TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Belanda yang Cetak Gol dan Assist saat Debut sebagai Starter

Rekor ini tercatat sejak 1978

Joshua Zirkzee (x.com/OnsOranje)

Timnas Belanda secara konsisten melahirkan penyerang papan atas dari generasi ke generasi. Mereka mampu menunjukkan ketajamannya dalam mencetak gol bahkan sejak debut bersama De Oranje. Namun, tidak semua dari penyerang top mampu menorehkan gol dan assist ketika diturunkan sebagai starter untuk pertama kalinya di Timnas Belanda.

Setidaknya, nama-nama mentereng, macam Ruud van Nistelrooy, Robin van Persie, dan Memphis Depay, tidak termasuk striker Belanda yang mampu mencetak gol dan assist dalam laga perdananya sebagai starter. Padahal, ketajaman mereka tidak perlu diragukan lagi. Hanya empat pemain ini yang tercatat mampu menorehkan gol dan assist ketika dipercaya sebagai starter untuk pertama kalinya di Timnas Belanda.

1. Klaas Jan Huntelaar menorehkan dua gol dan assist ketika debut melawan Irlandia

Klaas Jan Huntelaar (facebook.com/fifaworldcup)

Klaas Jan Huntelaar dikenal sebagai salah satu striker yang tampil apik bersama Ajax Amsterdam dan Schalke 04. Tidak hanya di level klub, pemain yang dijuluki The Hunter itu juga menampilkan ketajamannya sebagai striker utama Timnas Belanda. Ia membuktikannya sejak laga debut melawan Irlandia pada 16 Agustus 2006.

Huntelaar kala itu diturunkan sebagai starter dalam laga uji coba antara Belanda versus Irlandia. Ia didampingi Arjen Robben dan Robin van Persie yang bermain sebagai penyerang sayap. Huntelaar langsung mencetak masing-masing dua gol dan assist dalam kemenangan Belanda 4-0 atas Irlandia.

2. Bas Dost bikin satu gol dan assist dalam laga debutnya sebagai starter di Timnas Belanda

Bas Dost (belakang) (knvb.nl)

Bas Dost sejatinya sudah menunjukkan ketajamannya kala mencetak 32 gol dari 34 pertandingan Eredivise Belanda bersama SC Heerenveen pada 2011/2012. Namun, ia baru dipanggil ke Timnas Belanda ketika tampil apik bersama VfL Wolfsburg pada 2014/2015. Dost menorehkan 16 gol dalam 21 penampilannya di Bundesliga Jerman pada musim tersebut.

Ia melakoni debutnya di Timnas Belanda ketika masuk sebagai pemain pengganti kala menghadapi Turki dalam laga Kualifikasi Euro pada Maret 2015. Dost baru diturunkan sebagai starter ketika Belanda melawan Wales di laga uji coba pada November 2015. Ia sukses mencetak satu gol dan assist dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Belanda 3-2 atas Wales.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Merumput di Saudi Pro League 2024/2025

3. Vincent Janssen menjebol gawang Inggris dan bikin assist dalam laga uji coba

Vincent Janssen (onsoranje.nl)

Vincent Janssen mulai dikenal ketika mencetak 27 gol dalam 34 pertandingan di Eredivise bersama AZ Alkmaar pada 2015/2016. Berkat performa gemilangnya itu, ia mendapat panggilan ke Timnas Belanda pada Maret 2016. De Oranje kala itu melakoni laga uji coba menghadapi Prancis dan Inggris.

Janssen hanya bermain selama 9 menit kala Belanda kalah 2-3 dari Prancis. Namun, ia diturunkan sebagai starter ketika Belanda menghadapi Inggris. Janssen memberikan kontribusi penting berupa torehan satu gol dan assist dalam laga yang dimenangkan Belanda dengan skor 2-1.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya