TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Jebolan Akademi Arsenal Termuda yang Tampil dalam Laga Resmi

Ada yang gagal bersinar

Jack Porter (x.com/Arsenal)

Arsenal memiliki akademi yang beberapa kali melahirkan pesepak bola top Inggris dari masa ke masa. Mulai dari Tony Adams, Ashley Cole, sampai Bukayo Saka. Namun, ketiga pemain tersebut bukan termasuk jebolan akademi Arsenal termuda yang melakoni debut di laga resmi.

Inilah empat pemain binaan akademi Arsenal yang tercatat menorehkan rekor debutan termuda dalam pertandingan kompetitif.

1. Jermaine Pennant debut di Piala Liga Inggris saat berusia 16 tahun 10 bulan

Jermaine Pennant (instagram.com/jermaine7pennant)

Jermaine Pennant bergabung dengan akademi Arsenal dari tim Notts County U-18 pada Januari 1999. Ia sempat membela Arsenal U-18 sebelum akhirnya mendapat kesempatan debut di tim utama pada 30 November 1999. Arsenal kala itu menghadapi Middlesbrough di laga babak keempat Piala Liga Inggris.

Pennant mengawali laga ini sebagai pemain cadangan. Ia masuk menggantikan Tommy Black pada menit ke-73. Pennant kala itu masih berusia 17 tahun 10 bulan. Arsenal dan Middlesbrough mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2. Sayangnya, The Gunners kalah 1-3 dari Middlesbrough lewat adu penalti.

2. Jack Wilshere melakoni debutnya di EPL kala berusia 16 tahun 8 bulan

Jack Wilshere (arsenal.com)

Jack Wilshere pernah disebut-sebut sebagai calon gelandang andalan Arsenal. Ia tampil cukup impresif selama pramusim 2008. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memberikan Wilshere debut di tim utama dalam kemenangan 4-0 atas Blackburn Rovers pada pekan keempat English Premier League.

Ia saat itu masuk menggantikan Robin van Persie pada menit ke-84. Wilshere masih berusia 16 tahun 8 bulan. Ia sempat menunjukkan kemampuan terbaiknya sebagai gelandang sentral. Sayangnya, rangkaian cedera membuat Wilshere tidak pernah bisa tampil maksimal serta mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca Juga: 3 Pemain Arsenal Berusia 17 Tahun yang Cetak Gol di Piala Liga Inggris

3. Jack Porter tampil apik dalam laga debut di Piala Liga Inggris pada usia 16 tahun 2 bulan

Jack Porter (arsenal.com)

Jack Porter adalah produk asli binaan akademi Arsenal. Ia langsung tampil sebagai kiper utama untuk pertamanya kalinya kala Arsenal menjamu Bolton Wanderers dalam laga Piala Liga Inggris di Emirates Stadium pada 25 September 2024. Usianya saat ini masih 16 tahun 2 bulan. Arsenal berhasil menang 5-1 atas Bolton.

Penampilan Porter tidak terlalu buruk meski sempat kebobolan sekali. Menurut Fotmob, Porter mencatat akurasi operannya mencapai 67 persen. Ia memang tidak melakukan penyelamatan brilian. Akan tetapi, kehadiran Porter bisa menambah opsi di lini belakang Arsenal.

4. Ethan Nwaneri debut bersama tim utama Arsenal di EPL saat berusia 15 tahun

Ethan Nwaneri (arsenal.com)

Ethan Nwaneri merupakan jebolan akademi Arsenal yang sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Ia bahkan melakoni debut dengan mengukir sejumlah rekor. Salah satunya terjadi kala Arsenal bermain dalam laga perdananya saat menghadapi Brentford pada 2022/2023.

Nwaneri kala itu masih berusia 15 tahun. Ia menjadi pemain termuda yang melakoni debut bersama Arsenal di laga resmi. Nwaneri juga tercatat sebagai sebagai pemain Inggris termuda.

Dari empat pemain di atas, belum ada yang benar-benar menuai kesuksesan bersama tim utama Arsenal. Wilshere memang bagian dari Arsenal yang menjuarai Piala FA sebanyak dua kali. Akan tetapi, performanya tidak pernah maksimal akibat terlalu sering mengalami cedera. Di sisi lain, Pennant tidak begitu bersinar sehingga gagal bersaing di tim utama Arsenal. Nwaneri dan Porter tengah membangun reputasinya sebagai salah satu bintang masa depan Inggris. 

Baca Juga: Profil Jack Porter, Kiper Arsenal yang Memecahkan Rekor Klub  

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya