TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Jebolan Akademi Manchester City yang Bobol Gawang sang Mantan

Mereka terbukti gacor di klub lain

Cole Palmer (depan tengah) mencetak gol ke gawang Manchester City. (premierleague.com)

Manchester City memiliki sistem akademi yang terbukti mampu melahirkan para pemain bintang masa depan. Misalnya, Phil Foden yang kini menjadi andalan Pep Guardiola di lini tengah The Citizen. Akan tetapi, tidak semua jebolan akademi Manchester City mendapat tempat di skuad utama.

Sebagian lulusan terbaik akademi Manchester City dijual kepada klub-klub lain baik di Inggris maupun luar negeri. Uniknya, beberapa alumnus akademi Manchester City malah membela klub rival dan berhasil mencetak gol. Berikut tiga jebolan terbaik akademi Manchester City yang berhasil membobol gawang mantan klubnya.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester City yang Dipinjamkan kepada Tim EPL 2023/2024

1. Daniel Sturridge mencetak gol lewat tendangan jarak jauh

Daniel Sturridge (liverpoolfc.com)

Daniel Sturridge masuk akademi Manchester City dari Coventry City pada 2003. Ia melakukan debut di tim utama The Citizen ketika menggantikan Georgios Samaras dalam laga English Premier League (EPL) melawan Reading pada Februari 2007. Sayangnya, ia tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain setelah beberapa kali hanya masuk sebagai pemain cadangan Manchester City.

Alhasil, ia memutuskan untuk pindah kepada Chelsea pada musim panas 2009. Pemain asal Inggris itu sempat dipinjamkan kepada Bolton Wanderers dan mencetak 8 gol dari 12 laga pada 2010/2011. Sturridge sempat kembali membela Chelsea dan tampil cukup apik dengan total mencetak 13 gol serta 5 assist dari 36 pertandingan pada 2011/2012. Sayangnya, ia kehilangan tempat di tim utama pada paruh pertama 2012/2013. Sturridge kemudian bergabung dengan Liverpool pada Januari 2012.

Ia kemudian mencetak gol spektakuler ke gawang Manchester City ketika timnya bertemu dalam laga EPL pekan ke-25 di Etihad Stadium pada Februari 2013. Sturridge yang menerima operan pendek dari Steven Gerrard langsung menendang bola dengan keras ke pojok kanan gawang Manchester City. Sayangnya, ia gagal memberikan kemenangan bagi Liverpool setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

2. Jadon Sancho sempat bikin fans Manchester City bungkam

Jadon Sancho bermain dengan seragam Manchester United. (instagram.com/sanchooo10)

Jadon Sancho bergabung dengan akademi Manchester City dari tim muda Watford pada Maret 2015. Akan tetapi, ia langsung memutuskan merantau ke Jerman bersama Borussia Dortmund sebelum melakukan debut di tim utama Manchester City pada musim panas 2017. Sancho menampilkan permainan ciamik dengan menorehkan 50 gol dan 64 assist dari 137 pertandingan di semua kompetisi selama membela Dortmund.

Ia kemudian kembali ke Inggris untuk membela Manchester United pada musim panas 2021. Meski tampil kurang konsisten, Sancho sempat membungkam fans Manchester City lewat golnya dalam laga derbi Manchester di Etihad Stadium pada 2021/2022. Akan tetapi, Manchester City keluar sebagai pemenang dalam laga tersebut dengan skor 4-1.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Menjadi Pilar Girona pada 2023/2024

Verified Writer

Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya