TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sosok Gerard Martin, Bek Berbakat Serbabisa yang Jarang Disorot

Bek dengan segudang potensi

Gerard Martin (x.com/geraardmartin)

Intinya Sih...

  • Barcelona mengandalkan pemain muda di LaLiga dan Liga Champions.
  • Gerard Martin, bek serbabisa 22 tahun, mendapat kepercayaan lebih dari manajer baru Barcelona, Hansi Flick.
  • Martin lahir di Katalonia, bermain untuk UE Cornella sebelum bergabung dengan tim utama Barcelona.

Barcelona kerap kali mengandalkan para pemain muda baik di LaLiga Spanyol maupun Liga Champions Eropa pada 2024/2025. Terlebih lagi, manajer baru Barcelona, Hansi Flick, memberikan kepercayaan lebih kepada talenta muda Barcelona. Salah satu pemain yang mendapat menit bermain lebih, yaitu Gerard Martin.

Bek serbabisa berusia 22 tahun itu cukup diandalkan Flick dalam enam pertandingan LaLiga. Martin memang baru dua kali bermain sebagai starter. Akan tetapi, ia perlahan menemukan ritme permainannya bersama tim senior Barcelona.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Gerard Martin? Berikut profil lengkapnya.

1. Menimba ilmu sepak bola bersama UE Cornella sebelum pindah ke La Masia

Gerard Martin (x.com/geraardmartin)

Gerard Martin lahir di Esplugues de Llobregat, salah satu wilayah di Katalonia, pada 26 Februari 2002. Ia kemudian pindah ke wilayah Sant Andreu de la Barca saat usianya 5 tahun. Martin mulai menimba ilmu di akademi klub lokal, UE Cornella.

Ia langsung dipromosikan ke tim utama UE Cornella setelah tampil apik bersama tim U-19. Martin melakoni debutnya bersama skuad senior UE Cornella saat menghadapi UE Olot dalam laga Segunda Division B Grup III pada 17 Januari 2021. Uniknya, ia tampil pertama kali di Copa Del Rey ketika UE Cornella menghadapi Barcelona pada 21 Januari 2021. Martin saat itu tampil sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit. Sayangnya, Cornella kala itu kalah 0-2 dari Barcelona.

Baca Juga: 8 Pelatih Barcelona dengan Kemenangan Terbanyak pada Awal Musim LaLiga

2. Dapat bermain sebagia bek kiri dan bek tengah

Gerard Martin (x.com/geraardmartin)

Gerard Martin memiliki posisi asli sebagai bek kiri. Ia bermain dalam 63 pertandingan bersama Cornella dan Barcelona sebagai bek kiri dan mencetak 1 assist. Selain itu, Martin mampu bermain sebagai bek tengah.

Ia tercatat pernah tampil dalam 29 pertandingan sebagai bek tengah bersama Cornella dan Barcelona. Martin bahkan sempat ditempatakan sebagai gelandang tengah sisi kiri kala Barcelona kalah 1-2 dari AS Monaco pada fase liga Liga Champions Eropa 2024/2025. Tingginya yang mencapai 186 cm memberikannya keuntungan dalam berduel di udara serta membantu serangan ketika situasi bola mati.

3. Mengalami perkembangan pesat selama dilatih Hansi Flick

Gerard Martin (x.com/geraardmartin)

Martin bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2023. Ia terlebih dahulu bermain untuk Barca Atletic yang berlaga di Primera Federacion Grup I pada 2023/2024. Martin sukses tampil reguler dan mencatat 37 penampilan di Primera Federacion Grup I. Sayangnya, manajer Barcelona sebelumnya, Xavi Hernandez, tidak meliriknya untuk dimasukkan ke tim senior Barcelona pada 2023/2024.

Ia baru mendapat kesempatan tampil di tim utama Barcelona ketika Hansi Flick hadir sebagai manajer baru pada musim panas 2024. Martin langsung mendapat kesempatan debut kala Barcelona menang 2-1 atas Valencia pada pekan pertama LaLiga 2024/2025. Ia kala itu masuk menggantikan Alejandro Balde pada menit ke-64.

Martin kemudian bermain sejak menit pertama ketika Barcelona menang 2-1 atas Rayo Vallecano pada pekan ketiga dan 1-5 atas Villarreal pada pekan kelima LaLiga. Dilansir laman resmi FC Barcelona, ia sangat bangga dan senang dengan debutnya bersama tim utama Barcelona. Martin mengaku sudah menjadi penggemar Barcelona dan bahagia setelah mimpinya terwujud.

Gerard Martin sejauh ini mampu membayar kepercayaan Hansi Flick dengan bermain impresif tiap kali diberi kesempatan tampil di tim utama. Ia diyakini akan menjadi pilar penting Barcelona dalam beberapa tahun ke depan. Namun, Martin akan menemui tantangan berat untuk bisa tampil secara reguler di tim utama Barcelona. Sebab, ia harus menjaga konsistensi performanya dan bersaing dengan para pemain bintang lainnya.

Baca Juga: 5 Alasan Hansi Flick Bisa Membuat Barcelona Impresif pada 2024/2025

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya