TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Juventus yang Pernah Dibeli Liverpool, Chiesa Terbaru!

Ada juga legenda Liverpool

Federico Chiesa (juventus.com)

Liverpool dan Juventus merupakan klub besar Eropa dengan kekayaan sejarah dan prestasi. Kedua klub memiliki koneksi cukup unik setelah tragedi stadion Heysel pada Mei 1985. Selain itu, Liverpool dan Juventus beberapa kali melakukan transaksi pertukaran pemain.

Misalnya, Emre Can yang dilepas secara gratis dari Liverpool ke Juventus atau peminjaman Arthur Melo dari Juventus ke Liverpool. Di sisi lain, Liverpool pernah membeli tiga pemain Juventus pada bursa transfer musim panas. Berikut ketiga pemain tersebut.

1. Ian Rush melegenda di Liverpool, tetapi gagal total di Juventus

Ian Rush (liverpoolfc.com)

Ian Rush dikenal sebagai legenda Liverpool dengan segudang rekor dan prestasi. Namun, ia ternyata pernah menjalani karier yang tidak begitu sukses bersama Juventus. Rush terlebih dahulu membela Liverpool selama 6 tahun pada periode pertamanya 1980--1986.

Ia secara konsisten mencetak dua digit gol di Liga Inggris yang masih menggunakan format First Division. Rush bahkan pernah dua kali mencetak 32 gol dari 41 laga First Division pada 1983/1984. Ketajamannya membuat Juventus tertarik untuk mendatangkannya pada musim panas 1986.

Klub berjuluk La Vecchia Signora itu membeli Rush dari Liverpool dengan harga 5 juta euro atau Rp85 miliar. Juventus memutuskan meminjamkan Rush terlebih dahulu kepada Liverpool selama setahun pada 1986/1987. Ia berhasil menorehkan 30 gol dalam 42 laga First Division pada musim tersebut. Sayangnya, Rush gagal menampilkan ketajamannya ketika kembali dari masa peminjaman ke Juventus pada 1987/1988. Ia hanya mencetak 7 gol dalam 29 pertandingan Serie A Italia.

Kariernya terselamatkan setelah Liverpool membelinya kembali dari Juventus pada musim panas 1988. The Reds menebus pemain asal Wales itu sebesar 3 juta euro atau Rp51 miliar. Rush sukses mengembalikan ketajamannya dalam periode keduanya bersama Liverpool pada 1988--1996. Ia total mengoleksi 339 gol dalam 653 penampikan di semua kompetisi bersama The Reds.

2. Christian Poulsen gagal menampilkan performa terbaiknya di Liverpool

Christian Poulsen (kiri) (uefa.com)

Christian Poulsen membela Juventus selama 2 tahun pada 2008--2010. Namun, performanya sebagai gelandang sentral tidak begitu impresif. Poulsen hanya berkontribusi 1 gol dan 3 assist dalam 60 penampilan di semua kompetisi.

Alhasil, ia dijual kepada Liverpool yang kala itu mencari pengganti Javier Mascherano. The Reds menebusnya dengan harga 5,48 juta euro atau Rp94 miliar pada musim panas 2010. Poulsen kembali gagal menampilkan permainan terbaiknya selama di Liverpool. Ia hanya bermain dalam 21 pertandingan tanpa mencetak gol maupun assist. Liverpool memutuskan melepas Poulsen secara gratis kepada Evian pada musim panas 2011.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya