TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Prancis yang Cetak Brace dalam Debutnya di Liga Champions

Langkah brilian dalam karier mereka

Michael Olise (uefa.com)

Sebagian pesepak bola muda potensial dari Prancis pernah menorehkan rekor apik kala melakoni debut di Liga Champions Eropa (UCL). Salah satunya mencetak brace untuk pertama kalinya. Aksi para talenta muda Prancis ini berhasil mengantarkan klubnya meraih kemenangan dalam laga UCL pada awal musim.

Uniknya, tidak ada nama-nama striker papan atas Prancis, seperti Karim Benzema, Olivier Giroud, atau Kylian Mbappe, dalam daftar pemain yang menorehkan brace saat debut di UCL. Hanya tiga pemain ini yang mampu mengukir catatan apik tersebut.

1. Thomas Deniaud menorehkan brace ke gawang Rangers di Liga Champions 1996/1997

Thomas Deniaud (hac-foot.com)

Tidak banyak yang mengenal nama Thomas Deniaud. Ia menghabiskan seluruh kariernya dengan membela klub-klub Prancis, seperti AJ Auxerre, Angers, Le Havre, dan Clermont Foot. Deniaud tidak pernah menjalani karier sebagai pemain di luar Prancis. Meski begitu, ia pernah tampil di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa bersama AJ Auxerre. Deniaud melakoni debutnya di Liga Champions pada 1996/1997.

Ia bermain sebagai starter ketika Auxerre menghadapi Rangers pada fase grup. Deniaud berhasil memecah kebuntuan Auxerre melalui golnya pada menit ke-55. Ia juga menggandakan keunggulan 2-0 kala menorehkan gol keduanya pada menit ke-69. Paul Gascoigne sempat mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan Rangers menjadi 1-2. Namun, Auxerre berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 atas Rangers sampai akhir laga.

Baca Juga: 4 Kiper Arsenal yang Pernah Menepis Sepakan Penalti di UCL

2. Thierry Henry menorehkan brace dan satu assist di laga debut Liga Champions pada 1997/1998

Thierry Henry (asmonaco.com)

Thierry Henry dikenal sebagai legenda Arsenal dan salah satu penyerang papan atas Barcelona. Ia pernah dua kali mencapai final Liga Champions ketika menjadi runner-up bersama Arsenal pada 2005/2006 dan menjuarainya bersama Barcelona pada 2008/2009. Namun, sebelum mencapai puncak kariernya bersama Arsenal dan Barcelona, Henry mengawali perjalanannya sebagai pesepak bola kala promosi dari akademi ke tim utama AS Monaco pada Agustus 1994. Manajer Monaco kala itu, Arsene Wenger, memercayai Henry sebagai starter di lini depan.

Ia kemudian tampil untuk pertama kalinya di Liga Champions saat AS Monaco menghadapi Bayer Leverkusen pada fase grup 1997/1998. Henry diberi kepercayaan oleh manajer Monaco kala itu, Jean Tigana, berduet dengan David Trezeguet sejak menit pertama. Ia berhasil mencetak dua gol pada menit ke-30 dan 84. Ditambah lagi, Henry menjadi kreator serangan bagi gol yang dicetak Victor Ikpeba pada menit ke-73. AS Monaco berhasil menang 4-0 atas Bayer Leverkusen.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya