TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Arsenal yang Pindah ke Fulham dalam 14 Tahun Terakhir

Salah satunya jebolan terbaik akademi Arsenal

Emile Smith Rowe (arsenal.com)

Arsenal dan Fulham cukup sering melakukan transaksi pemain, baik secara permanen maupun pinjaman. Kedua klub lebih sering terlibat dalam peminjaman ketimbang pembelian permanen. Sebut saja Cedric Soares, Calum Chambers, dan Emmanuel Frimpong yang pernah dipinjamkan kepada Fulham.

Sebagian bintang Arsenal yang kehilangan tempat di tim utama juga ada yang memilih hengkang ke Fulham. Beberapa dari mereka pindah dengan gratis, sementara lainnya memakan biaya transfer yang cukup mahal.

Berikut empat pemain Arsenal yang pindah ke Fulham dalam 14 tahun terakhir sejak 2010.

1. Philippe Senderos pindah ke Fulham secara gratis

Philippe Senderos (x.com/Arsenal)

Philippe Senderos didatangkan Arsenal dari Servette FC pada musim panas 2003. Ia dinilai sebagai pemain muda penuh potensial oleh manajer Arsenal kala itu, Arsene Wenger. Akan tetapi, Senderos tidak pernah mencapai potensi terbaiknya selama bermain untuk Arsenal.

Ia hanya tampil dalam 117 pertandingan dengan mencetak 4 gol pada periode 2003--2010. Senderos tidak pernah bermain lebih dari 20 pertandingan English Premier League (EPL). Ia sempat dipinjamkan kepada AC Milan dan Everton sebelum akhirnya dilepas secara gratis kepada Fulham pada musim panas 2010. Senderos bermain dalam 68 laga dengan torehan 2 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

2. Thomas Eisfeld hengkang ke Fulham setelah tidak pernah tampil di EPL dengan Arsenal

Thomas Eisfeld (arsenal.com)

Thomas Eisfeld didatangkan dari akademi Borussia Dortmund pada Januari 2012. Namun, kariernya bersama The Gunners tidak sesuai ekspektasi. Sebab, Eisfeld hanya dua kali tampil untuk Arsenal kala menghadapi Reading pada babak 16 besar Piala Liga Inggris pada 2012/2013 dan West Bromwich Albion pada 2013/2014. Ia tidak tampil di EPL selama membela Arsenal.

Alhasil, Arsenal menjualnya kepada Fulham pada musim panas 2014. Eisfeld kembali menghadapi kegagalan setelah hanya tampil dalam sembilan pertandingan pada paruh pertama 2014/2015. Ia akhirnya kembali ke Jerman bersama VfL Bochum pada Februari 2015.

Baca Juga: 6 Pemain Serie A yang Didatangkan Arsenal sebelum Riccardo Calafiori

3. Bernd Leno menerima tawaran Fulham setelah kehilangan tempat di Arsenal

Bernd Leno (instagram.com/berndleno1)

Bernd Leno bergabung dengan Arsenal dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2018. Ia ditebus Arsenal dengan harga 25 juta euro atau Rp439 miliar. Leno langsung menempati posisi kiper nomor satu Arsenal dan menggeser Petr Cech ke bangku cadangan.

Leno sempat mengalami cedera cukup panjang ketika menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan 30 EPL 2019/2020. Ia lalu kehilangan tempat di tim utama setelah Arsenal kalah dalam tiga laga beruntun pada awal 2021/2022. Posisi Leno digantikan Aaron Ramsdale pada musim tersebut. Ia akhirnya memutuskan pindah ke Fulham pada musim panas 2022. Leno masih menjadi kiper andalan Fulham dalam 2 musim terakhir.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya