TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Legenda Bayern Muenchen dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

Rekor baru pecah pada 2024/2025

Thomas Mueller (fcbayern.com)

Intinya Sih...

  • Hans-Georg Schwarzenbeck bermain sebagai bek tengah selama 14 tahun di Bayern Muenchen, dengan total 416 penampilan di Bundesliga Jerman.
  • Gerd Mueller tampil dalam 427 pertandingan, mencetak 365 gol dan 98 assist, serta menjuarai Bundesliga Jerman 4 kali dan Liga Champions Eropa 3 kali.
  • Thomas Mueller berhasil memecahkan rekor Sepp Meier sebagai pemain Bayern Muenchen dengan koleksi penampilan terbanyak di Bundesliga Jerman, yakni 474 penampilan.

Bayern Muenchen dikenal sebagai klub besar Eropa yang begitu dominan di Bundesliga Jerman dengan deretan pemain bintangnya. Sebagian dari mereka mampu mengukir rekor apik selama berkarier di Bundesliga. Salah satunya pemain dengan koleksi penampilan terbanyak.

Rekor ini bukan sesuatu yang mudah dicapai. Sebab, butuh komitmen tinggi terhadap kariernya sebagai pesepak bola, menjaga kebugaran serta performa tiap musim, dan menahan godaan untuk pindah ke klub besar Eropa lainnya. Maka dari itu, rekor ini merupakan suatu pencapaian luar biasa.

Berikut lima pemain Bayern Muenchen yang tampil paling banyak di Bundesliga.

1. Hans-Georg Schwarzenbeck tampil dalam 416 laga Bundesliga Jerman

Hans-Georg Schwarzenbeck (fcbayern.com)

Hans-Georg Schwarzenbeck termasuk salah satu legenda Bayern Muenchen dengan status one man club. Artinya, ia tidak pernah membela klub lain dalam kariernya selain Bayern Muenchen. Schwarzenbeck yang berposisi sebagai bek tengah terus menjadi andalan Die Rotten selama 14 tahun pada 1966--1980.

Catatan penampilannya di Bundesliga tidak pernah kurang dari 30 pertandingan. Ia bahkan mampu mencetak 21 gol dan 10 assist. Schwarzenbeck total bermain dalam 416 penampilan di Bundesliga Jerman. Ia berhasil membawa Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga sebanyak 5 kali dan Liga Champions Eropa 3 kali.

2. Gerd Mueller mengoleksi 427 penampilan Bundesliga Jerman

Gerd Mueller (fcbayern.com)

Sama seperti Schwarzenbeck, Gerd Mueller hanya membela Bayern Muenchen sepanjang kariernya sebagai pesepak bola. Ia bahkan sudah tampil memukau sejak musim debutnya. Gerd Mueller tampil dalam 33 laga dan mencetak 14 gol di Bundesliga Jerman pada 1965/1966.

Ia selalu menjaga kualitas permainannya sebagai striker nomor 9 secara konsisten selama 14 tahun berkarier di Bundesliga Jerman. Gerd Mueller total bermain dalam 427 pertandingan serta menorehkan 365 gol dan 98 assist di Bundesliga. Ia menjuarai Bundesliga 4 kali, Liga Champions Eropa 3 kali, dan DFB Pokal 4 kali.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Bayern Muenchen dan Tottenham

3. Oliver Kahn bermain di Bundesliga Jerman sebanyak 429 kali bersama Bayern Muenchen

Oliver Kahn (fcbayern.com)

Oliver Kahn memulai kariernya sebagai penjaga gawang di Bundesliga ketika dipromosikan dari akademi ke tim utama Karlsruher SC pada musim panas 1987. Ia kemudian pindah ke Bayern Muenchen pada Juli 1994. Kahn memantapkan posisinya sebagai kiper nomor satu Jerman sejak musim debutnya pada 1994/1995.

Ia mengoleksi 429 penampilan dengan catatan 169 clean sheet. Kahn turut membantu Bayern Muenchen meraih gelar juara Bundesliga 8 kali, Liga Champions Eropa 1 kali, dan DFB Pokal 6 kali. Ia sempat menduduki jabatan CEO Bayern Muenchen, tetapi mundur pada Mei 2023.

4. Sepp Meier memiliki catatan 473 penampilan di Bundesliga Jerman

Sepp Meier (fcbayern.com)

Sebelum Oliver Kahn, Bayern Muenchen memiliki penjaga gawang hebat dalam diri Sepp Meier. Ia langsung menjadi kiper andalan Die Rotten pada musim debutnya 1965/1966. Meier secara konsisten selalu tampil dalam minimal 31 pertandingan pada periode 1965--1979.

Ia mengoleksi 473 penampilan Bundesliga sepanjang kariernya. Meier berperan besar dalam perjalanan Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga 4 kali, Liga Champions Eropa 3 kali, da DFB Pokal 4 kali. Rekor penampilan Meier di Bundesliga bertahan selama 45 tahun. Catatan ini baru dipecahkan Thomas Mueller pada 2024/2025.

5. Thomas Mueller sukses memecahkan rekor dengan 474 penampilan Bundesliga Jerman

Thomas Mueller (fcbayern.com)

Thomas Mueller merupakan produk asli akademi Bayern Muenchen. Ia selalu menjadi andalan tiap manajer yang pernah menangani Die Rotten, mulai dari Louis van Gaal, Pep Guardiola, Hansi Flick, sampai Vincent Kompany. Permainan Mueller sebagai penyerang serbabisa mampu memberikan kontribusi penting bagi Bayern Muenchen yang mendominasi Bundesliga Jerman pada medio 2013--2023.

Ia baru-baru ini berhasil memecahkan rekor Sepp Meier sebagai pemain Bayern Muenchen dengan koleksi penampilan terbanyak di Bundesliga. Mueller berhasil mengoleksi 474 penampilan dengan catatan 149 gol dan 207 assist. Ia berpotensi menambah jumlah penampilannya dengan kontraknya yang masih tersisa setahun lagi.

Kelima pemain di atas layak disebut sebagai legenda Bayern Muenchen. Mereka telah mengukir rekor luar biasa selama bermain di Bundesliga bersama Die Rotten. Rekor penampilan Mueller diprediksi bakal lama bertahan. Sebab, Sepp Meier yang sebelumnya memegang rekor ini sukses mempertahankannya selama 45 tahun.

Baca Juga: 4 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Bayern Muenchen

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya