TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Belanda yang Mencetak Gol kala Melakoni Laga UCL Ke-50

Ada satu pemain bek tengah

Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Belanda memiliki segudang pemain top yang bersinar kala berlaga di Liga Champions Eropa (UCL) bersama klub-klub besar. Sebagian dari mereka berhasil mengukir rekor yang tidak semua pemain Belanda mampu melakukannya. Salah satunya mencetak gol saat melakoni laga UCL ke-50.

Rekor ini pertama kali tercipta saat dua pemain Belanda mencetak gol di laga UCL ke-50 pada 2005. Pesepak bola Belanda selanjutnya yang menorehkan gol dalam penampilan UCL ke-50 terjadi pada 2024. Maka dari itu, rekor ini bukan sesuatu yang mudah diraih dalam waktu singkat.

Berikut tiga pemain Belanda yang berhasil mencetak gol kala mencatat 50 penampilan di UCL.

1. Roy Makaay mencetak brace kala Bayern Muenchen menang 4-0 atas Rapid Vienna

Roy Makaay (x.com/FCBayernEN)

Roy Makaay merupakan salah satu striker terbaik Belanda pada era 2000-an. Ia pernah membawa Deportivo La Coruna mengukir sejarah dengan menjuarai LaLiga Spanyol pada 1999/2000. Kariernya makin bersinar setelah pindah ke Bayern Muenchen pada Agustus 2003. Makaay secara konsisten mencetak dua digit gol tiap musimnya di semua kompetisi bersama Die Rotten. Ia berhasil menciptakan berbagai rekor apik terkait capaian golnya terutama di Liga Champions Eropa.

Salah satunya mencetak gol kala mencatat penampilan UCL ke-50. Rekor ini tercipta ketika Bayern Muenchen menjamu Rapid Vienna di Allianz Arena pada fase grup UCL 2005/2006. Makaay menorehkan brace dalam pertandingan ini. Ia berhasil memaksimalkan assist dari Bastian Schweinsteiger dan Martin Demichelis pada menit ke-72 dan 77. Bayern Muenchen sendiri memenangkan pertandingan ini dengan skor 4-0. Sementara itu, Makaay mengoleksi total 29 gol dalam 61 pertandingan di Liga Champions Eropa bersama Deportivo La Coruna dan Bayern Muenchen.

2. Ruud van Nistelrooy cetak gol kemenangan MU 2-1 atas Benfica pada UCL 2005/2006

Ruud van Nistelrooy (manutd.com)

Ruud van Nistelrooy mulai dikenal sebagai striker dengan kemampuan penyelesaian luar biasa kala membela Manchester United selama 5 tahun pada 2001--2006. Ia memang tidak pernah meraih gelar juara Liga Champions Eropa dalam kariernya. Namun, Nistelrooy tetap mengukir rekor apik selama berlaga di UCL.

Ia mampu menorehkan gol kala tampil dalam laga UCL yang ke-50. Nistelrooy saat itu memimpin lini depan Manchester United ketika menjamu Benfica di Old Trafford pada fase grup UCL 2005/2006. MU unggul terlebih dahulu melalui Ryan Giggs, tetapi dibalas oleh gelandang Benfica, Simao Sabrosa, pada menit ke-58. Nistelrooy berhasil mencetak gol kemenangan MU setelah memanfaatkan umpan Rio Ferdinand pada menit ke-84. Berkat gol tersebut, Manchester United sukses meraih kemenangan 2-1 atas Benfica.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya