya saat berusia 16 tahun 8 bulan 14 hari

Pele (fifa.com)

Pele merupakan pemain binaan akademi Santos. Sang pemain langsung membuat sensasi bersama Timnas Brasil ketika melakoni debutnya pada 7 Juli 1957. Ia kala itu masuk dalam skuad senior Selecao untuk menghadapi Argentina di pertandingan persahabatan. Pele memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Manajer Timnas Brasil saat itu, Sylvio Pirillo, memasukan Pele pada babak kedua. Sang pemain langsung membuat gebrakan dengan mencetak gol pada menit ke-76. Pele berhasil mengukir dua rekor dalam pertandingan ini. Ia menjadi pemain termuda yang melakoni debut dan mencetak gol bagi Timnas Brasil. Usia Pele kala itu masih 16 tahun 8 bulan 14 hari.

2. Edu menorehkan gol perdananya saat usianya 16 tahun 10 bulan 2 hari

Edu (santosfc.com.br)

Sama seperti Pele, Edu juga mengawali karier sepak bolanya bersama Santos pada Januari 1966. Ketajamannya di depan gawang dengan didukung kecepatan serta skill olah bola ciamik membuatnya mendapat panggilan dari Timnas Brasil. Edu langsung diturunkan sebagai starter saat menghadapi Polandia dalam pertandingan persahabatan pada 6 Juni 1966.

Ia baru menorehkan gol pertamanya saat menjalani pertandingan keduanya bersama Timnas Brasil. Edu merobek gawang Peru dalam laga uji coba pada 8 Juni 1966. Ia kala itu baru berusia 16 tahun 10 bulan 2 hari.

Baca Juga: FIFA Minta Semua Negara Pakai Nama Pele di Stadionnya

3. Ronaldo pertama kali mencetak gol ketika berusia 17 tahun 7 bulan 12 hari

Ronaldo Nazario (fifa.com)

Bakat Ronaldo telah terlihat ketika masih membela Cruzeiro pada 1993/1994. Ia melakoni debutnya bersama Timnas Brasil ketika melawan Timnas Argentina pada pertandingan persahabatan 24 Maret 1994. Ronaldo saat itu tidak mencetak gol dan hanya bermain selama 10 menit.

Ia baru menorehkan gol perdananya ketika menghadapi Eslandia pada laga uji coba 4 Mei 1994. Hebatnya lagi, Ronaldo tidak hanya mencetak gol, tetapi juga satu assist dalam kemenangan 3-0 kontra Eslandia. Usianya kala itu baru 17 tahun 7 bulan 12 hari.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya