TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kemenangan Terakhir Nottingham Forest atas Liverpool di EPL

Pertama kali terjadi di Anfield pada 2024/2025

Callum Hudson-Odoi (tengah depan) (premierleague.com)

Nottingham Forest dan Liverpool tidak memiliki sejarah rivalitas panjang. Namun, kedua klub ini terikat dengan sejarah dalam insiden Hillsbrough pada 1989. Nottingham Forest dan Liverpool kala itu tengah bersiap tampil dalam semifinal Piala FA, tetapi terjadi kerusuhan di stadion sampai menewaskan 97 suporter.

Di sisi lain, Nottingham Forest pernah menjadi salah satu klub raksasa Inggris pada era 1970--1980-an. Mereka pernah bersaing dengan Liverpool di papan atas dan menjuarai Liga Champions Eropa dua kali. Namun, kedua klub baru 16 kali bertemu di era English Premier League (EPL) sejak 1992.

Nottingham Forest hanya mencatat empat kali mengalahkan Liverpool di EPL. Berikut catatan empat kemenangan tersebut.

1. Gol Tunggal Teddy Sheringham sukses mengalahkan Liverpool pada 1992/1993

Teddy Sheringham (kanan) (nottinghamforest.co.uk)

Nottingham Forest memulai perjalanannya di Liga Inggris dengan format EPL untuk pertama kalinya saat menghadapi Liverpool di kandangnya, The City Ground, pada pekan pertama 1992/1993. Klub berjuluk The Garibaldis itu masih diperkuat sejumlah nama tenar, seperti Roy Keane, Stuart Pearce, dan Teddy Sheringham. Sementara itu, Liverpool memainkan para pemain andalannya, macam David James, Ian Rush, dan Dean Saunders.

Nottingham Forest mencetak gol terlebih dahulu melalui Teddy Sheringham pada menit ke-29. Sayangnya, Liverpool gagal membalas sampai laga usai. Nottingham Forest berhasil meraih kemenangan pertamanya di EPL dengan mengalahkan Liverpool 1-0.

2. Nottingham Forest menang 1-0 lagi pada pekan 32 EPL 1995/1996

Steve Stone (x.com/NFFC)

Nottingham Forest menghadapi Liverpool pada pekan 32 EPL 1995/1996. The Garibaldis yang kala itu diasuh Frank Clark menurunkan pemain terbaiknya, seperti Stuart Pearce, Steve Stone, dan Bryan Roy. Di sisi lain, manajer Liverpool, Roy Evans, memainkan para bintangnya, macam Robbie Fowler, Steve McManaman, dan John Barnes.

Nottingham Forest mencuri gol terlebih dahulu melalui Steve Stone pada menit ke-42. Liverpool yang berusaha mengejar ketertinggalan gagal menjebol gawang The Garibaldis sampai menit akhir babak kedua. Alhasil, Nottingham Forest menang tipis 1-0 atas Liverpool dalam laga ini.

Baca Juga: Mengenal Nikolas Milenkovic, Bek Anyar Nottingham Forest asal Serbia

3. Nottingham Forest mengejutkan Liverpool saat menang 1-0 pada pekan 32 EPL 2022/2023

Taiwo Awoniyi (nottinghamforest.co.uk)

Nottingham Forest berduel dengan Liverpool di EPL untuk pertama kalinya sejak 1998/1999. The Garibaldis yang dilatih Steve Cooper, memainkan para pemain andalannya, antara lain Taiwo Awoniyi, Morgan Gibbs-White, dan Jesse Lingard di lini depan. Manajer Liverpool saat itu, Juergen Klopp, mengandalkan Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Fabio Carvalho, sebagai trio lini depan.

Kedua klub bermain imbang 0-0 pada babak pertama. Nottingham Forest kemudian membuka keunggulan melalui eks pemain Liverpool, Taiwo Awoniyi, pada menit ke-55. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniup pluit tanda pertandingan usai.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya