TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain EPL dengan Koleksi Assist Tertinggi sejak Oktober 2016

Mereka pemain penting bagi klub

Trent Alexander-Arnold (liverpoolfc.com)

Sebagian bintang English Premier League (EPL) memiliki catatan menarik dalam perolehan assist. Pemain EPL itu tercatat memiliki jumlah assist terbanyak di semua kompetisi sejak Oktober 2016. Kehadiran mereka pun begitu penting bagi klub masing-masing karena berperan besar di balik terciptanya gol. Inilah tiga pemain EPL yang menorehkan rekor apik tersebut.

1. Kevin De Bruyne memiliki 146 assist sejak Oktober 2016

Kevin De Bruyne (x.com/ManCity)

Kevin De Bruyne memasuki masa-masa terbaik dalam kariernya ketika menerima tawaran bergabung dari Manchester City pada musim panas 2015. Ia menjelma sebagai seorang gelandang kreatif dengan kemampuan komplet. De Bruyne punya visi bermain dalam mengatur serangan tim dan insting mencetak gol yang tinggi. Salah satu kemampuan yang paling menonjol dari pemain asal Belgia ini adalah menciptakan peluang dan memberikan assist.

Menurut Opta, De Bruyne mengoleksi 146 assist di semua kompetisi terhitung sejak Oktober 2016. Pengaruh manajer Manchester City, Pep Guardiola, dalam perkembangan kariernya begitu besar. Sebab, De Bruyne menjadi pusat permainan penguasaan bola ala Guardiola selama melatih Manchester City. Hal tersebut membuatnya makin tajam dalam memberikan assist kepada rekan-rekannya.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Terbanyak Aston Villa di Premier League

2. Mohamed Salah sejauh ini telah menciptakan 90 assist bersama Liverpool

Mohamed Salah (premierleague.com)

Keputusan Liverpool mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma pada musim panas 2017 sempat menimbulkan keraguan di kalangan media dan fans. Sebab, ia sebelumnya gagal bersinar ketika berseragam Chelsea. Salah dinilai tidak cukup baik untuk bermain di liga sekelas Premier League meski bersinar bersama AS Roma dan Fiorentina di Serie A Italia. Ia hanya mencetak 2 gol dan 3 assist dalam 19 laga di semua kompetisi bersama Chelsea. Namun, anggapan negatif tersebut langsung direspons Salah dengan cara yang fantastis.

Ia menunjukkan kemampuannya sebagai seorang winger serbabisa. Selain punya kecepatan lari dan naluri mencetak gol yang tinggi, Salah kerap menjadi kreator bagi gol yang dicetak rekan-rekannya. Terbukti, pemain asal Mesir itu sejauh ini telah memberikan 90 assist dalam 354 penampilannya bersama Liverpool di semua kompetisi. Salah berpeluang mencapai 100 assist jika mampu menciptakan 10 assist pada 2024/2025.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya