TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Bayern Muenchen

Ada yang juara Liga Champions

Noussair Mazraoui (fcbayern.com)

Manchester United dan Bayern Muenchen merupakan klub besar di liganya masing-masing. Mereka beberapa kali bertukar pemain, baik sebagai pinjaman maupun pembelian permanen. Uniknya, Manchester United selalu menjadi pihak yang membeli pemain Bayern Muenchen. Sementara itu, Die Rotten tidak pernah merekrut satu pun pemain dari The Red Devils.

Pemain Manchester United yang dibeli dari Bayern Muenchen itu umumnya berbiaya besar. Siapa saja mereka? Coba simak nama-nama pemain itu di bawah ini!

1. Owen Hargreaves ditebus Manchester United dengan harga 25 juta euro pada 2007

Owen Hargreaves (manutd.com)

Owen Hargreaves merupakan salah satu pemain Inggris yang mengawali kariernya di luar negeri. Ia merupakan jebolan akademi Bayern Muenchen yang membela tim senior pada 2000--2007. Hargreaves turut berkontribusi dalam pencapaian Bayern Muenchen meraih 4 gelar juara Bundesliga Jerman, 3 gelar juara DFB Pokal, dan 1 gelar juara Liga Champions Eropa. Secara keseluruhan, ia bermain dalam 218 pertandingan dengan catatan 10 gol dan 26 assist di semua kompetisi.

Ia baru memulai kiprahnya di sepak bola Inggris ketika dibeli Manchester United seharga 25 juta euro atau Rp434 miliar pada musim panas 2007. Hargreaves bermain cukup apik ketika mengantarkan The Red Devils menjuarai English Premier League (EPL) dan Liga Champions 2007/2008. Sayangnya, ia mengalami cedera tendon cukup parah sehingga absen lama pada 2008/2009 dan 2009/2010. Hargreaves sendiri menorehkan total 39 penampilan dengan mencetak 2 gol dan assist di semua kompetisi bersama MU.

2. Bastian Schweinsteiger pindah ke Manchester United dengan harga 9 juta euro pada 2015

Bastian Schweinsteiger (manutd.com)

Bastian Schweinsteiger telah dianggap sebagai legenda Bayern Muenchen dan Timnas Jerman. Ia berhasil membawa Bayern Muenchen meraih gelar juara Bundesliga 8 kali, DFB Pokal 7 kali, dan Liga Champions 1 kali. Schweinsteiger juga menjadi bagian dari Timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014.

Ia akhirnya memutuskan meninggalkan Bayern Muenchen dan bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2015. Schweinsteiger ditebus dengan harga yang cukup murah, sebesar 9 juta euro atau Rp156 miliar. Ia menjalani musim debutnya dengan baik lewat catatan 2 gol dan assist dari 31 pertandingan serta menjuarai Piala FA 2015/2016. Sayangnya, Schweinsteiger tidak masuk rencana manajer baru MU kala itu, Jose Mourinho, sehingga memilih hengkang ke Chicago Fire pada Januari 2017.

Baca Juga: 4 Pemain Manchester United yang Cedera pada Pramusim 2024/2025

3. Matthijs de Ligt hengkang ke Manchester United dengan harga 50 juta euro pada 2024

Matthijs de Ligt (fcbayern.com)

Matthijs de Ligt bergabung dengan Bayern Muenchen dari Juventus pada musim panas 2022. Ia menorehkan total 73 penampilan dengan catatan 5 gol dan 2 assist di semua kompetisi pada 2022--2024. Sayangnya, penampilan De Ligt tidak konsisten. Ia juga beberapa kali absen karena cedera.

Manchester United yang membutuhkan bek tengah baru kabarnya terus mendekati De Ligt pada musim panas 2024. Menurut jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, The Red Devils akhirnya mencapai kesepakatan dengan Bayern Muenchen terkait transfer De Ligt. MU akan membayar 50 juta euro atau Rp868 miliar kepada Bayern Muenchen untuk mendatangkan pemain asal Belanda itu.

 

4. Manchester United menebus Noussair Mazraoui dengan harga 20 juta euro pada 2024

Noussair Mazraoui (bundesliga.com)

Selain De Ligt, Manchester United juga akan merekrut bek kanan Bayern Muenchen, Noussair Mazraoui, pada bursa transfer musim panas 2024. Menurut Fabrizio Romano, pemain asal Maroko itu bisa ditebus dengan harga 20 juta euro atau Rp347 miliar. Mazaraoui nantinya bereuni dengan manajer yang mengorbitkannya di Ajax Amsterdam, Erik ten Hag.

Mazraoui kerap kali kesulitan bersaing untuk mendapatkan tempat di starting line-up Bayern Muenchen selama 2 musim terakhir. Ia tampil dalam 55 laga dengan torehan 1 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Meski begitu, Mazaraoui berhasil menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal 2022/2023.

Dari empat pemain Bayern Muenchen yang dibeli Manchester United, Schweinsteiger dan Hargreaves cukup impresif pada musim perdana. Keduanya berhasil meraih gelar juara bergengsi, seperti gelar juara Premier League, Liga Champions, dan Piala FA. Namun, Hargreaves dan Schweinsteiger mengalami nasib buruk memasuki musim kedua di MU. Hal tersebut bisa menjadi catatan bagi De Ligt dan Mazraoui yang segera bergabung dengan The Red Devils pada musim panas 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester City

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya