TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Liverpool dengan Keterlibatan Gol Tertinggi sejak 2016/2017

Ada satu pemain berposisi bek kanan

Trent Alexander-Arnold (premierleague.com)

Liverpool mengalami perubahan besar sejak Juergen Klopp datang pada Oktober 2015. Beberapa pemain baru dan akademi yang bermain di tim utama mampu tampil produktif dengan menorehkan rekor keterlibatan gol atau total gol dan assist sejak 2016/2017.

Catatan apik tersebut makin bertambah meski pelatih Liverpool telah berganti dari Klopp ke Arne Slot pada musim panas 2024. Tercatat, empat pemain Liverpool berikut memiliki koleksi keterlibatan gol tertinggi sejak 2016/2017.

1. Mohamed Salah menorehkan 308 keterlibatan gol

Mohamed Salah (premierleague.com)

Mohamed Salah menjadi salah satu pemain penting di lini depan Liverpool. Meski posisinya sebagai penyerang sayap, tetapi ia sudah tiga kali mendapat penghargaan top skor English Premier League (EPL). Salah tidak hanya piawai dalam menciptakan gol, tetapi juga mampu menciptakan peluang bagi rekan-rekannya.

Ia tercatat memiliki 308 keterlibatan gol dengan rincian 216 gol dan 92 assist sejak kedatangannya pada musim panas 2017. Salah terakhir kali menciptakan gol dan assist ketika Liverpool menang 3-0 atas Manchester United di Old Trafford pada pekan ketiga EPL 2024/2025. Ia memberikan dua assist kepada Luis Diaz dan mencetak satu gol pada babak kedua.

2. Roberto Firmino menciptakan 162 keterlibatan gol selama membela Liverpool

Roberto Firmino (uefa.com)

Roberto Firmino memasuki puncak kariernya ketika berseragam Liverpool pada 2015--2023. Pemain asal Brasil itu termasuk penyerang serbabisa yang dapat bermain di posisi striker, penyerang false nine, penyerang sayap, dan gelandang serang. Selain itu, Firmino punya kelebihan yang tidak banyak dimiliki penyerang-penyerang lainnya di EPL.

Ia bisa berperan sebagai defensive striker dengan memberikan tekanan kepada bek-bek lawan. Lewat kemampuannya itu, Firmino sering kali menciptakan peluang untuk mencetak gol atau memberikan assist kepada rekan-rekannya. Ia menorehkan 162 keterlibatan gol yang berasal dari 100 gol dan 62 assist selama berseragam Liverpool.

Baca Juga: Roberto Firmino Tak Jadi Pergi, Putuskan Bertahan di Al Ahli 

3. Sadio Mane mencetak 157 keterlibatan gol ketika berseragam Liverpool

Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Sadio Mane mengalami perkembangan pesat dalam permainannya sejak bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2016. Kecepatan serta insting dalam mencetak gol sebagai penyerang sayap membuat lini depan Liverpool makin berbahaya. Terlebih lagi, Mane makin tajam setelah Klopp memainkannya bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino selama 5 tahun pada 2017--2022.

Mane mengoleksi 157 keterlibatan gol dengan rincian 120 gol dan 37 assist di semua kompetisi selama 6 tahun membela Liverpool pada 2016--2022. Ia bersama Salah menjadi top skor EPL dengan total mencetak 22 gol pada 2018/2019. Mane hengkang dari Liverpool setelah kontraknya habis pada musim panas 2022.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya