TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kiper Arsenal yang Pernah Menepis Sepakan Penalti di UCL

Ada yang sampai melakukan double save

David Raya (uefa.com)

Intinya Sih...

  • Arsenal memiliki kiper andal dalam menghadapi penalti di UCL
  • Richard Wright menepis penalti lawan pada debutnya di UCL
  • Jens Lehmann dan Lukasz Fabianski juga tampil heroik dengan menyelamatkan Arsenal dari kekalahan

Arsenal beberapa kali memiliki kiper yang bisa diandalkan dalam mengantisipasi sepakan penalti dalam laga Liga Champions Eropa (UCL). Sebagian besar dari mereka menciptakan momen apik kala menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti lawan. Berkat aksi mereka, Arsenal selamat dari kekalahan atas lawan-lawannya.

Setidaknya, tercatat empat kiper Arsenal ini berhasil tampil heroik dengan menepis sepakan penalti dalam pertandingan UCL. Terbaru, David Raya bahkan melakukan double save heroik!

1. Richard Wright menepis penalti di UCL kala Arsenal menang 2-1 atas Panathinaikos

Richard Wright (x.com/Everton)

Richard Wright membela Arsenal hanya semusim pada 2001/2002. Ia kala itu berstatus sebagai kiper cadangan. Wright mencatat empat penampilan di Liga Champions Eropa. Namun, ia berhasil menciptakan momen heroik dalam laga debutnya di UCL ketika Arsenal menghadapi Panathinaikos pada fase grup UCL 2001/2002.

Wright kala itu terpilih sebagai kiper utama Arsenal. Ia harus menghadapi tendangan penalti dari pemain Panathinaikos, Angelo Basinas, pada menit ke-28. Wright berhasil menebak arah tendangan Basinas dan menepis bola sampai keluar kotak penalti. Arsenal kemudian mengalahkan Panathinaikos dengan skor 2-1.

Baca Juga: 4 Klub Debutan asal Inggris yang Menang di Laga UCL Pertama

2. Jens Lehmann menyelamatkan Arsenal dari kekalahan kala menghadapi Villarreal

Jens Lehmann (arsenal.com)

Arsenal menjamu Villarreal dalam laga leg kedua semifinal UCL pada 25 April 2006. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memainkan Jens Lehmann sebagai kiper utama dalam laga ini. Pemain asal Jerman itu kemudian tampil heroik sepanjang pertandingan.

Salah satu momen terbaiknya ketika ia menepis sepakan penalti Juan Roman Riquelme pada injury time babak kedua. Aksinya itu berhasil menyelamatkan Arsenal dari kekalahan dan mempertahankan skor 0-0 sampai laga usai. The Gunners berhasil lolos ke final setelah unggul agregat 1-0.

3. Lukasz Fabianski menghindarkan Arsenal dari kekalahan saat menghadapi Bayern Muenchen

Lukasz Fabianski (uefa.com)

Arsenal bertandang ke kandang Bayern Muenchen, Allianz Arena, dalam pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions Eropa pada 11 Maret 2014. The Gunners kala itu harus menang dengan skor telak 3-0 atas Bayern Muenchen. Sebab, mereka sebelumnya kalah 0-2 dalam laga leg pertama 26 besar di Emirates Stadium.

Bastian Schweinsteiger mencetak gol terlebih dahulu untuk keunggulan Bayern Muenchen pada menit ke-55. Lukas Podolski membalas 2 menit kemudian. Bayern Muenchen mendapat kesempatan memenangkan laga lewat tendangan penalti pada injury time babak kedua. Namun, Lukasz Fabianski berhasil mengantisipasi sepakan penalti Thomas Mueller. Skor imbang 1-1 bertahan sampai laga usai. Arsenal tetap tersingkir setelah kalah agregat 1-2 dari Bayern Muenchen.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya