TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Berusia 39 Tahun yang Memberikan Assist di UCL

Kemampuan mereka belum habis

Luka Modric (realmadrid.com)

Intinya Sih...

  • Ryan Giggs, pemain Manchester United, mencatatkan 45 assist di Liga Champions Eropa dengan usia 39 tahun.
  • Amedeo Carboni dari Valencia mencetak 16 assist di semua kompetisi, termasuk 5 di Liga Champions Eropa pada usia 39 tahun.
  • Luka Modric, pemain Real Madrid, memberikan assist pada usia 39 tahun dan masih aktif bermain di UCL.

Sebagian besar pesepak bola top Eropa yang sudah berusia di atas 37 tahun memilih gantung sepatu atau mencari pengalaman di negara-negara lain, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, Qatar, dan Jepang. Biasanya, kemampuan dan kebugaran fisik mereka sudah menurun sehingga sulit tampil maksimal di kompetisi dengan persaingan ketat dan intensitas tinggi seperti Liga Champions Eropa (UCL). Namun, beberapa bintang top Eropa justru masih bugar untuk bermain di UCL ketika usianya sudah melebihi 37 tahun.

Mereka bahkan mampu menorehkan assist saat usianya sudah mencapai 39 tahun. Inilah tiga pesepak bola top Eropa yang mampu mengukir rekor apik tersebut.

1. Ryan Giggs mencetak assist terakhir di UCL untuk gol Luis Nani pada 2013/2014

Ryan Giggs (uefa.com)

Ryan Giggs termasuk salah satu jebolan akademi Manchester United yang diorbitkan Sir Alex Ferguson pada 1992. Ia merupakan pemain MU yang setia dengan tidak pernah hengkang ke klub lain sepanjang kariernya. Giggs telah menorehkan berbagai rekor apik selama menjadi pesepak bola profesional. Salah satunya capaian assist di Liga Champions Eropa.

Giggs bermain dalam 145 laga dengan catatan 28 gol dan 45 assist di UCL bersama Manchester United. Torehan assist terakhirnya terjadi kala MU menang besar 5-0 atas Bayer Leverkusen pada fase grup UCL 2013/2014. Giggs kala itu memberikan umpan matang untuk gol kelima MU yang dicetak Luis Nani pada menit ke-88. Ia kala itu sudah berusia 39 tahun 363 hari. Giggs kemudian pensiun sebagai pesepak bola pada akhir 2013/2014.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Termuda Juventus di Liga Champions

2. Amedeo Carboni mencetak assist terakhir kala Vicente cetak gol pada UCL 2004/2005

Amadeo Carboni (kanan) berduel dengan Didier Drogba (kiri). (uefa.com)

Amedeo Carboni dianggap sebagai legenda Valencia. Ia menjadi bagian dari Valencia ketika meraih 2 gelar juara LaLiga, 1 trofi juara Piala UEFA, dan 1 Piala Super Eropa. Carboni tampil dalam 344 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 16 assist di semua kompetisi untuk Valencia pada 1997--2006.

Dari 16 assist itu, 5 di antaranya tercipta kala Carboni tampil dalam 43 pertandingan Liga Champions Eropa. Torehan assist pertamanya di UCL terjadi ketika Valencia seri 1-1 menghadapi PSV Eindhoven pada fase grup 1999/2000. Sementara itu, Carboni memberikan assist terakhirnya ketika Valencia kalah 1-2 dari Werder Bremen pada babak grup UCL 2004/2005. Ia kala itu menjadi kreator serangan untuk gol Vicente. Carboni saat itu sudah berusia 39 tahun 176 hari. 

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya